Cara Menetralkan pH Tubuh

1 min read

Cara Menetralkan pH Tubuh – Masalah kesehatan sering kali muncul tidak berhubungan dengan ukuran tubuh, level olahraga dan umur seseorang. Seringkali seseorang mulai merasakan mulas, retensi cairan, konstipasi, nyeri sendi, sakit kepala hingga lelah namun tidak tahu penyebabnya.

Cara Menetralkan pH Tubuh

Menurut penelitian yang dilakukan oleh beberapa ahli ternyata ketidakseimbangan asam tubuh dapat menyebabkan nyeri sendi dan penurunan kesehatan tulang. Hal ini disebabkan karena mineral yang memberi sifat alkali dilepaskan dari tulang sehingga tubuh berusaha untuk memperbaiki komposisi darah.

Gejala tersebut beberapa diantaranya dapat segera diketahui namun ada juga yang membutuhkan penelitian lebih lanjut. Sebagai contoh diantaranya langsung dikaitkan dengan keseimbangan asam dan alkalin dalam tubuh yang terkandung dalam peredaran darah. Oleh karena itu penting bagi kita untuk menetralkan pH dalam tubuh kita.

Kondisi keasaman dan kealkalian dalam kesehatan fisik dapat diketahui dengan mengukur konsentrasi ion hidrogen (pH) di dalam darah maupun minuman seperti kopi, teh, anggur, dan soda. Normalnya pH tubuh manusia adalah sekitar 7,4 pH yang cenderung bersifat sedikit alkalin. Kadar pH sendiri dimulai dari 0 – 14 pH yang dapat diukur menggunakan pH meter. Bila pH suatu larutan dibawah 7 maka disebut sebagai larutan asam, sedangkan bila melebihi 7 maka disebut alkali.

Jual PH Meter

Berbagai makanan dan minuman yang kita konsumsi bersifat asam maupun alkali, hal ini tergantung hasil akhir dari proses pencernaan tubuh kita. Namun ada beberapa makanan yang bersifat asam seperti apel, jeruk, lemon, stroberi, dan nanas justru meningkatkan tingkat alkalin darah tubuh kita setelah dicerna. Hal ini berguna untuk menyeimbangkan proses diet yang tengah dilakukan seseorang.

Walaupun jenis makanan tadi bersifat asam, namun setelah melalui proses pencernaan justru akan melepaskan mineral yang ‘menghasilkan’ ion hidrogen berlebih. Hal ini akan membuat jenis makanan tersebut menjadi agen alkalin.

Menetralkan pH tubuh dapat kita lakukan dengan mengkonsumsi jenis makanan yang sehat seperti sayuran hijau. Sayuran seperti brokoli, mentimun, kale, bayam, buncis, dan taoge akan berkhasiat dalam proses kimia tubuh untuk menyeimbangkan pH tubuh kita. Selain itu bahan makanan seperti bawang, jamur, kubis dan beet juga baik untuk dikonsumsi guna menetralkan pH tubuh.

Selain sayuran hijau kita juga dapat mengkonsumsi buah – buahan yang bersifat alkalin untuk menteralkan pH tubuh. Buah seperti anggur, cheri, kelapa, pisang, blackberry dan semangka dapat digunakan untuk menetralkan pH tubuh, sedangkan untuk kacang – kacangan Anda dapat mengkonsumsi almond dan chestnuts.

Selain makanan, minuman yang bersifat alkalin juga dapat digunakan agar pH tubuh Anda tetap stabil. Anda dapat mengkonsumsi air kelapa, wheatgrass juice, jus sayuran dan berbagai macam air alkalin yang kaya akan senyawa – senyawa alkalin alami. Mengonsumsinya secara teratur dapat menetralkan pH tubuh dan membuatnya terhidrasi atau kadar pH-nya tetap stabil.

Cara Membuat Pengharum Ruangan Alami

Cara Membuat Pengharum Ruangan Alami – Ruangan sering bau tidak sedap? Hal tersebut mungkin disebabkan karena udara yang kotor. Ruangan akan menjadi lebih nyaman...
lindanw15
1 min read

Cara Membuat Yoghurt

Cara Membuat Yoghurt – Yoghurt merupakan salah satu produk turunan dari susu yang dibuat dengan cara difermentasi menggunakan bakteri tertentu. Sebenarnya semua jenis susu...
akubeni1
1 min read

Pemilihan Lampu Rumah

Pemilihan Lampu Rumah – Apakah Anda punya rumah baru atau sedang merenovasi rumah? Setelah selesai mendokerasinya apakah Anda sering bingung dalam menentukan lampu yang...
akubeni1
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *