Tips Membeli Cincin Pernikahan Sesuai Preferensi dan Bujet Anda

Rencana pernikahan bukanlah perkara mudah yang bisa disusun dalam sekali waktu, mengingat pernikahan itu sendiri merupakan acara sakral yang hanya akan diadakan sekali dalam seumur hidup. Cukup banyak hal yang harus seorang kekasih persiapan menjelang pernikahan dari keduanya.

Tips Membeli Cincin Pernikahan

Salah satunya adalah baju pengantin, katering, make up, juga cincin pernikahan.

Tips Memilih Cincin Kawin

1. Tentukan Anggaran Untuk Cincin

Meski memegang peran krusial nan sarat akan makna, pembelian cincin kawin harus disesuaikan dengan anggaran Anda. Cari tahu sekiranya berapa anggaran yang akan dipersiapkan untuk cincin kawin, setelah itu baru tentukan material dan jenis cincin tersebut.

Dengan begitu, biaya pernikahan tidak akan terlalu membengkak.

2. Ketahui Material Dasar Cincin dan Harga Kisaran

Di pasar Indonesia, cincin kawin tersedia dalam beberapa jenis material dan kisaran harga. Lebih detailnya ialah sebagai berikut:

Cincin Emas Kuning

Emas kuning sudah banyak digunakan sebagai material cincin kawin. Ini dikarenakan kualitasnya yang mumpuni terhadap perubahan kimia, sehingga tidak membuatnya mudah rusak.

Umumnya, cincin nikah dengan bahan dasar emas kuning harus mengandung emas 23-24 karat dan kadar minimum 70%. Cincin emas kuning biasanya dibanderol dengan harga Rp 750.000 sampai Rp 970.000.

Cincin Emas Putih

Cincin emas putih santer disebut sebagai logam mulia terpopuler saat ini. Lapisan luar cincin ini biasanya akan dibubuhi dengan rhodium agar bisa awet dan kuat.

Kisaran harga cincin emas putih dipasaran dimulai dengan Rp 361.000 per gramnya untuk kadar 50%, sementara kadar 75% dihargai dengan Rp 628.000 per gramnya.

Cincin Perak

Cincin perak makin populer untuk digunakan sebagai cincin kawin, khususnya bagi pria muslim. Salah satu seri cincin perak yang bagus adalah S925. Seri ini dilapisi dengan rhodium untuk menjaga keawetan cincin dari resiko terpapar goresan ataupun noda.

Meski begitu, cincin berbahan perak relatif mudah berubah warna menjadi kusam. Diketahui, harga pasaran cincin kawin perak berkisar antara Rp 250.000 sampai Rp 400.000 per cincinnya.

Cincin Palladium
Palladium kerap jadi pilihan pasangan yang menghendaki cincin logam mulia dengan kilauan cantik, warna putih keperakan, dan sifat tahan lama, pun tidak mudah berubah warnanya.

Harga palladium di setiap toko perhiasan cukup beragam. Sebagai bahan gambaran, palladium berkadar 10% dihargai dengan Rp 2.900.000

Cincin Zirconium Hitam
Jika ditilik dari kekuatan dan bobotnya, Zirkonium sangat mirip dengan cincin bermaterial titanium. Tak bisa dipungkiri, di era industri perhiasan saat ini, Zirkonium sangat populer di kalangan anak muda.

Untuk urusan kekuatan, zirkonium sangat resisten terhadap goresan dan korosi. Patokan harga untuk setiap cincin kawin berbahan zirconium hitam adalah Rp 3.000.000an.

3. Beli Cincin Nikah di Toko Perhiasan Terpercaya

Di zaman serba digital seperti saat ini, perhiasan sekelas cincin bisa diperoleh dari platform online. Sekarang, toko perhiasan mengekspansi dirinya lewat platform media sosial seperti instagram, twitter, dan facebook, serta layanan e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, Bukalapak, dan lainnya.

Akan tetapi, Anda dan pasangan harus tetap mawas lantaran banyaknya toko perhiasan yang tidak jujur dalam melayani pelanggannya. Misalnya saja penjualan cincin dengan harga yang tidak sesuai kadar atau karat emas.

Oleh karena itu, pastikan untuk hanya membeli cincin kawin secara online bila memang toko perhiasan yang ditunjuk cukup bisa dipercaya dan mampu memberikan kualitas cincin bagus.

Menjadi makna simbolik dari ikatan sakral, pemilihan cincin pernikahan tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Diperlukan beberapa pertimbangan sebagaimana disebutkan di atas.

Bagi Anda yang sedang mencari tanda pengikat hubungan berbentuk perhiasan, Passion Jewelry bisa jadi solusinya. Tunggu apalagi? Segera akses passionjewelry.co.id sekarang juga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like