Cara Mengawetkan Ikan

1 min read

Cara Mengawetkan Ikan – Sebagai negara maritim yang dikelilingi laut tentu pasokan ikan kita berlimpah, namun dengan daya beli masyarakat yang tidak sebanding dengan pasokan membuat pengawetan ikan menjadi hal yang penting dilakukan.

Cara Mengawetkan Ikan

Proses pengawetan harus segera dilakukan pada ikan segar agar dapat disimpan dalam waktu yang lama. Pengawetan menggunakan bahan kimia memang terbukti mampu mengawetkan ikan dalam waktu lama, namun hal tersebut akan menurunkan kualitas ikan tersebut.

Selain itu penggunaan bahan kimia pada pengawetan ikan juga akan membahayakan orang yang mengkonsumsinya. Orang yang mengkonsumsi ikan yang diawetkan menggunakan menggunakan bahan kimia lama kelamaan akan mengalami masalah kesehatan yang serius di masa yang akan datang.

Oleh karena itu pengawetan yang baik adalah yang memakai bahan alami, salah satunya yang sudah ditemukan oleh nenek moyang kita adalah dengan teknik penggaraman. Penggunaan garam dalam pengawetan ikan memang sudah terbukti mampu mengawetkan ikan, namun rasanya yang sangat asin membuat banyak orang yang enggan mengkonsumsinya.

Namun tenang saja masih banyak bahan dan teknik alami lainnya selain penggaraman yang dapat dilakukan sebagai cara mengawetkan ikan secara alami, berikut adalah beberapa teknik tersebut :

Teknik Pendinginan

Tidak dapat dipungkiri bahwa kandungan air atau kadar air yang tinggi di dalam ikan akan menyebabkan ikan mudah busuk. Dengan menggunakan teknik pendinginan akan membuat bakteri dan jamur di dalam air tersebut tidak dapat tumbuh.

Pada umumnya teknik pendinginan ini menggunakan es untuk mendinginkan ikan, namun teknik tersebut dapat dikembangkan menjadi pendinginan menggunakan freezer. Suhu yang sangat dingin membuat mikroorganisme di dalam ikan tidak dapat hidup. Jadi dengan kata lain selama ikan tersebut beku maka ikan tersebut tidak akan busuk, kelebihan dari teknik ini juga membuat kualitas ikan tidak berubah secara drastis.

Teknik Pengeringan

Teknik pengeringan ini tentu dilakukan dengan tujuan agar mengurangi kadar air di dalam ikan, kembali lagi karena kandungan air di dalam ikan yang akan membusukkan ikan. Jadi dengan kata lain semakin rendah kadar air yang dikandung ikan maka akan semakin lama pula daya tahan ikan. Proses ini biasanya dilakukan menggunakan bantuan cahaya matahari untuk pengeringan, namun dengan semakin berkembangnya teknologi pengeringan dapat dilakukan menggunakan alat pemanggang modern berupa oven untuk mengeringkan ikan tersebut.

Teknik Pengalengan

Pada industri modern ini pengawetan ikan lebih banyak dilakukan menggunakan teknik pengalengan. Teknik membutuhkan biaya yang besar dalam pengolahannya namun hal itu sebanding karena kualitas ikan dapat dipertahankan karena kondisi ikan di dalam kaleng sangat steril dan hampa udara. Dengan kondisi tersebut membuat mikroorganisme apapun tidak dapat hidup untuk membusukkan ikan.

Teknik Penyinaran

Dengan semakin berkembangnya teknologi dan sains membuat kini manusia mengetahui ada suatu sinar yang dapat menghambat pertumbuhan mikroorganisme di dalam ikan, sinar ini adalah sinar ultraviolet atau sinar gamma. Sinar ini dapat mencegah pertumbuhan bakteri dan mematikannya secara efektif. Teknik ini dapat membuat ikan dapat bertahan dalam waktu lama dan tidak mengalami penurunan kualitas.

Harga Donat Madu

Harga Donat Madu – Ngemil sudah menjadi hal yang umum dilakukan di sela-sela waktu makan berat. Ada orang yang lebih menyukai camilan asin ada pula...
akubeni1
2 min read

Ketebalan Cat Mobil

Ketebalan Cat Mobil – Zaman yang semakin modern dalam bidang otomotif ini sudah banyak diciptakan berbagai inovasi alat yang akan memudahkan pekerjaan kita. Dalam...
akubeni1
1 min read

Harga Cuka Apel

Harga Cuka Apel – Cuka apel sudah banyak dikenal sebagai bahan yang mampu mengobati berbagai penyakit. Cuka apel ini sebenarnya merupakan sari buah apel...
akubeni1
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *