Penyebab Dinding Berlumut

2 min read

Penyebab Dinding Berlumut – Lumut akan muncul jika rumah berada dalam kondisi lembab. Adanya cipratan dari air hujan serta adanya bagian dari atap rumah yang bocor juga adanya air tanah yang merembes dan mengalir masuk di tembok rumah juga dapat menjadi penyebabnya. Kemunculan jamur ini biasanya ditandai dengan adanya warna hijau pada tembok.

Penyebab Dinding Berlumut

Perkembangbiakan lumut sangat cepat dan mudah menyebar, sehingga jika tidak segera diatasi akan sulit untuk dimusnahkan. Karena habitatnya berada di tempat yang lembab, lumut biasanya berada di wastafel, dapur, kamar mandi serta dinding yang lembab lainnya.

Tapi, dimanapun lumut tersebut muncul, tentu saja akan mengurangi penampilan rumah Anda, bukan? Bukan hanya mengurangi keindahan rumah Anda, akan tetapi juga bisa menyebabkan kekuatan rumah berkurang dan mudah lapuk. Namun, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi jamur ini, yakni sebagai berikut:

Tips Ampuh Mengatasi Lumut di Tembok

1. Dengan Bata Merah

Gunakan bata merah yang mudah untuk Anda genggam, lalu gosokkan pada bagian tembok yang ada lumutnya. Gosok terus lumut tersebut hingga tergerus oleh bata, lalu siram tembok dengan air, sekaligus bersihkan pula bekas bata yang telah digunakan tadi, misalnya dengan mengecat ulang tembok.

2. Dengan Larutan Garam

Campurkan 3 sendok garam dengan 2 liter air, lalu rebus hingga mendidih. Setelah itu, siramkan air ini pada lumut lalu sikat lumut hingga bersih.

3. Dengan Kaporit

Gunakan kaporit yang telah dihaluskan untuk mengatasi lumut ini. Caranya adalah taburkan kaporit pada lumut dan tunggu hingga muncul buih karena adanya teaksi kimia. Kemudian siram tembok dengan air lalu gosok dengan menggunakan air sabun. Setelah itu bilas dengan air bersih.

4. Dengan Pemutih Baju

Campurkan pemutih baju dengan air secukupnya lalu siramkan pada tembok yang berlumut. Diamkan beberapa saat lalu gosok lumut hingga lumut tergerus. Setelah selesai, bilas dengan menggunakan air bersih.

5. Dengan Air Kapur

Campurkan kapur dengan air lalu siramkan pada tembok yang ditumbuhi lumut. Biarkan selama semalam, lalu gosok lumut hingga bersih di keesokan harinya.

6. Dengan Karbol

Silahkan membuat larutan dengan campuran karbol dan air. Takaran yang biasa dipakai adalah 1:3, 1 untuk karbol dan 3 untuk air. Setelah siap, lalu semprotkan atau bisa juga percikkan larutan tersebut pada lumut lalu gosok dengan menggunakan benda yang agak kasar. Setelah selesai, kemudian bilas tembok tersebut.

Jika Anda memilih untuk menggunakan cara ini, Anda hendaknya memakai masker, pakaian lengan panjang serta sarung tangan karet dan buka jendela lebar-lebar selama proses pengerjaan. Ini dimaksudkan supaya tidak terjadi berbagai hal yang tidak diinginkan.

Mencegah Tumbuhnya Lumut di Tembok

Setelah tembok Anda bersih dari lumut, masih ada kemungkinan lumut akan muncul lagi pada tembok Anda. Untuk mencegah agar lumut tidak datang kembali, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Gunakan Alat Dehumidifier

Alat ini berguna untuk mengurangi tingkat kelembaban udara di dalam ruangan yang menjadi tempat tumbuhnya lumut.

2. Siapkan Produk Khusus

Produk khusus yang dimaksudkan adalah produk yang memang dibuat secara khusus untuk menghambat pertumbuhan lumut di tembok.

3. Ganti Cat dengan Cat Tembok Anti Air

Kenapa cara ini direkomendasikan? Karena bahan dasar yang ada dalam cat tersebut adalah anti air sehingga memungkinkan untuk dilap ataupun dicuci. Disamping itu, dengan menggunakan cat tembok anti air ini dapat meminimalisir air yang meresap ke dalam tembok sehingga dinding tetap kering.

4. Perhatikan Saluran Air

Anda harus memastikan apakah lapisan talang yang menjadi saluran air dari genteng benar-benar aman dan tidak bocor. Jika kemudian ditemukan kerusakan, segera perbaiki dan juga lakukan pembersihan terhadap kotoran yang berpotensi untuk menyumbat aliran air.

Selain itu, jika misalnya terdapat kebocoran pada pipa air, hendaknya ditangani sesegera mungkin, apalagi jika pipa tersebut tertanam dalam tembok.

5. Perhatikan Sirkulasi Udara

Jika sirkulasi udara di dalam rumah lancar, bukan hanya menghindarkan ruangan dari pengap, tetapi juga mengurangi potensi munculnya lumut karena kondisi tembok yang kering.

Nah, itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi lumut di tembok berikut pencegahannya supaya lumut tidak tumbuh kembali. Semoga bermanfaat.

Cara Alami Meningkatkan pH Air

Cara Alami Meningkatkan pH Air – Apakah Anda penghobi aquascape? tentu Anda harus tahu bahwa setiap tanaman memerlukan kadar pH air tersendiri sesuai dengan...
akubeni1
1 min read

Penyebab Pencemaran Sungai

Penyebab Pencemaran Sungai – Sungai sebagai pengaliran air dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah. Setiap aliran sungai memiliki peranan penting bagi masyarakat....
lindanw15
1 min read

Faktor Yang Mempengaruhi Cuaca

Faktor Yang Mempengaruhi Cuaca – Cuaca merupakan keadaan udara pada suatu wilayah yang relatif sempit dan dalam waktu tertentu yang berlangsung singkat. Cuaca ini...
akubeni1
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *