Cara Membuat Teh Daun Kelor

Cara Membuat Teh Daun Kelor – Daun kelor mungkin sudah diketahui banyak banyak, namun seperti belum banyak yang tahu tentang manfaat atau khasiat dari daun kelor ini. Ternyata daun kelor dapat dikategorikan sebagai apotek hidup karena mengandung senyawa – senyawa yang dapat menutrisi tubuh.

Cara Membuat Teh Daun Kelor

Diantara senyawa tersebut ada yang berfungsi sebagai anti oksidan yang berguna untuk melakukan detoksifikasi. Selain itu kandungan senyawa dalam daun kelor juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Dengan membuat daun kelor menjadi teh merupakan cara paling mudah untuk mengkonsumsi daun kelor guna mendapatkan manfaat atau khasiatnya. Untuk membuat atau mengolah daun kelor menjadi teh juga dapat dikatakan mudah. Anda sendiripun dapat melakukannya sendiri di rumah, untuk lebih jelasnya berikut adalah cara membua teh daun kelor :

1. Petiklah daun kelor yang masih muda dan segar, untuk pemetikannya juga tergolong mudah karena tidak memerlukan alat khusus. Untuk memilih daun kelor yang masih mudah juga cukup dengan dilihat secara sepintas saja. Pilihlah daun yang berwarna hijau kekuning- kuningan karena itu adalah ciri daun yang masih muda.

2. Kemudian kumpulkan daun kelor yang sudah dipetik tadi ke dalam wadah bersih yang sudah dipersiapkan. Bersihkan daun kelor dari berbagai kotoran yang mungkin masih menempel pada daun dengan cara direndam.

3. Setelah daun kelor bersih maka langkah selanjutnya adalah masuk ke dalam tahap pengeringan, kita dapat mengeringkannya dengan cara dijemur. Proses pengeringan ini bertujuan untuk mengurangi kadar air (gunakanlah tester kadar air) di dalam daun. Namun patut diperhatikan disini bahwa jangan keringkan daun kelor langsung di bawah sinar matahari karena akan menghilangkan nutrisi yang terkandung di dalam daun. Keringkan daun kelor pada tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung.

4. Setelah daun kelor kering dan mudah untuk dihancurkan maka selanjutnya kita harus menumbuk daun kelor tersebut hingga halus.

5. Kemudian daun kelor yang sudah halus disimpan di tempat yang sejuk dan kering untuk menghilangklan enzim oksidatif dan mencegah daun kelor menjadi cepat busuk. Selain itu hal tersebut juga dapat menghentikan pertumbuhan jamur.

6. Setelah semua tahap tersebut maka teh daun kelor sudah siap dinikmati, cukup dengan menambahkan air panas maka teh daun kelor pun sudah bisa kita nikmati. Bila Anda tidak terlalu suka dengan rasanya maka Anda dapat menambahkan gula atau madu untuk mendapatkan manfaatnya.

Tags: