Cara Mengetahui Kualitas Tinta

1 min read

Cara Mengetahui Kualitas Tinta – Printer merupakan salah satu perangkat pendukung komputer atau laptop yang digunakan untuk berbagai keperluan mencetak. Bagi Anda yang bekerja di kantor – kantor tentu memerlukan printer dalam aktivitas kerja Anda, terlebih lagi pada bidang usaha percetakan.

Cara Mengetahui Kualitas Tinta

Namun printer merupakan salah satu hardware komputer yang seringkali mengalami kerusakan dibanding harware lainnya. Hal ini dapat terjadi karena berbagai faktor seperti halnya penggunaan yang terlalu sering, salah penggunaan jenis kertas dan biasanya yang paling fatal adalah karena menggunakan tinta yang berkualitas buruk.

Oleh karena itu penggunaan tinta ini haruslah diperhatikan agar printer Anda dapat bertahan dalam waktu yang lama. Untuk lebih jelasnya berikut adalah cara mengetahui kualitas tinta yang baik :

Pilihlah Tinta dengan Merk Ternama

Tinta printer sama halnya seperti aksesories komputer lainnya, tinta printer juga mempunyai berbagai varian merk. Bahkan saat ini di pasaran sudah terdapat berbagai jenis tinta yang dijual oleh berbagai perusahaan. Mungkin ada beberapa merk yang memang sudah tidak asing lagi di telinga Anda, namun ada juga merk tinta yang mungkin belum pernah Anda tahu.

Salah satu cara agar Anda mendapat tinta printer yang berkualitas baik maka belilah tinta printer yang memang memiliki merk ternama. Merk ternama pada umumnya berani menjamin kualitas tinta yang dijualnya.

Hal ini tidak bisa dilakukan oleh tinta printer yang belum memiliki merk ternama, ada kemungkinan tinta printer yang tidak bermerk justru mempunyai kualitas yang buruk yang justru akan merusak printer Anda.

Perhatikan Harga Tinta

Ada sebagian orang yang menilai kualitas suatu barang adalah dengan melihat harga bila ia tidak tahu betul barang yang akan dibelinya, hal ini ternyata ada benarnya juga. Sama seperti saat Anda membeli tinta printer, jangan tergiur akan harga tinta yang lebih murah.

Hal ini karena biasanya tinta printer original yang mempunyai kualitas yang baik tentu akan memiliki harga yang agak mahal memang. Namun tinta ini tentu akan menjamin kualitasnya dan bila digunakan maka tidak akan merusak printer Anda.

Perhatikan pH dan Tingkat Kekentalan Tinta

Tingkat kekentalan tinta juga merupakan salah satu indikator kualitas tinta, jadi perhatikan pula tingkat kekentalan tinta bila Anda ingin membeli tinta. Tinta printer yang terlalu encer atau bahkan terlalu kental merupakan salah satu ciri tinta printer dengan kualitas yang buruk.

Tinta printer yang memiliki tingkat kekentalan yang seimbang yang tidak terlalu encer maupun kental merupakan ciri tinta yang baik. Biasanya perusahaan dengan merk ternama mempunyai standar kekentalan sendiri.

Untuk menjaga kualitas kekentalan tinta yang stabil dalam produksinya, maka tinta yang sudah jadi biasanya akan diuji menggunakan sebuah alat ukur kekentalan atau viscometer untuk memastikan apakah tingkat kekentalan tinta memang sudah sesuai atau belum.

Selain tingkat kekentalannya, faktor lain yang harus diperhatikan adalah tingkat pH tinta tersebut. Anda dapat mengetahui tingkat pH tinta tersebut dengan melihatnya pada kemasan tinta tersebut, biasanya akan dicantumkan nilai pH tinta tersebut.

Tinta yang baik adalah yang memiliki nilai pH yang netral. Perhatikan pula bau dari tinta tersebut. Bila tinta printer memiliki bau yang menyengat maka ada indikasi bahwa tinta tersebut memiliki kualitas yang buruk.

Incoming search terms:

  • ciri ciri tinta menipis
  • kualitas tinta pri

Coklat Yang Mengandung Babi

Coklat Yang Mengandung Babi – Apakah Anda orang yang suka memakan coklat? makanan manis yang diolah dari biji kakao ini memang mempunyai banyak pecintanya....
akubeni1
1 min read

Kolam Budidaya Belut

Kolam Budidaya Belut – Belut kini sudah menjadi salah satu jenis ikan yang banyak dibudidayakan. Selain rasanya yang enak, kandungan gizi dalam belut juga...
akubeni1
1 min read

Cara Mengatasi Insomnia

Cara Mengatasi Insomnia – Insomnia merupakan masalah kesulitan tidur yang cukup merepotkan karena dapat berakibat adanya rasa lelah yang berkelanjutan sehingga dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Ketika seseorang merasakan...
akubeni1
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *