Pertimbangan-pertimbangan Memilih Perusahaan Sekuritas Terbaik

Bermain jual beli saham saat ini sudah seperti keharusan dan menjadi gaya hidup kekinian yang seakan tidak boleh dilewatkan. Tidak hanya dilakukan oleh orang-orang yang sudah profesional tapi juga yang masih muda-muda seperti anak mahasiswa. Tidak heran sekarang ini mereka mulai menyisihkan tabungannya untuk berinvestasi saham.

Memilih Perusahaan Sekuritas Terbaik

Tapi, tidak gampang menjadi investor yang sukses. Ada banyak pertimbangan yang harus dipikirkan saat sedang menjalani jual beli sahamnya. Sebelum memulainya, kamu pun harus pintar memilih perusahaan sekuritas terbaik agar terhindar dari kendala-kendala yang tidak diinginkan. Memilih pihak sekuritas yang mau diajak kerja sama sangat penting karena bisa mempengaruhi kinerja saham kamu nanti.

Agar kamu tidak salah pilih, berikut beberapa pertimbangan saat mencari perusahaan sekuritas yang terpercaya dan terbaik.

1. Punya izin legal

Perusahaan sekuritas yang ilegal membuat nasabahnya terancam kerugian yang tidak sedikit. Karena itu, usahakan kamu pilih perusahaan yang sudah memegang izin legal dan mendapatkan legalitas yang sah dari hukum negara. Yang paling penting, perusahaan itu sudah harus terdaftar secara sah di sistem OJK atau Otoritas Jasa Keuangan.

Jadi, kalau kamu mendapatkan kasus saham yang merugikanmu, bisa langsung kamu adukan ke pihak OJK mau pun BEI atau Bursa Efek Indonesia. Kalau kamu masih bingung perusahaan terbaik mana yang sudah mendapatkan izin legalnya, kamu bisa melihat halaman resmi OJK-nya. Di sana ada berbagai nama perusahaan sekuritas yang terdaftar secara sah.

2. Pengalaman dan reputasi

Selain memiliki izin yang legal, perusahaan sekuritas terbaik juga harus punya pengalaman dan reputasi yang baik. Jangan sampai kamu tergiur dengan penawaran menarik yang mereka tawarkan karena kamu harus mencari tahu dulu latar belakang perusahaan itu. Hindari memakai perusahaan yang sudah banyak diberi sanksi oleh pihak OJK karena tentu tidak akan aman digunakan di masa depan.

Kalau pelanggarannya masih sedikit itu masih wajar karena bisa saja disebabkan oleh karyawannya atau sistemnya yang memang sedang rusak. Selain itu, perhatikan sudah ada berapa klien yang menggunakan perusahaan sekuritas itu.

3. Kemampuan research yang tinggi

Sebagai perusahaan sekuritas yang terpercaya, mereka harus memiliki kemampuan research atau riset yang tinggi. Tentu hal itu sangat penting dilakukan oleh perusahaan agar nilai jual perusahaan itu bisa semakin meningkat sehingga semakin banyak orang yang mau menggunakan layanan investasinya.

4. Fasilitas yang ditawarkan

Mencari perusahaan sekuritas berarti kamu juga sedang mencari fasilitas apa saja yang ditawarkan oleh mereka. Fasilitas penting yang perlu kamu pertimbangkan adalah margin trading, laporan informasi proses jual beli mau pun aliran dana lain yang kamu transaksikan, serta laporan finansial tahunan. Jadi sebagai investor kamu bisa mengetahui kondisi finansial yang kamu investasikan sampai mana.

Pertimbangan-pertimbangan di atas jangan sampai kamu lewatkan. Tapi kalau urusan perusahaan sekuritas terbaik, kamu bisa pilih Mandiri Sekuritas. Agar kamu lebih jelas layanan dan produk apa yang mereka sediakan, kamu bisa mencari tahu di mandirisekuritas.co.id.

Tags: