Tips Memilih Cincin Kawin

Cincin kawin merupakan salah satu elemen yang penting dalam sebuah pernikahan. Oleh karena itu, Anda harus bisa memilihnya dengan tepat supaya tidak menyesal nantinya. Selain sebagai simbol cinta, cincin kawin juga menjadi pengikat pasangan suami istri.

Tips Memilih Cincin Kawin
Tips Memilih Cincin Kawin

Oleh karenanya, Anda perlu mengetahui 5 tips memilih cincin kawin di bawah ini!

1. Pertimbangkan Budget

Tips memilih cincin kawin yang pertama adalah menentukan budget yang akan Anda gunakan. Langkah awal ini akan memudahkan Anda untuk melakukan langkah-langkah berikutnya supaya Anda tidak semakin bingung memilih cincin kawin terbaik yang sesuai harapan.

Menentukan budget untuk membeli cincin kawin juga harus dalam perhitungan yang masuk akal, dalam arti tidak terlalu rendah. Anda juga harus mengetahui harga emas pada saat itu agar lebih mudah menentukan persiapan tinggi rendahnya budget. Karena harga emas mengalami perubahan dan tidak sama setiap waktu.

Jika Anda membutuhkan hiasan kecil di dalam cincin kawin, seperti ukiran nama atau pembelian secara online, pertimbangkan juga biaya tambahan lain-lain tersebut seperti biaya gravis dan ongkos kirimnya.

2. Persiapkan di Jauh-Jauh Hari

Memang menjelang pernikahan banyak sekali hal yang harus dipersiapkan dan harus diurus termasuk sibuk menentukan cincin perkawinan. Beberapa pasangan berpikir bahwa memilih cincin perkawinan bukan hal penting untuk dipersiapkan dengan matang dan bisa dibeli dalam waktu dadakan.

Padahal menentukan cincin kawin sebaiknya dilakukan jauh-jauh hari. Jika Anda sudah mulai memiliki gambaran tentang kriteria cincin kawin yang diinginkan, mulailah dengan melakukan survey ke toko-toko perhiasan terdekat yang menyediakan cincin pernikahan.

Semakin lama waktu yang Anda siapkan untuk memilih cincin kawin ini maka semakin matang pengetahuan Anda dan bisa membandingkan harga dari masing-masing toko. Selain itu, jika Anda membuat desain cincin sendiri tentu membutuhkan waktu yang cukup lama sekitar dua minggu atau lebih. Sehingga menyiapkannya jauh-jauh hari menjadi salah satu tips memilih cincin kawin yang penting untuk Anda lakukan.

3. Pilih Bahan Dasar

Seperti yang Anda tahu aneka produk perhiasan ditawarkan dengan berbagai bahan seperti emas, perak, dan sebagainya. Umumnya cincin pernikahan terbuat dari bahan emas, baik emas putih maupun emas kuning. Setiap bahan ini juga berbeda harganya, seperti contoh emas putih memiliki harga yang lebih tinggi daripada emas kuning.

Mengingat hal itu maka tips memilih cincin kawin adalah menentukan bahan cincin yang akan Anda beli. Hal ini berkaitan dengan budget yang harus Anda persiapkan.

4. Persempit Pemilihan Model dan Desain Cincin

Banyaknya pilihan model dan desain cincin kawin yang beraneka ragam dan semuanya bagus membuat Anda bingung kan untuk memilihnya. Banyaknya model cincin yang cantik dan menarik rasanya ingin membelinya semua. Rasa inilah yang sebenarnya harus dilenyapkan.

Apalagi jika Anda tidak mempersiapkan perencanaan dengan matang, pasti akan tergesah-gesah dan kurang tepat dalam memilih cincin kawin terbaik yang sesuai selera Anda. Alhasil Anda akan menyesal di kemudian hari karena memilih desain cincin kawin yang tidak sesuai dengan keinginan Anda karena memilihnya secara dadakan.

Salah satu tips memilih cincin kawin yang penting dilakukan adalah mempersempit pilihan  model dan desain cincin. Tentukan dengan matang desain dan model cincin kawin seperti apa yang Anda inginkan.

Anda bisa mengkombinasikan pilihan bahan dasar, model, ornamen hiasan, simpel atau mewah dan juga budget. Dengan menentukan aspek-aspek tersebut Anda dapat memfokuskan tujuan dan tidak mudah terpengaruh dengan beragam godaan model-model cincin kawin yang beraneka ragam bentuknya.

5. Pilih Sesuai Karakter

Apa gunanya memilih cincin pernikahan yang baik menurut orang lain tetapi tidak menarik menurut Anda. Pilihlah sesuai selera Anda bukan sesuai selera orang lain karena Anda sendiri yang akan memakainya. Jika Anda sendiri tidak menyukainya maka Anda pun akan merasa kurang percaya diri untuk memakainya.

Sehingga tips memilih cincin kawin yang kelima atau terakhir adalah memilihnya sesuai selera atau karakter masing-masing. Boleh saja menerima saran dari orang lain tetapi sinkronkan juga dengan pendapat Anda sendiri.

Itulah 5 tips memilih cincin kawin yang perlu Anda ketahui ketika akan melangsungkan pernikahan. Jangan sampai salah memilih cincin kawin karena kurangnya pemahaman akan hal apa saja yang perlu Anda persiapkan sebelum membelinya, selain cincin kawin foto prewedding juga sangat penting dipertimbangkan loh, simak inspirasinya di pengantinbaru.net yuk.

Semoga artikel ini bermanfaat ya !

Tags: