4 Peran Penting Relationship Officer dalam Bisnis Perbankan

4 Peran Penting Relationship Officer dalam Bisnis Perbankan
Sumber : caproasia.com

Sering mendengarkan posisi relationship officer pada sebuah lowongan pekerjaan perusahaan perbankan? Bagi kamu yang ingin bekerja di bank tetapi bukan lulusan jurusan perbankan, ekonomi atau akuntansi posisi ini sangat tepat untuk dipilih. Karena posisi yang dibuka oleh bank BCA ini bisa diikuti oleh mahasiswa yang lulus dari jurusan apapun.

Apa itu  relationship officer pada sebuah perbankan? Bagi kamu yang hendak melamar pekerjaan di bank dengan posisi ini setidaknya harus tahu apa saja tugas, tanggung jawab dan peranannya. Sehingga pada saat wawancara dengan kamu bisa menjawab dengan tenang mengenai tugas dari posisi yang dilamar.

Peranan Relationship Officer dalam Bisnis Perbankan

Apabila diartikan dari segi arti, kata relationship memiliki pengertian sebuah hubungan, officer merupakan seorang staf. Maka dilihat dari arti katanya, relationship officer merupakan seorang yang bertanggung jawab untuk menjalin relasi. Dalam konteks bisnis perbankan, artinya hubungan yang harus dijaga adalah antara bank dan juga nasabah.

Peranan seorang relationship officer sangatlah penting karena ia adalah orang yang menjembatani antara nasabah serta perusahaan. Tanpa posisi ini akan sulit menjaga hubungan baik keduanya. Posisi relationship officer BCA tidak jauh berbeda dengan pengertian tersebut. Adapun peranan pentingnya adalah sebagai berikut :

1. Menciptakan solusi pinjaman kepada nasabah

Seorang relationship officer adalah ujung tombak dari perusahaan perbankan. Orang yang bekerja pada posisi ini akan bertemu langsung dengan nasabah dan menjelaskan apa saja yang harus dikerjakan.

Posisi ini jugalah yang akan memberikan solusi kepada nasabah akan masalah pinjaman kredit dengan program-program yang dimiliki oleh bank. Peranan ini sangat penting agar semua produk yang dimiliki bank bisa dikenal oleh semua nasabah. Perusahaan dan nasabah tentu mendapat keuntungan.

2. Terlaksananya target bulanan

Setiap perusahaan pasti memiliki target bulanan agar semua produk perbankannya banyak diambil oleh nasabah. Relationship officer memiliki peranan besar supaya semua target dapat tercapai.

Target ini jugalah yang menjadi bahan evaluasi kinerja setiap karyawan di posisi ini. Untungnya pada program relationship officer BCA kamu tidak sendiri dalam bekerja meraih target. Karena posisi ini mengutamakan kerja tim, jadi kamu akan mendapat banyak bantuan dari atasan dan juga rekan kerja.

3. Mengetahui pasar yang potensial

Salah satu tanggung jawab seorang relationship officer adalah mampu menganalisa pasar. Analisa inilah yang nantinya akan menjadi patokan tim sales dan marketing untuk bergerak mendapatkan nasabah. Sebenarnya seorang relationship officer BCA juga termasuk dalam divisi sales dan marketing. Tapi dengan adanya analisis ini, nasabah potensial yang cocok dengan produk perusahaan mempermudah kinerja untuk mencapai target yang dibutuhkan.

4. Menjadi citra perusahaan 

Berhadapan langsung dengan nasabah, membuat posisi relationship officer adalah citra perusahaan perbankan. Oleh karena itu seorang yang menempati posisi ini harus memiliki sikap dan perilaku yang baik. Kemampuan interpersonal dan intrapersonal selalu menjadi syarat calon karyawan yang harus dipenuhi. Tak mudah menjalani diri sebagai citra perusahaan, oleh karena itu perlu pembekalan mengenai posisi ini yang lebih matang.

Bagi kamu yang ingin mendaftar dalam program relationship officer BCA harus paham betul apa peranannya. Supaya pekerjaan yang dijalani nanti tidak terdengar asing lagi. Kamu yang memiliki banyak relasi dan suka menjalin relasi baru sangat cocok untuk memilih posisi ini.

Proses melamar pun mudah, kamu bisa langsung mendaftar melalui web BCA karir dan langsung mendaftarkan diri. Jangan lupa untuk membaca persyaratan lengkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like