Manfaat yang Terkandung Dalam Beras Merah

Manfaat yang Terkandung Dalam Beras Merah – Beras merah memiliki kandungan yang hampir sama dengan beras putih dalam jumlah karbohidrat serta kalori. Beras merah diakibatkan aleuronnya mengandung gen yang memproduksi antosianin yang merupakan sumber warna merah atau ungu.

Manfaat yang Terkandung Dalam Beras Merah
Manfaat yang Terkandung Dalam Beras Merah

Biasanya padi beras merah akan dipanen ketika daun telah menguning, telah berusia 30-35 hari sesudah berbunga, dan memiliki kadar air 22-26% air gabah. Untuk mengukur kadar air gabah dapat digunakan Grain Moisture Meter.

Antara beras merah atau beras putih memiliki sedikit kesamaan, namun ada beberapa hal yang memberdakan antara beras merah dan juga beras putih. Perbedaan keduanya ada di bagian kandungan.

Beras merah memiliki lebih banyak kandungan serat dibandingkan dengan beras putih. Serat tersebut merupakan hal yang penting untuk dikonsumsi untuk mencegah kanker, sembelit, gula darah dan menjaga kolesterol.

Didalam beras merah terkandung mineral, yaitu mangan, selenium, magnesium, zat besi, vitamin B, bahkan protein. Beras putih memiliki kandungan yang kurang, karena sekam dan bekatul yang sudah dihilangkan untuk menghasilkan beras yang putih.

Beberapa manfaat yang banyak terkandung dalam beras merah ada di bawah ini :

  1. Menurunkan berat badan

Banyak yang mengonsumsi beras merah sebagai pengganti beras putih. Hal ini dikarenakan kandungan karbohidrat kompleks yang mampu membuat perut merasa kenyang dan tidak cepat lapar. Selain itu, kandungan kalori pada beras yang rendah mampu melancarkan program diet.

  1. Menyehatkan pencernaan

Kandungan serat yang banyak terkandung mampu mengatasi masalah pencernaan. Konsumsilah beras merah secara rutin, agar pencernaan menjadi lebih sehat.

  1. Mengontrol gula darah

Kandungan serat yang tinggi dan kalori yang rendah dapat membantu mengontrol gula darah. Mengonsumsi beras merah lebih  efektif disbanding dengan beras putih.

  1. Mencegah batu empedu

Dalam melarutkan sisa makanan, beras merah berperan penting untuk menjaga kesehatan empedu.

  1. Menjaga kesehatan tulang

Dalam beras merah terkandung magnesium, yang merupakan zat selain vitamin D dan kalsium yang mampu menjaga kepadatan tulang dan gigi. Serta membantu pertumbuhannya.

  1. Sumber antioksidan

Kandungan dalam beras merah mampu menangkal radikal bebas. Sehingga dapat mencegah pertumbuhan kanker dalam tubuh. Kanker yang dimaksud merupakan kanker usus besar, karena kandungan Selenium serta polifenol dapat mencegah kanker tersebut.