Upaya Mengurangi Pemanasan Global

Upaya Mengurangi Pemanasan Global – Pemanasan global terjadi akibat beberapa factor yang menyebabkan lapisan atmosfer memiliki suhu diatas rata rata. Biasanya hal ini terjadi akibat ulah manusia, namun mereka tidak menyadari hal tersebut.

Upaya Mengurangi Pemanasan Global
Upaya Mengurangi Pemanasan Global

Sekarang ini, atmosfer menjadi bersuhu tinggi serta cuaca dan suhu menjadi tidak menentu. Maka dari itu, beberapa kebutuhan perlu dipenuhi. Salah satunya adalah menyiapkan kekebalan tubuh. Prediksi cuaca juga harus dilakukan, untuk lebih memudahkan dapat menggunakan alat pematau cuaca.

Beralih dari cuaca, pemanasan global dapat disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah efek rumah kaca. Untuk lebih jelasnya, simak beberapa hal yang menyebabkan pemanasan global terjadi. Diantaranya adalah :

  • Efek rumah kaca
  • Penggunaan CFC yang tidak teratur
  • Emisi gas karbon dioksida dari kendaraan, pabrik atau hal lain yang berbahan dasar fosil.
  • Rusaknya hutan
  • Penggunaan zat kimia
  • Pembakaran terbuka
  • Pemborosan energi listrik

Untuk itu, hal tersebut perlu dihindari untuk mengurangi pemanasan global. Untuk membantunya, dapat menggunakan beberapa cara dibawah ini :

  1. Penghematan listrik

Listrik memiliki bahan bakar berupa fosil. Fosil tersebut menghasilkan zat karbondioksida, dan membuat udara tercemar dan merusak lapisan ozon. Untuk itu, penghematan listrik dapat dilakukan sebagai upaya menjaga lapisan atmosfer.

  1. Reboisasi

Dengan menanam pohon setelah melakukan penebangan dilakukan untuk membantu mencegah banjir, longsor dan paling penting adalah untuk menyerap zat karbondioksida yang merusak atmorfer. Lakukan penanaman kembali ini sebagai bentuk kepedulian atau go green.

Selain itu, penebangan pohon juga harus dilakukan sesuai dengan tatacara yang ada, jadi pohon muda yang seharusnya tumbuh tidak ditebang. Serta tidak melakukan penebangan liar.

  1. Energi alternative

Pemabangkit listrik tenaga air, sinar matahari ataupun angin dapat membantu mengurangi emisi karbondioksida.

  1. Mengurangi gas CFC

Gas CFC merupakan gas yang dihasilkan oleh alat pendingin udara seperti AC. Gas tersebut memiliki resiko yang sama dengan penggunaan rumah kaca. Ganti AC dengan kipas angin.

  1. Mengurangi polusi kendaraan

Kurangi jumlah kendaraan, dengan menggunakan angkutan umum dapat membantu mengurangi polusi yag keluar dari kenalpot kendaraan pribadi maupun umum.

  1. Daur ulang sampah

Lakukan Teknik reuse atau menggunakan kembali, lebih baik menggunakan bahan yang dapat digunakan kembali. Redoce, menggunakan bahan yang ramah lingkungan atau tidak menimbulkan pencemaran. Recycle, atau mendaur ulang sampah menjadi bahan baru yang dapat digunakan.