Tips Mengoptimalkan Blog/Website

Tips Mengoptimalkan Blog/Website – Ada dua platform yang terkenal untuk membuat sebuah blog ataupun website yaitu blogger.com dan wordpress.org, namun pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai cara mengoptimalkan blog atau website yang menggunakan CMS WordPress.

Tips Mengoptimalkan Blog atau Website

Untuk menggunakan CMS WordPress tentu dibutuhkan yang namanya domain dan hosting. Domain diibaratkan seperti alamat sedangkan hosting adalah rumahnya. Banyak orang yang bisa membuat sebuah blog dari wordpess tetapi tidak semua orang bisa mengoptimalkannya.

Tips Mengoptimalkan Blog/Website

1. Gunakan domain premium, jangan gunakan domain GRATISAN

Meskipun ada domain gratisan, yang bisa Anda dapatkan secara gratis, tetapi saya menyarankan untuk membeli sebuah domain premium. Gunakanlah domain yang mudah diingat, hal ini tentu berkaitan dengan branding. Saya pribadi lebih suka menggunakan domain dot com, karena ekstensi domain tersebut paling familiar di telinga orang-orang Indonesia. Tapi tenang tidak perlu khawatir soal harga, karena ada promo domain murah

2. Gunakan theme wordpress BERBAYAR

Jika selama ini Anda menggunakan theme gratisan, silahkan coba untuk membeli sebuah theme premium, yang tentu saja berbayar. Meskipun Anda harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit tapi hasilnya akan memuaskan, terlebih jika Anda membeli theme berbayar, Anda akan mendapatkan support dari developer theme dalam hal instalasi maupun eror pada tampilan website. Untuk developer lokal, Anda bisa mencoba theme dari kentooz.com ataupun silegan dari themeson.com seperti yang dipakai oleh blog ini.

3. Gunakan plugin SEO Terbaik

Hanya ada dua yang saya rekomendasikan untuk Anda, yaitu plugin Yoast SEO dan All in one SEO. Secara singkat apabila Anda menyukai settingan yang cukup kompleks, silahkan pakai yoast SEO, namun jika Anda menginginkan yang simpel, silahkan gunakan All in one SEO. Keduanya bagus, gunakan yang versi free pun sudah cukup bagus hasilnya.

4. Optimasi loading speed Blog/Website Anda

Hal yang sering dilupakan adalah mengecek dan memperbaiki performa loading website. Jangan anggap sepele untuk masalah ini. Loading website yang lemot ini sangat berpengaruh pada pengunjung. Bayangkan jika Anda sedang mencari suatu informasi dan mencoba mengunjungi salah satu blog, tetapi ternyata loadingnya lama sekali. Apa yang Anda lakukan? Menutup halaman blog tersebut bukan? oleh karena itu lakukan optimasi kecepatan loading blog/website Anda.

Masalah utama yang sering terjadi adalah tidak melakukan compress gambar yang ada pada halaman utama maupun pada postingan Anda. Masalah utama lainya adalah pemilihan plugin dan pemilihan hosting. Untuk masalah hosting, silahkan Anda coba cari review terlebih dahulu mengenai hosting tersebut. Anda boleh mencoba dari Niagahoster

5. Melakukan Optimasi SEO Secara Benar

SEO dibagi menjadi dua, yaitu SEO On-Page dan SEO Off-Page, silahkan Anda pelajari terlebih dahulu apa itu SEO On-Page dan silahkan diaplikasikan pada blog/website Anda, setelah itu baru dilanjutkan dengan SEO Off-Page. Untuk masalah SEO Off-Page tidak boleh dilakukan secara sembarangan, apalagi spamming karena bisa jadi malah membahayakan blog/website Anda dan membuat terkena hukuman dari google.

Solusi bila Anda tidak cukup tau mengenai SEO Off-Page ataupun backlink, Anda bisa mencoba membeli jasa backlink. Namun tetap harus hati-hati, karena backlink bisa menaikan peringkat website Anda tetapi bisa juga menjatuhkan website Anda bahkan menghilangkannya dari halaman pencarian google. Untuk jasa backlink, Anda bisa membeli di rajabacklink.com dengan cara mendaftarnya disana.

Kelima tips diatas apabila diaplikasikan secara benar maka akan memberikan hasil yang positif untuk blog/website Anda. Silahkan Anda coba dan apabila ada pertanyaan mengenai tips mengoptimalkan blog/website silahkan tanyakan di kolom komentar.

Tags: