Cara Membuat Kismis Sendiri

Cara Membuat Kismis Sendiri – Mungkin sebagian besar orang pernah mencicipi kismis, namun sepertinya tidak semua orang tahu kismis itu terbuat dari apa. Tahukah Anda, kismis sebenarnya adalah buah anggur yang sudah dikeringkan.

Cara Membuat Kismis Sendiri

Kata kismis sendiri diambil dari bahasa Urdu yaitu kishmish, dan karena dibuat dari buah anggur, tak heran jika rasa kismis memang hampir sama seperti buah anggur yaitu manis asam.

Di pasaran, kismis tergolong mudah untuk didapatkan, yang sering dicari oleh para konsumen biasanya adalah jenis kismis hitam. Namun ada juga kismis coklat yang dibuat dari anggur hijau yang biasanya kismis – kismis yang dijual tersebut sudah dikemas di dalam plastik ukuran sedang maupun dalam cup.

Kismis biasnya akan banyak dicari ketika bulan ramadhan tiba, namun biasanya kismis yang banyak dicari adalah yang berasal dari Timur Tengah dibandingkan dengan kismis lokal. Kismis ini biasanya digunakan untuk campuran kue maupun roti bahkan juga bisa dicampurkan dengan es krim.

Biasanya kismis digunakan sebagai pengganti untuk bahan isi atau filling cake, jadi ketika dimakan maka kismis akan memberikan tekstur dan rasa yang enak pada roti dan kue. Karenanya kismis dapat digunakan untuk pengganti dari selai maupun olesan lainnya.

Ternyata selain mempunyai rasa yang enak, kismis juga bermanfaat untuk kesehatan kita karena kismis dipercaya sebagai makanan yang dapat memperbaiki daya ingat dan menguatkan hafalan. Selain itu kismis juga dipercaya menyehatkan gigi dan tulang, mengobati anemia dan sembelit, hingga meningkatkan kekebalan tubuh.

Meskipun Anda dapat membeli kismis di pasaran, namun bila Anda ingin membuat sendiri juga tidak ada salahnya. Bila Anda mempunyai banyak stok anggur Anda dapat membuatnya sendiri, berikut adalah cara membuat kismis sendiri :

1. Pilihlah buah anggur yang sudah matang dan masih dalam keadaan segar kemudian masukkan anggur tersebut ke dalam lemari khusus pengering. Lemari ini dapat dibuat menggunakan kayu yang diberi formika dengan ukuran sekitar 60 x 90 cm dan tinggi tepinya sekitar 5 cm.

2. Simpan lemari itu di tempat yang terkena sinar matahari selama beberapa minggu, lalu ikatan – ikatan anggur itu dibalik sebanyak 2 sampai 3 kali.

3. Pindahkan ke tempat yang teduh dan biarkan selama 10 hari sampai kering atau kadar air anggur mulai menyusut. Untuk mengetahui bahwa anggur telah benar – benar kering, bisa dilihat dengan cara menekannya, jika tidak ada lagi cairan yang keluar maka berarti anggur tersebut sudah kering karena kadar air di dalamnya sudah terkuras. Cek kadar air dengan alat ukur kadar air.

4. Pisahkan anggur dari tandannya, lalu masukkan ke dalam kantong atau wadah.

5. Bisa juga mempersingkat waktu pengeringan, yaitu dengan mencelupkan anggur ke dalam cairan soda kostik yang panas dengan konsentrasi 0,5%, sebelum dikeringkan lalu dicuci dengan air.

Anda bisa juga mempercepat proses pengeringan ini dengan cara menjemur anggur di bawah terik matahari dan tidak perlu disimpan di tempat yang teduh, tetapi kismis ini akan terlihat gelap nantinya. Memang agak rumit, namun tak ada salahnya mencoba demi mendapatkan camilan sehat terbaik untuk keluarga.

Incoming search terms:

  • cara membuat kismis
  • cara mebuat kismis
  • kismis anggur resep
  • pembuatan kismis

Tags: