Alat Ukur Kadar Air Kertas

1 min read

Alat Ukur Kadar Air Kertas – Dalam kalangan industri kertas memegang peranan penting karena sebagian besar kertas dalam industri digunakan sebagai kemasan produk baik itu kemasan primer maupun sekunder. Industri – industri seperti industri makanan maupun minuman banyak menggunakan kertas sebagai kemasan produknya, selain itu industri farmasi seperti industri sabun, pasta gigi, obat juga banyak menggunakan kertas.

Alat Ukur Kadar Air Kertas

Telah banyak kasus penurunan kualitas produk terjadi karena kertas yang digunakan sebagai kemasan ini tidak sesuai standar, kemasan disini baik kemasan primer maupun sekunder. Rusaknya kertas ini tentu akan merusak produk juga dan juga membawa citra buruk bagi perusahaan atau industri tersebut. Kertas disini juga akan mempengaruhi nilai jual dari produk tersebut.

Oleh karena itu dengan menjaga kualitas kertas ini sebagai kemasan maka juga akan menjamin kualitas produk yang akan dikirim. Menjaga kualitas kertas ini adalah dengan menjaga kualitas bahan baku kertas itu sendiri dan juga pengaruh eksternal seperti kelembaban dan suhu lingkungan, lama waktu pengangkutan dan juga penanganannya.

Kelembaban lingkungan ini sudah berpengaruh terhadap kualitas kertas bahkan sejak dari kertas dibuat di mesin pembuat kertas yang akan dicetak menjadi lembaran kertas. Lembaran kertas ini yang akan dicetak untuk menjadi kemasan produk.

Di dalam mesin pembuat kertas, kelembaban kertas ini sudah diatur antara 7-9% dimana nilai ini sendiri dapat dijadikan acuan oleh konsumen dalam mengetahui kadar air yang baik untuk kertas. Dengan nilai kadar air ini kertas akan lebih awet dan kuat serta tidak mudah lapuk karena mengalami kelembaban berlebihan.

Dalam mengukur kadar air kertas sendiri banyak perusahaan yang sudah menggunakan alat pengukur kadar air kertas yang telah banyak di pasaran. Salah satu alat ukur kadar air kertas yang banyak digunakan di pasaran adalah Alat Ukur Kadar Air Kertas MD-6G.

Alat ini adalah alat ukur canggih yang sudah menerapkan teknologi micro controler terkini dan juga menggunakan sistem digital yang menjadikan pengukuran menggunakan alat ini menjadi cepat dan akurat.

Alat ini dapat digunakan untuk mengukur tiga jenis kertas yaitu kertas karton, kertas cetak atau copperplate paper, dan pengukuran pada kertas tulis atau writing paper dimana pengukuran ini dilakukan dengan menggunakan probe yang sangat sensitif.

Cara penggunaan alat ini juga sangat mudah, pertama Anda aktifkan terlebih dahulu alat ini. Kemudian tancapkan probe atau pin alat ini ke kertas yang ingin Anda ukur. Setelah beberapa saat maka layar LCD alat ini akan menampilkan hasil pengukuran dalam bentuk angka digital.

Spesifikasi Alat Ukur Kadar Air Kertas MD-6G :

  • Layar : LCD berukuran besar
  • Range Pengukuran : 0 – 40%
  • Resolusi : 1%
  • Suhu operasional : 0℃~50℃ ; 20~90%RH
  • Konsumsi daya : mencapai 7,5 mA
  • Sumber daya : baterai 9V
  • Dimensi : 126 × 70 × 29 mm
  • Berat : kurang lebih 82 g (belum termasuk baterai)

Jika ingin membeli alat ukur secara online, pastikan Anda membeli di toko alat ukur yang terpercaya.

Incoming search terms:

  • Alat untuk mengukur besar kertas

Cara Mematangkan Buah Kurma

Cara Mematangkan Buah Kurma – Kurma merupakan buah yang masih satu family dengan palmaceae yang tumbuh subur di negara Arab saudi. Pohon kurma merupakan...
akubeni1
1 min read

Ciri – Ciri Semen Berkualitas

Ciri – ciri Semen Berkualitas – Semen merupakan salah material dalam bangunan yang berguna untuk mengikat semua jenis material atau agregat untuk membuat suatu...
akubeni1
1 min read

Jenis Beton dan Kegunaannya

Jenis Beton dan Kegunaannya – Salah satu bagian bangunan yang penting adalah beton yang merupakan hasil pencampuran antara agregat dan bahan pengikat. Karena kekuatannya...
akubeni1
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *