Cara Menanam Buah Melon

Cara Menanam Buah Melon – melon merupakan buah yang memiliki bentuk seperti semangka, namun aslinya adalah suku labu. Buah yang umumnya memiliki daging berwarna kekuningan ini ternyata adalah buah asli dari Indonesia.

Cara Menanam Buah Melon
Cara Menanam Buah Melon

Buah melon sering dijadikan sebagai campuran dari sop buah, atau juga dapat diblender dan menjadikannya jus. Buah ini memiliki rasa serta manfaat yang beragam, maka dari itu banyak yang membudidayakannya.

Dibawah ini adalah cara menanam buah melon, diantaranya :

  • Persyaratan yang harus dicapai agar buah melon dapat berkembang dengan baik adalah dengan mencari lahan yang terus menerus terkena sinar matahari dengan suhu udara 24-30 o Angin yang kencang dapat mematahkan batang tanaman. selain itu, hujan yang terlalu sering akan mematahkan batang.

pH yang sesuai untuk menanam melon adalah pada kisaran 5-7. Untuk mengukur pH tanah dapat menggunakan pH meter.

  • Untuk memilih benih melon dapat dilakukan dengan cara merendam biji buah melon. Jika ada biji yang mengapung, jangan disertakan dengan biji yang tenggelam. Karena, biji yang mengapung tersebut memiliki kualitas yang kurang baik.
  • Hal yang harus dilakukan saat melakukan penyemaian adalah dengan merendam biji selama 3 jam. Selanjutnya taburkan biji di dalam polybag yang berisi campuran antara pupuk dengan tanah.

Tutup benih dengan abu sekam. Jangan lupa untuk menyiram satu kali sehari. Jika benih sudah memiliki daun, maka dapat di pindah ke lahan sesungguhnya.

Untuk mempersiapkan lahan, sebelumnya cangkul lahan dan buang gulma yang mengganggu. Biarkan lahan satu minggu terkena matahari. Setelah itu, tutup lahan menggunakan plastik mulsa. Dengan bagian hitam di dalam, dan biarkan selama satu minggu sebelum membuat lubang. Satu minggu siap untuk dibuka, selanjutnya lubangi mulsa dengan kedalaman 10 cm.

  • Penanaman benih dalam polybag dapat dilakukan dengan menanam benih, dengan hati hati agar akar tanaman tidak rusak.
  • Pada Teknik penyulaman, penjarangan dan penyiangan dapat dilakukan ketika sedang melakukan penyiraman. Selanjutnya lakukan pemupukan ulang saat tanaman berusia 20, 40, dan 60 hari setelah dilakukan penanaman pada lahan.
  • Pemanenan buah melon dapat dilakukan setelah berusia 120 hari penanaman benih. Jika tidak, perhatikan buah yang sedikit kekuningan dengan serat kasar dikulitnya.

Incoming search terms:

  • mengapa biji melon mengapung