Atasi Luka Bakar Cara Tradisional

1 min read

Atasi Luka Bakar Cara Tradisional – Luka bakar biasanya adalah luka yang tidak begitu serius. Namun, luka bakar juga perlu ditangani dengan tepat. Pasalnya luka bakar akan membuat infeksi dan membuat luka itu menjadi lebih berbahaya.

Atasi Luka Bakar Cara Tradisional
Atasi Luka Bakar Cara Tradisional

Dalam kasus luka bakar yang sering terjadi di dapur, biasanya akan dilakuka pertolongan pertama untuk menghilangkan luka bakar pada kulit setelah terjadi kontak. Respon otak menjadi lebih cepat ketika merasakan luka di kulit tersebut. Tanpa sadar biasanya beberapa hal akan dilakukan dengan gerakan tubuh.

Beberapa cara dapat dilakukan untuk mengobati luka bakar yang biasanya meninggalkan bekas yang tidak dapat dihilangkan. Diantara bahan alami berikut dapat ditemukan dengan mudah, diantaranya adalah :

1. Air dingin

Bahan yang sangat mudah untuk ditemukan. Jika sudah terjadi kontak, maka tubuh akan bergerak mencari diamana air dingin. Alirkan air dengan suhu 2-15 derajat celcius, selama 10-20 menit. Hal tersebut dapat membantu mengurangi peradangan dan mencegah parahnya luka.

2. Lidah buaya

Potong daun lidah buaya, dan gosokan gel yang ada pada luka. Tak hanya terasa dingin, namun masalah kulit yang terbakar dapat diatasi dengan mudah.

3. Madu

Madu merupakan bahan antibiotik alami yang dapat membantu mengatasi luka bakar maupun masalah kulit. Dengan mengoleskan madu pada permukaan luka, dapat membantu menghilangkan parut pada luka serta bekas, dan membantu mensterilkan luka.

elain itu, madu juga dapat digunakan untuk melembabakan kulit yang kering. Untuk mengukur kelembaban kulit dapat menggunakan moisture meter kelembaban kulit.

4. Kentang

Sifat anti-iritasinya membantu mengurangi rasa sakit dan mencegah pelepuhan pada kulit. Maka dari itu, menggosokan kentang setelah luka bakar dapat mengurangi kulit yang melepuh.

5. Putih telur

Bahan ini tidak hanya dapat digunakan untuk masker kulit, namun dapat digunakan untuk menyembuhkan luka bakar. Cukup mudah dalam penggunaannya, yaitu dengan memisahkan putih dengan kuning telur, lalu oleskan bagian putih pada luka bakar.

6. Tepung terigu

Pasta tepung terigu dapat membantu mengurangi nyeri dan peradangan akibat luka bakar.

7. Kulit pisang

Letakan kulit pisang pada area yang terbakar, gosokan sedikit hingga kulit menjadi kecoklatan.

8. Bawang

Bumbu dapur ini dapat mengurangi rasa sakit, menyembuhkan luka bakar, dan mencegah kulit melepuh. Cukup letakan irisan bawang pada kulit yang terbakar, untuk hasil optimal lakukan secara rutin.

Bahaya Air Minum Isi Ulang : Fakta dan Penyebabnya

Air minum galon isi ulang ini masih menjadi solusi praktis untuk memenuhi kebutuhan air minum. Namun dibalik itu semua ada ‘oknum nakal’ yang memanfaatkannya untuk...
akubeni1
1 min read

Manfaat Madu Untuk Anak

Manfaat Madu Untuk Anak – Sudah sejak lama madu dipercaya umat manusia mempunyai banyak khasiat dan manfaat bagi tubuh kita. Bahkan para atlit jaman...
akubeni1
1 min read

Cara Menghilangkan Panu

Cara Menghilangkan Panu – Panu merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang cukup mengganggu. Meskipun tidak sakit dan berbahaya, panu yang muncul di beberapa area tertentu...
akubeni1
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *