Manfaat Buah Semangka Kuning

Manfaat Buah Semangka Kuning – Semangka kuning sama halnya seperti semangka merah pada umumnya dan termasuk dalam golongan semangka. Namun tanaman yang bserasal dari Afrika Selatan ini diyakini mempunyai kandungan gizi yang lebih tinggi.

Manfaat Buah Semangka Kuning

Tanaman dengan warna kuning pada daging buahnya dan memiliki kandungan air atau kadar air sampai 90% memiliki rasa manis yang menyegarkan yang tidak kalah dengan semangka merah. Test kadar air dengan tester kadar air.

Lantas apa yang membedakan antara semangka merah dan kuning ini, berikut simak manfaat buah semangka kuning :

1. Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Bagi Anda yang memiliki penyakit darah tinggi Anda dapat mengkondsumsi buah yang satu ini. Vitamin yang ada dalam buah semangka kuning dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan tentunya dapat menjadi alternatif mengobati darah tinggi Anda sebelum mengkonsumsi obat dokter.

2. Mengobati Sariawan

Vitamin C yang terkandung dalam buah semangka kuning ini mampu mengobati dan mencegah sariawan. Selain mengkonsumsi jeruk Anda juga dapat mengkonsumsi semangka kuning sebagai alternatif.

3. Mengatasi Dehidrasi

Dehidrasi merupakan kondisi tubuh dimana tubuh kita mengalami kekurangan cairan. Dalam kondisi akut, dehidrasi tidak dapat disembuhkan dengan hanya mengkonsumsi air. Dengan rajin mengkonsumsi buah semangka kuning yang mengandung banyak kadar air tentunya akan mencegah Anda dari dehidrasi.

4. Mengandung Vitamin A

Selain vitamin C yang terkandung dalam semangka kuning, buah yang satu ini juga banyak mengandung vitamin A yang bermanfaat untuk kesehatan mata, tulang dll. Selain itu Vitamin A di dalam tubuh juga dapat menjaga kekebalan tubuh.

5. Menangkal Radikal Bebas

Buah yang satu ini juga mengandung Lycopene yang berfungsi sebagai antioksidan. Sama seperti semangka merah juga mengandung antioksidan dimana anti oksidan ini bermanfaat untuk mencegah kanker.

6. Kandungan Gizi Yang Tinggi

Selain kandungan vitamin A dan C yang tinggi, semangka kuning juga mengandung lemak dan protein yang banyak bermanfaat bagi tubuh.

7. Mencegah Penuaan Dini

Semangka kuning juga mengandung likopin yang berfungsi untuk menurunkan resiko penuaan dini. Selain itu kadungan antioksidannya dapat mencegah munculnya garis halus, keriput, bintik – bintik pada wajah dengan rutin mengkonsumsi semangka kuning.

8. Mencegah Penyakit Ginjal

Apabila kita kekurangan mengkonsumsi air putih maka kita rentan terkena penyakit ginjal namun hal tersebut dapat diatasi dengan rajin mengkonsumsi semangka kuning yang mengandung anti radang. Anti radang ini bermanfaat untuk menghancurkan batu ginjal pada tubuh.

9. Mengatasi Kulit Berminyak

Wajah berminyak sebenarnya adalah hal yang wajar terjadi terlebih lagi Anda yang banyak beraktivitas di luar. Dengan mengkonsumsi semangka kuning yang banyak mengandung vitamin A bermanfaat untuk mengecilkan pori – pori pada wajah. Selain dikonsumsi Anda dapat menjadikannya jus untuk digunakan sebagai masker wajah.

10. Melancarkan Pencernaan

Ternyata dengan mengkonsumsi buah semangka kuning dapat melancarkan pencernaan dengan melancarkan fungsi pencernaan dan ginjal karena mengandung diuretic. Dengan kandungannya ini akan merangsang tubuh untuk selalu membuang air kecil dan dapat membuang racun pada tubuh.

Demikian adalah beberapa manfaat buah semangka kuning yang mungkin baru Anda ketahui. Dengan banyaknya manfaat tersebut tidak ada salahnya Anda menambahkan buah semangka kuning dalam list buah – buahan Anda.

Tags: