Tempat Wisata di Purwokerto

1 min read

Tempat Wisata di Purwokerto – Jogja, Semarang, atau Malang mungkin kerap menjadi tujuan wisata banyak orang. Padahal, ada satu wilayah lagi yang tak boleh Anda lewatkan untuk dikunjungi, Purwokerto. Purwokerto merupakan ibu kota Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, yang memiliki banyak objek wisata menarik.

Tempat Wisata di Purwokerto

Selain dikenal dengan kuliner mendoannya, tempat wisata di Purwokerto juga menawarkan keindahan yang memukau, bahkan turis asing kerap mengunjungi kota kecil yang tenang ini. Bagi Anda yang dari luar kota, Anda bisa menginap di Hotel Purwokerto.

Tempat Wisata di Purwokerto Terbaik

Berada sangat dekat dengan Gunung Slamet membuat tempat wisata di purwokerto memiliki keindahan alam yang luar biasa menakjubkan. Berikut ini beberapa tempat wisata di Purwokerto yang wajib Anda kunjungi saat bertandang ke Purwokerto.

1. Lokawisata Baturraden
Bisa dibilang, Baturraden menjadi tempat wisata di Purwokerto yang wajib untuk dikunjungi karena juga merupakan salah satu ciri khas dari Purwokerto. Letaknya sekitar 15 km dari pusat kota, tepatnya di lereng Gunung Slamet, Desa Karangmangu, Baturraden, Banyumas. Tidak sulit menuju lokawisata Baturraden, Anda bisa naik kendaraan umum atau pribadi. Objek wisata yang ditawarkan cukup komplit, seperti sepeda air, flying fox, terapi ikan, hingga pemandian air panas.

2. Baturraden Adventure Forest (BAF)
Masih termasuk dalam kompleks lokawisata Baturraden, BAF menyuguhkan pemandangan ala pegunungan yang menenangkan. Terdapat beberapa paket wisata yang ditawarkan BAF, di antaranya mountain adventure, tree adventure, eco adventure, dan masih banyak lagi.

3. Pancuran Pitu
Pancuran Pitu merupakan tempat wisata di Purwokerto yang juga masih berada di kompleks wisata alam Baturraden. Dari Baturraden, Anda bisa menempuhnya dengan berjalan kaki sejauh kurang lebih 2,5 km. Anda juga bisa menaiki kendaraan umum atau pribadi melewati bukit perkemahan Baturraden. Di sini, Anda bisa mandi di ketujuh pancuran air panas yang mengandung belerang. Konon, bisa membantu menghilangkan penyakit kulit.

4. Telaga Sunyi
Sesuai dengan namanya, tempat ini memang cukup sunyi dan jauh dari hingar bingar kota. Tempat ini terbilang masih sepi pengunjung, karena belum banyak wisatawan yang tahu, kecuali warga lokal. Air di telaga sunyi begitu dingin dan jernih karena berasal dari mata air alami Gunung Slamet.

5. Pendakian Gunung Slamet
Bagi Anda para pecinta alam pasti sudah sangat akrab dengan Gunung Slamet. Gunung setinggi 3.428 mdpl ini merupakan gunung berapi terbesar kedua di Pulau Jawa setelah Gunung Semeru. Banyak para pecinta alam yang melakukan pendakian di Gunung Slamet. Terdapat tiga jalur yang bisa dilalui untuk menaklukkan gunung ini, yaitu melalui jalur selatan di Baturraden, jalur barat di Kali wadas, dan jalur timur di Desa Bambangan.

6. Bukit Tranggulasih
Anda yang tak ingin terlalu lelah mendaki Gunung Slamet, bisa mencoba berkemah atau sekedar singgah di Bukit Tranggulasih. Sejak 2015, objek ini menjadi sangat populer dan banyak dilakukan penyempurnaan, seperti disediakan spot selfie, warung makan, dan sebagainya. Bukit Tranggulasih merupakan spot terbaik melihat matahari terbit dan terbenam di daerah Purwokerto. Saat malam, Anda bisa melihat lanskap Kota Purwokerto dengan lampu-lampunya yang begitu romantis.

7. Small World
Ingin melihat berbagai bangunan unik di seluruh dunia? Anda bisa datang ke Small World, yaitu taman miniatur dunia di Purwokerto. Tempat ini berada di Ketengger, Baturraden dan cocok untuk Anda yang berwisata bersama sang buah hati.

Itulah tadi tempat wisata di Purwokerto yang bisa Anda kunjungi untuk berlibur bersama keluarga!

Daftar Wisata Curug Yang Ada Di Purwokerto

Daftar Wisata Curug Yang Ada Di Purwokerto – Curug atau air terjun merupakan salah satu destinasi favorit untuk melihat keindahan alam ditambah dengan air...
akubeni1
1 min read

Pantai Dengan Ombak Terbesar Di Bali

Pantai Dengan Ombak Terbesar Di Bali – Setelah pulau Nias, pantai di Bali merupakan surga bagi para surfer karena banyak pantainya yang memiliki ombak...
akubeni1
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *