10 Menu Catering Rumahan Untuk Acara Anda

Catering dikenal sebagai bisnis yang menyediakan makanan untuk berbagai keperluan rumah tangga, hajatan, pesta dan suatu instansi. Menyewa jasa catering dapat menjadi solusi terbaik saat Anda tidak punya banyak waktu untuk urusan hidangan tamu undangan.

10 Menu Catering Rumahan Untuk Acara Anda

Bisnis catering rumahan yang berkembang pesat memungkinkan banyak pengusaha saling bersaing. Hal ini dapat di lihat dengan menjamurnya layananan catering di kota kota besar yang ada di Indonesia, misalnya saja perusahaan catering surabaya yang berlomba-lomba menjadi jasa catering terbaik dengan tawaran harga serta layanan yang profesional. Pun demikian dengan kota lainnya seperti Jakarta, Bandung, Semarang dll.

Persaingan yang terjadi antar pengusaha catering antara lain dalam menu yang variatif, cita rasa dan harga. Terlepas dari tingkat persaingan usaha ini, mungkin Anda sedang mencari inspirasi menu catering apa yang cocok untuk acara mendatang, untuk itu berikut adalah menu catering rumahan yang bisa dipilih untuk acara Anda.

1. Sate

Sate merupakan makanan yang dibuat dari daging ayam potong dadu yang ditusuk dengan tusuk sate kemudian dibakar sampai matang. Penyajiannya dengan bumbu kacang, kecap, plus ditambah dengan sambal dan perasan jeruk limau. Sate banyak tersaji dalam makanan catering rumahan dan biasanya disandingkan dengan potongan lontong. Sate merupakan menu simple yang bisa dipilih untuk melancarkan acara Anda.

2. Mie Goreng

Makanan legendaris kedua yang selalu ada dalam menu catering adalah mie goreng. Makanan ini seakan menjadi ikon dalam menu catering karena hampir disajikan di berbagai acara, misalnya prasmanan, dalam nasi kotak, tumpengan. Menu seakan kurang lengkap tanpa kehadiran mie goreng yang lezat.

3. Galantin dan Selat Solo

Galantin tergolong sebagai menu gadoan karena kurang cocok jika dimakan dengan nasi. Galantin biasanya terbuat dari campuran ayam dan daging yang dicampur, dibungkus daun pisang menyerupai lontong dan dikukus. Penyajian galantine biasanya digoreng dengan bahan pelengkap potongan wortel kukus, acar timun segar, buncis kukus, kripik kentang/ kentang goreng, dan selada.

Kuah galantine yang kaya akan rempah seperti pala dan lada sangat seimbang dengan rasa daging dan sayuran kukus di dalamnya, sangat nikmat jika dimakan secara bersamaan. Makanan ini juga tak jarang ada dalam menu catering karena makanan ini sangat cantik dan menarik. Kelihatan berwarna-warni karena ada berbagai sayuran di dalamnya. Galantin biasanya ada dalam menu catering prasmanan.

4. Bakso Malangan

Bakso dengan sering ada dalam menu makanan catering rumahan. Tekstur bakso yang kenyal dan terasa dagingnya disajikan dengan kuah bisa menjadi pelengkap menu makanan catering untuk setiap acara. Misalnya acara ulang tahun, pernikahan, lamaran dan acara penting lain.

Katering biasanya menyajikan menu bakso secara prasmanan, karena makanan ini termasuk makanan berkuah yang mudah tumpah. Cara prasmanan sangat praktis dalam penyajian bakso untuk berbagai acara Anda.

5. Bistik Lidah Sapi

Bistik biasa dihidangkan pada saat pesta atau acara keluarga. Menu ini merupakan varian menu yang disediakan catering untuk menghadirkan masakan yang lebih modern. Penyajian bistik hampir mirip dengan galantine, namun resep saosnya berbeda dan juga bahan dagingnya juga berbeda.

Bistik dibuat dari lidah sapi yang terlebih dahulu direbus. Saus bistik cnderung lebih kental karena dicampur dengan tepung maizena. Bistik sebenarnya makanan gadoan dengan porsi yang tidak begitu banyak.

6. Ayam Bakar, Ayam Kremesan

Ayam bakar menu yang tidak asing lagi pada setiap catering. Bumbu ayam bakar pada masing-masing catering berbeda untuk menunjukkan ciri khas catering. Contohnya ayam bakar bumbu rujak, ayam bakar bumbu merah, ayam bakar bumbu kuning dan masih banyak macam bumbu yang cocok digunakan untuk memasak ayam bakar.

Ayam bakar bumbu merah paling banyak diambil oleh catering karena bumbunya yang tidak terlalu ribet, namun rasanya bisa meresap dan enak ketika dibakar. Ayam bakar biasanya bersanding dengan urapan atau sambal goreng kentang dan nasi putih dalam menu catering nasi kotakan.

Lain lagi dengan ayam kremesan. Menu ayam kremesan sebenarnya tidak berbeda dengan ayam goreng hanya saja saat menggoreng di tambahkan campuran sehingga ketika matang akan berbentuk seperti kremesan yang renyah. Menu ayam kremesan ini biasanya ada pada tiap catering disajikan dengan sambal dan lalapan.

7. Sambal Goreng Kentang

Satu lagi makanan legendaris selain mie goreng yang hampir selalu ada pada tiap menu catering rumahan, apalagi kalau bukan sambal goreng kentang. Katering rumahan membuat menu ini karena memang cara memasaknya yang cukup simple, namun rasa pedasnya yang begitu kuat.

Sambal goreng kentang yang disajikan catering sering dicampur dengan ati, kapri atau leunca yang masih muda.Saat acara, penyajian sambal goreng biasanya satu piring dengan nasi rames atau dalam bentuk prasmanan.

8. Lapis Daging

Lapis daging adalah makanan khas Surabaya yang memiliki citarasa gurih . Lapis daging bisa dipilih untuk hidangan acara Anda. Makanan ini hampir mirip dengan semur daging, hanya saja dimasak lebih garing dan tidak berkuah. Lapis daging berasa manis dan gurih karena dicampur dengan kecap manis membuat makanan ini menjadi legit. Selain lapis daging, rendang juga bisa menjadi pelengkap hidangan catering karena kedua makanan ini sangat cocok jika dimakan dengan nasi putih.

9. Urapan

Urapan adalah makanan yang biasanya menjadi pelengkap ayam bakar dalam menu catering. Urapan dibuat dari sayuran yang dikukus seperti tauge, bunga bakung, daun singkong yang di urap (dicampur) dengan kelapa parut yang sudah dibumbui biasanya rasanya pedas gurih. Urapan hampir sama seperti lawar yang merupakan makanan khas Bali.

Makanan ini wajib ada dalam menu catering rumahan karena digemari oleh banyak orang. Urapan cocok dimakan dengan nasi putih dan ayam berbumbu. Katering rumahan biasanya mengemas menu ini bersama nasi, ayam bakar, sambal goreng dalam kotak.

10. Perkedel Dan Peyek Udang

Perkedel makanan yang terbuat dari kentang dan digoreng menggunakan telur. Perkedel biasanya ada pada menu catering. Lebih sering perkedel di sajikan dalam tumpeng bersama peyek udang yang renyah. Terkadang ada catering yang membuat perkedel dengan campuran daging sapi cincang sehingga rasanya lebih mantap dan disukai banyak orang.

Rekomendasi 10 menu catering ini semoga menginspirasi Anda untuk memilih menu untuk acara Anda. Bisa juga Anda menciptakan menu baru yang lebih variatif dan bisa jadi Anda sendiri bisa membuka usaha catering untuk rumahan.

Jika Anda berdomisili di kota Surabaya tau sekitarnya dan saat ini sedang mencari vendor catering profesional, silahkan kunjung https://kateringaisya.com/ untuk melihat profile usaha, menu yang ditawarkan serta harganya. Semoga bermanfaat.

Tags: