Busi Iridium

1 min read

Kelebihan Busi Iridium – Untuk Anda pecinta otomotif baik motor maupun mobil bahkan bagi orang awan sekalipun pastinya sudah tidak asing lagi dengan komponen yang bernama busi. Komponen busi ini tentu merupakan komponen yang ada pada setiap kendaraan bermotor.

Busi Iridium

Busi merupakan komponen penting yang bertugas untuk memercikan api pada bahan bakar yang dikompreskan ke piston. Busi yang diproduksi hingga saat ini ada dua jenis yaitu busi platinum dan busi iridium, dan yang akan dibahas sekarang adalah busi iridium.

Bila Anda belum melakukan modifikasi terhadap motor atau mobil Anda pasti busi yang terdapat dalam kendaraan Anda adalah busi platinum. Hal ini karena setiap pabrikan kendaraan menggunakan busi platinum sebagai standarnya.

Namun bagi para penghobi otomotif mungkin pernah mendengar rumor bahwa busi iridium dapat meningkatkan peforma mesin kendaraan, apakah benar seperti itu? mari kita simak ulasan berikut.

Busi jenis iridium sendiri sudah memakai bahan elektroda yang memiliki titik didih sangat tinggi yaitu sekitar 2.500º Celcius. Dengan titik didih yang tinggi maka busi iridium ini akan lebih tahan terhadap panas dan juga dengan bahan elektroda yang jauh lebih kecil apabila dibandingkan dengan busi jenis platinum.

Karena hal tersebutlah menjadikan kelebihan tersendiri bagi busi iridium dan akan sangat baik bila digunakan pada sepeda motor. Namun busi jenis iridium juga dibanderol dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan busi platinum yang dapat dibeli dengan kisaran harga 30 ribu sedangkan busi iridium sekitar 100 ribu. Namun hal ini juga tergantung dari produsen pembuat busi tersebut bengkel yang menjualnya dan di daerah mana.

Lalu apa sajakah yang menjadi kelebihan busi iridium dibandingkan dengan busi platinum? Untuk lebih jelas lagi mengenai kelebihan busi iridium maka kita simak penjelasan di bawah ini :

Penggunaan busi iridium pada motor Anda akan membuat tenaga yang dibutuhkan dalam pembakaran menjadi semakin efisien, oleh karena itu motor yang menggunakan busi iridium jarang sekali mengalami gagal saat distarter.

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa bahan elektroda yang jauh lebih kecil dari pada busi platinum membuat busi jenis iridium mempunyai daya tahan akan panas yang tinggi. Hal ini akan membuat respon gas motor meningkat baik pada kondisi cepat maupun pelan.

Penggunaan busi iridium juga akan membuat penggunaan bahan bakar menjadi semakin irit. Namun hal ini juga dipengaruhi oleh gaya berkendara Anda. Selain itu kualitas gas buang akan lebih baik dengan gas buang yang lebih ramah pada lingkungan.

Kinerja mesin yang menggunakan busi iridium juga akan meningkat antara 1 – 3%. Jadi memang benar penggunaan busi iridium akan meningkatkan kinerja mesin, namun itu hanya sekitar 3% saja. Oleh karena itu Anda tidak boleh terlalu berharap kenaikkan kinerja yang tinggi hanya dengan menggunakan busi iridium saja.

Kelebihan terakhir yang dibahas disini adalah daya tahan busi ini, karena menggunakan bahan iridium yang sangat keras berdasarkan pengukuran menggunakan Hardness tester / alat ukur kekerasan. Oleh karena itu busi iridium mempunyai waktu pakai yang sangat lama sebelum akhirnya rusak.

Demikian adalah beberapa kelebihan busi iridium yang dapat kami bahas disini. Tentu untuk meningkatkan peforma kendaraan Anda banyak faktor yang perlu diperhatikan selain komponen busi saja.

Cara Mengetahui Kualitas Tinta

Cara Mengetahui Kualitas Tinta – Printer merupakan salah satu perangkat pendukung komputer atau laptop yang digunakan untuk berbagai keperluan mencetak. Bagi Anda yang bekerja...
akubeni1
1 min read

Coklat Yang Mengandung Babi

Coklat Yang Mengandung Babi – Apakah Anda orang yang suka memakan coklat? makanan manis yang diolah dari biji kakao ini memang mempunyai banyak pecintanya....
akubeni1
1 min read

Kolam Budidaya Belut

Kolam Budidaya Belut – Belut kini sudah menjadi salah satu jenis ikan yang banyak dibudidayakan. Selain rasanya yang enak, kandungan gizi dalam belut juga...
akubeni1
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *