Panduan SEO dari A - Z, KLIK >

Tips Mengatasi Rasa Takut saat Naik Pesawat Terbang

Saat bepergian dengan menggunakan pesawat terbang, kamu akan berada di ketinggian puluhan ribu kaki. Bahkan kamu berada lebih tinggi daripada awan. Jadi sangat wajar rasanya jika kamu mungkin memiliki ketakutan menaiki pesawat terbang.

Tips Mengatasi Rasa Takut saat Naik Pesawat Terbang

Pesawat terbang memang acapkali disebut moda transportasi paling aman. Di lain sisi, pesawat terbang juga menjadi transportasi yang memiliki resiko paling tinggi. Namun kamu harus tekankan dalam hati, bahwa transportasi udara saat ini sudah semakin aman daripada sebelumnya.

Setiap orang memiliki tingkat ketakutan yang berbeda-beda. Mulai dari rasa takut ringan seperti gelisah selama penerbangan, sampai yang terberat adalah rasa takut yang membuatnya sama sekali tidak mau naik pesawat.

Sebesar apapun rasa takut yang kamu miliki, kamu harus bisa melewatinya. Untuk melatihnya, kamu bisa melakukan penerbangan domestik yang tidak memakan banyak waktu penerbangan. Pesan tiket pesawat di Traveloka. Di sini kamu bisa mendapatkan tiket pesawat Citilink yang lebih murah via online. Hadapi segala ketakutanmu dengan mengikuti tips-tips mengatasi rasa takut naik pesawat berikut ini.

1.Pilih Tempat Duduk di Bagian Depan Pesawat

Guncangan yang terjadi selama penerbangan seringkali menjadi alasan orang bisa takut naik pesawat terbang. Namun, kamu bisa mengakali guncangan tersebut dengan memilih tempat duduk yang berada di barisan depan pesawat.

Kamu tahu alasan apa yang membuat tempat duduk business class berada di bagian depan pesawat? Bagian depan pesawat lebih minim dalam merasakan guncangan. Untuk itu, kamu juga bisa memilih tempat duduk di bagian depan untuk meminimalisir rasa takut kamu saat penerbangan.

2. Ketahui Berbagai Informasi Mengenai Pesawat Terbang

Rasa takut seringkali membuat kita menjadi berpikir berlebihan. Hal-hal yang seharusnya tidak perlu ditakuti pun akan jadi terasa menyeramkan jika kamu pikirkan terus menerus.

Pelajari tentang fakta-fakta tentang pesawat terbang, contohnya turbulensi. Turbulensi sudah pasti kamu rasakan dalam setiap penerbangan. Namun, turbulensi tidaklah berbahaya untuk keselamatan kamu.

3. Dengarkan musik atau menonton film

Beberapa maskapai penerbangan menyediakan hiburan yang bisa kamu nikmati di sepanjang perjalanan. Hiburan tersebut menjadi salah satu cara ampuh untuk membantu kamu melupakan rasa takut yang kamu miliki.

Dengarkan musik atau tonton film selama penerbangan. Dengan begitu, perhatian kamu akan teralihkan dari rasa takut. Coba nikmati hiburan tersebut hingga membuatmu merasa nyaman saat melakukan penerbangan.

4. Yakinkan Diri Bahwa Semua Pihak yang Terlibat di Dalam Penerbangan adalah Seorang Profesional

Rasa takut kadang membuatmu berpikir secara tidak rasional. Kamu kadang merasa takut bahwa pesawat yang kamu tumpangi tidak dalam kondisi yang baik atau pilot yang mengendarai pesawat kamu tidak cukup ahli. Buang jauh-jauh pikiran itu dari kepala kamu.

Yakinkan diri kamu bahwa pesawat komersil telah melalui proses perawatan yang baik dan pilot yang mengendarai pesawat kamu pun sudah melewati pelatihan ribuan jam terbang yang membuatnya menjadi seorang profesional.

5. Coba Nikmati Penerbangan

Memanfaatkan fasilitas hiburan di dalam pesawat menjadi salah satunya. Namun, hiburan di dalam pesawat tidak cukup untuk membuat kamu merasa tenang. Coba untuk buka obrolan dengan penumpang sebelah kamu. Jangan malu untuk ceritakan keresahan kamu saat dalam penerbangan. Dari situ, kamu bisa menemukan topik obrolan menarik yang mungkin bisa membuat kamu melupakan rasa takut naik pesawat terbang.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan rasa takut naik pesawat terbang. Semoga tips-tips di atas bisa membantu dan membuatmu bisa segera menikmati perjalanan saat menaiki pesawat terbang.

Tags: