Syarat Tumbuh Tanaman Tomat

Syarat Tumbuh Tanaman Tomat – Tomat merupakan salah satu buah yang sering kita gunakan dalam masakan, tanaman tomat sendiri masuk dalam family solanaceae. Tanaman ini merupakan tanamn yang berasal Amerika Tengah yang kemudian menyebar luar diberbagai belahan bumi termasuk Indonesia.

Syarat Tumbuh Tanaman Tomat

Tanaman yang termasuk dalam tanaman dengan masa hidup yang sangat singkat ini mudah ditemukan mulai dari tempat budidaya hingga pot rumahan. Tanaman tomat dapat tumbuh hingga tinggi 3 meter dengan warna buah hijau, kuning dan merah bila telah matang. Namun banyak yang masih keliru menganggap tomat sebagai sayur, akan tetapi tomat juga sering digunakan dalam memasak maupun dikonsumsi secara mentah.

Tomat mengandung banyak kandungan gizi yang dibutuhkan tubuh kita, seperti halnya kandungan karbohidrat, protein, lemak, vitamin B1, B2, B3 dan C. Selain itu tomat juga mengandung kalsium, fosfor, besi, natrium, kalium, serat dan air yang mempunyai banyak manfaat untuk kita. Kandungan karoten di dalam tomat juga berfungsi sebagai pembentuk provitamin A dan lycoppen yang mempunyai manfaat mencegah kanker.

Apabila Anda ingin membudidayakan tanaman tomat ini maka Anda harus mengetahui syarat hidup tanaman tomat tersebut. Terpenuhi syarat tumbuh tanaman tomat akan membuat tanaman tomat dapat tumbuh dengan optimal dengan hasil yang maksimal.

Secara umum tanaman tomat tidak memerlukan perawatan khusus bila syarat hidupnya sudah terpenuhi. Untuk lebih jelasnya berikut adalah syarat tumbuh tanaman tomat :

1. Daerah ideal untuk budidaya tanaman tomat adalah daerah dengan ketinggian 100 – 1.000 mdpl, yang intensitas cahaya mataharinya baik dengan curah hujan rata – ratanya yaitu sekitar 100 – 220 mm/tahun.

2. Tanah yang baik digunakan untuk menanam tanaman tomat adalah jenis tanah yang gembur, subur, tidak berpasir dan mengandung unsur hara tinggi. Selain itu tanah yang juga harus memiliki nilai pH 5 – 6 pH yang dapat Anda uji menggunakan soil pH meter. Jual PH Meter.

3. Tanaman tomat juga dapat tumbuh secara optimal pada daerah dengan suhu udaranya sekitar 17 – 23 derajat celcius yang terkena cahaya matahari selama kurang lebih 10 – 12 jam/hari.

4. Aliran air pada daerah budidaya tomat juga harus baik karena tanaman tomat sendiri membutuhkan air sekitar 90%.
5. Tanaman tomat juga harus dijaga dari kelembaban dan suhu yang tinggi karena bila tidak hal tersebut akan menyebabkan penyakit pada daun yang dapat segera terlihat.

6. Selain itu faktor lain yang penting adalah daerah budidaya seharusnya jauh dari pemukiman warga, limbah pabrik beracun, air tercemar dan binatang buas karena dapat mengganggu pertumbuhan tanaman tomat itu sendiri.

Selain faktor lingkungan, pertumbuhan tanaman tomat juga sangat dipengaruhi oleh :

  • Genetika
  • Hormon (Zat Tumbuh)
  • Nutrisi
  • Lingkungan/Suhu
  • Air dan Kelembaban
  • Tanah
  • Intensitas Cahaya Matahari

Incoming search terms:

  • faktor kelembababn tanaman tomat
  • Syarat tmbuh tanaman tomat
  • syarat tumbuh tanaman tomat
  • Syarat tumbuh tomat

Tags: