Bahan Body Mobil F1

Bahan Body Mobil F1 – Apakah Anda penggemar balap mobil tercepat di dunia yang disebut sebagai jet darat, F1. Balapan mobil tersebut memang merupakan ajang balap tercepat di dunia.

Bahan Body Mobil F1

Namun pernahkah Anda berfikir seberapa kuat bodi mobil tersebut? apabila terjadi tumbukan antara satu mobil dengan mobil lain maupun menabrak pembatas jalan sang pengendara hanya mengalami syok atau luka ringan. Padahal kita tahu mobil F1 melaju dengan kecepatan rata – rata 300 km/jam.

Apakah Anda juga berfikir bahwa mobil F1 menggunakan baja paling keras untuk melindungi pembalap yang mengendarainya. Seperti yang kita ketahui baja merupakan logam keras yang memiliki tingkat kekerasan 6 – 7 skala mohs bila diukur menggunakan hardness tester / alat ukur kekerasan.

Hal ini tidak benar – benar salah karena rangka utama mobil F1 terbuat dari campuran baja, namun untuk bodi mobilnya F1 justru terbuat dari plastik. Mungkin Anda terkejut bukan, bagaimana hal tersebut terjadi berikut adalah beberapa penjelasannya :

Penggunaan bahan tersebut tentu dimaksudkan untuk mengurangi beban mobil F1, hal ini dapat membuat mobil F1 melaju kencang. Penggunaan Plastic Additive pada mobil balap F1 akan membuat berkurangnya beban mobil F1 dan juga akan mengurangi konsumsi bahan bakarnya.

Plastik yang digunakan disini tentu bukanlah plastik sembarangan, plastik disini disebut Fibercarbon atau lebih mudahnya dikenal serat carbon. Serat carbon sendiri merupakan inovasi terbaru dalam bidang teknologi serat dan bahan.

Serat karbon merupakan hasil rekayasa dengan memperkuat rantai karbon antara molekulnya. Hal ini akan menghasilkan struktur yang hampir mirip dengan berlian. Seperti yang kita ketahui berlian merupakan hasil struktur karbon yang terbentuk secara alami dan kita juga sudah tahu bahwa berlian merupakan material terkeras yang ada di bumi.

Serat karbon ini dibuat dimulai dengan merajut benang plastik Propylene yang ukurannya hampir seperti rambut. Serat – serat ini dirajut dengan kondisi suhu dan tekanan pada keadaan normal yang pada akhirnya akan membentuk benang – benang filamen yang disebut dengan yarn.

Kemudian yarn atau benang – benang ini akan dibentuk menjadi sebuah lembaran besar. Setelah menjadi lembaran besar kemudian akan dilewatkan ke dalam mesin dengan suhu tinggi agar serat – serat tersebut bergabung.

Proses ini yang menjadi inti dalam pembentukan rantai karbon pada serat karbon yang hampir menyerupai berlian. Setelah melewati proses ini barulah serat karbon akan dibentuk menjadi body mobil atau bentuk lain sesuai kebutuhan.

Namun penggunaan fiber carbon tidak hanya pada body mobil F1 saja, bahan tersebut dapat digunakan untuk beberapa perlengkapan rumah tangga agar mempunyai sifat Heat Resistant (anti panas).

Selain itu bahan ini juga digunakan untuk baling – baling pada pembangkit listrik tenaga angin, bahkan diapplikasikan untuk keperluan pakaian atau sepatu karena daya tahan yang dimilikinya. Pengaplikasian dalam bidang ini adalah pada pakaian para pemadam kebakaran bahkan helm kita juga merupakan salah satu inovasi dari bahan tersebut.

Tags: