Cara Merawat Tanaman

Bagi Anda yang suka berkebun, aktivitas merawat tanaman bisa menjadi aktivitas terbaik untuk menyalurkan hobi. Bertanam sayur misalnya, jika biasanya Anda mengkonsumsi sayuran hanya dengan membelinya di tukang sayur bedakan jika Anda mengkonsumsi sayuran dari hasil kebun sendiri, tentu lebih sesuatu kan?

5 Cara Merawat Tanaman yang Baik dan Benar Dengan Optimal

Agar tanaman Anda tetap segar dan memberikan hasil yang baik, tentunya Anda membutuhkan tips terbaik tentang cara merawat tanaman yang baik dan benar. Bagaimana caranya agar pekarangan rumah menjadi alternatif kebun mini dengan bunga-bunga harum mewangi atau kebun sayuran mini yang segar dan hijau ? Berikut tips dan cara yang kami lansir dari situs ruangarsitek.id :

1. Melakukan Penyiraman dengan Tepat

Cara merawat tanaman yang pertama adalah mengetahui teknik penyiraman yang tepat. Air merupakan kebutuhan penting untuk tanaman hijau melakukan fotosintesis. Proses fotosintesis tidak dapat berjalan dengan baik jika tanaman tersebut kekurangan air.

Namun pada jenis tanaman tertentu juga tidak boleh terlalu banyak air, sehingga Anda perlu mencari informasi apa saja jenis tanaman yang membutuhkan banyak air dan apa saja jenis tanaman yang hanya membutuhkan sedikit penyiraman.

Penyiraman tanaman sendiri waktu yang paling baik adalah di pagi dan sore hari. Waktu siang hari kurang baik untuk melakukan penyiraman terhadap tanaman, sehingga sebaiknya Anda secara rutin menyiram tanaman Anda setiap hari pada pagi dan sore hari.

2. Antisipasi Hama dan Penyakit Tanaman

Cara merawat tanaman adalah Anda harus sigap terhadap serangan hama dan penyakit tanaman yang bisa terjadi kapan saja. Tanaman yang terserang hama dan penyakit tentu akan mengganggu pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Alhasil tanaman Anda akan rusak dan mati. Tidak mau kan hal ini terjadi.

Merawat tanaman dari serangan hama dan penyakit tergolong gampang-gampang susah. Terlebih serangan hama secara musiman yang cara mengantisipasinya lebih sulit. Sehingga melakukan pencegahan menjadi solusi yang jauh lebih baik daripada penanganan setelah masalah.

Di dalam upaya antisipasi serangan hama dan penyakit tanaman ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan di antaranya seperti di bawah ini:

  • Jaga kualitas tanah dengan cara memberikan nutrisi organik seperti kompos alami atau kotoran hewan.
  • Rotasi tanaman yaitu dengan cara menanam beberapa jenis tanaman yang berbeda di dalam satu musim.
  • Rajin memberikan gulma atau rumput pengganggu di sekitar tanaman agar memaksimalkan pertumbuhan dan perkembangan tanaman.

3. Hindari Pupuk Kimia

Agar tanaman Anda sehat dan berkualitas Anda juga memerlukan cara merawat tanaman yang baik dan sehat pula. Terutama jika tanaman tersebut tanaman yang akan Anda konsumsi, seperti sayur dan buah-buahan. Tentunya Anda membutuhkan cara yang sehat di dalam merawatnya, terutama dalam hal pemberian nutrisi pada tanaman.

Anda tentu paham salah satu cara menyuburkan tanaman adalah memberinya pupuk. Sebaiknya Anda menghindari pemberian pupuk kimia terhadap tanaman. Jika tanaman ini akan Anda konsumsi maka racun kimia juga akan ikut masuk ke dalam tubuh Anda.

Sebaiknya Anda menggunakan pupuk organik saja yang jauh lebih aman untuk kesehatan tanaman dan aman untuk Anda jika tanaman tersebut dikonsumsi. Pupuk organik bisa berasal dari pupuk kandang atau kompos organik.

4. Memilih Lokasi yang Terkena Sinar Matahari

Selain membutuhkan air, tanaman hijau juga membutuhkan sinar matahari yang cukup untuk melakukan proses fotosintesis, sehingga sebagai salah satu cara merawat tanaman yang baik termasuk memilih lokasi yang mudah mendapat sinar matahari.

Kebutuhan sinar matahari yang cukup terpenuhi akan sangat baik dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan tanaman.

5. Menjaga Kebersihan di Sekeliling Tanaman

Cara merawat tanaman yang terakhir adalah menjaga kebersihan di sekeliling tanaman seperti adanya sampah plastik dan rumput pengganggu. Anda harus rajin memperhatikan kebersihan di sekitar tanaman. Jika terlihat adanya sampah ataupun tanaman gulma sebaiknya langsung Anda singkirkan agar tanaman yang Anda rawat bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.

Itulah 5 cara merawat tanaman dengan tepat yang penting untuk Anda tahu. Jangan sampai tanaman yang Anda rawat tumbuh kerdil dan rusak karena kurangnya pengetahuan bagaimana cara merawat tanaman dengan baik dan benar. Semoga bermanfaat!

Tags: