Cara Mengukur Suhu Tubuh

Cara Mengukur Suhu Tubuh – Berubahnya suhu tubuh seseorang merupakan salah satu indikator tubuh kita sedang mengalami sakit. Biasanya untuk mengecek kenaikan suhu tubuh, orang cenderung akan memegang dahi atau leher apakah panasnya normal atau tidak. Namun tahukah Anda, pengukuran dengan cara memegang atau menggunakan tangan masih kurang tepat karena sangat mungkin mengalami kesalahan.

Cara Mengukur Suhu Tubuh

Sebagai contoh orang yang menderita darah rendah cenderung akan memiliki suhu tangan yang lebih rendah atau dingin yang menyebabkan ketika orang tersebut menyentuh badan yang memiliki suhu tubuh tinggi menjadi lebih peka. Berbeda dengan orang yang tekanan darahnya normal maka akan memiliki suhu tangan yang relatif normal.

Baca Juga : Suhu Normal Kamar Tidur

Dalam dunia medis tentu pengukuran dengan cara tersebut tidak dapat digunakan atau dilakukan, oleh karena itu penggunaan termometer dapat menjadi salah satu alat yang bisa digunakan untuk mengukur suhu tubuh. Namun pastikan termometer yang digunakan adalah termometer khusus untuk tubuh dan pastikan penggunaannya tepat.

Salah satu jenis termometer yang dapat digunakan untuk mengukur suhu tubuh adalah termometer telinga yang biasanya berbentuk kerucut dan digunakan pada telinga. Untuk menggunakannya Anda dapat memasukkan corong termometer ke dalam telinga dan kemudian lihat suhunya pada layar LCD termometer.

Selain termometer telinga, termometer lain yang sering digunakan untuk mengukur suhu adalah termometer ketiak. Cara penggunaannya adalah untuk bagian ketiak, termometer ini dapat menggunakan sistem digital maupun manual menggunakan air raksa.

Akan tetapi pengukuran suhu masih dapat mengalami kesalahan karena beberapa faktor, biasanya termometer tidak digunakan pada bagian tubuh yang tepat yang dapat mempengaruhi pengukuran suhu tubuh. Tiap jenis termometer biasanya mempunyai cara pengukuran yang berbeda – beda.

Selain salah tempat pengukurannya, terlalu cepat dalam mengangkat termometer juga dapat menyebabkan kesalahan dalam pengukuran. Apabila termometer yang digunakan adalah termometer digital yang baterainya sudah lemah juga dapat menyebabkan kesalahan dalam pengukuran.

Apabila Anda menggunakan termometer mulut maka saat pengukuran jangan biarkan mulut terbuka, hal ini karena angin yang masuk ke dalam tubuh dapat mengubah sejenak suhu tubuh jadi lebih tinggi. Hindari pula penggunaan termometer tubuh satu jam setelah berolahraga atau mandi air panas karena akan mempengaruhi suhu tubuh. Lalu, bagaimana mengetahui suhu normal dan tidak normal?

Salah satu kunci mengukur suhu tubuh dengan tepat adalah dengan mengetahui bahwa adanya perubahan suhu tubuh normal manusia, pada pagi hari suhu tubuh manusia biasanya mengalami penurunan sebesar 0,6 derajat celcius.

Baca Juga : Suhu Normal Pada Bayi

Sedangkan pada malam harinya akan mengalami kenaikan pula sebesar 0,6 derajat celcius. Wanita yang sedang mengalami menstruasi juga akan mengalami suhu tubuh yang tidak wajar. Normalnya suhu tubuh manusia adalah sekitar 36,5 derajat celcius hingga 37,5 derajat celcius.

Tags: