Penanaman Buah Ceri

1 min read

Penanaman Buah Ceri – Buah ceri adalah buah yang sangat digemari oleh masyarakat jepang. Bunga buah ceri disebut juga dengan bunga sakura. Bunga sakura merupakan bunga yang terkenal dengan bunga jepang.

Penanaman Buah Ceri
Penanaman Buah Ceri

Dalam buah ceri terdapat kandungan antosianin, yaitu pigmen warna merah yang berfungsi sebagai antioksidan. Dengan mengonsumsi buah ceri secara rutin dapat membantu mengurangi kadar asam urat pada tubuh, selain itu juga dapat menyembuhkan pirai.

Cara penanaman buah ceri dapat dilakukan dengan menggunakan bibit yang berasal dari biji. Caranya adalah sebagai berikut :

  • Menyiapkan bibit buah

Untuk menyiapkan bibit adalah dengan mengambil buah yang sudah matang dengan sempurna atau dapat menggunakan buah ceri yang sudah jatuh. Pisahkan antara daging dengan bijinya, lalu bersihkan dan jemur dibawah sinar matahari hingga kadar air yang ditentukan tercapai. Dapat menggunakan alat ukur grain moisture meter.

Setelah dijemur selama seharian angkat dan letakan pada tempat yang teduh. Setelah itu, letakkan biji pada tempat yang dingin seperti lemari pendingin. Hal ini ditujukan agar biji mudah bertunas biarkan hingga satu minggu.

  • Teknik semai

Untuk melakukan penyemaian campurkan tanah, pupuk kendang, serta sekam yang sudah dibakar dalam pot atau polybag. Diamkan biji yang sudah dikeluarkan dari lemari pendingin selama satu jam. Setelah itu dapat dilakukan penyemaian pada biji.

Letakan bibit yang sedang disemai di tempat yang teduh, serta gunakan spray untuk menyiram bibit.

  • Menyiapkan lahan tanaman

Lahan tanaman yang digunakan dapat diletakan di dalam pot dan dapat pula ditanam langsung dalam lahan tanah.

Untuk menanam dalam lahan, langkah pertama adalah membuat lubang dengan ukuran 50 cm x 50 cm. Dengan kedalaman 50 cm. Campurkan pupuk kandang dengan tanah hingga 2/3 lubang. Diamkan selama 3 minggu hingga pupuk tercampur dengan sempurna.

  • Menanam bibit

Dengan membuka lahan semai lalu pindahkan bibit dari lahan semai merupakan cara mudah yang dilakukan untuk menanam bibit ke lahan.

  • Perawatan tanaman

Dapat dilakukan pemupukan menggunakan pupuk kandang, atau dengan rendaman pupuk kandang dan berikan pada tanaman.

  • Pemanenan buah

Buah ceri dapat dipanen ketika usia tanamn 3-4 tahun, ada pula tanaman yang berbuah pada usia 1,5 tahun. Tanaman yang berbbuah cepat tergantung dari cara penanaman cangkok atau okulasi.

Syarat Tumbuh Tanaman Durian

Syarat Tumbuh Tanaman Durian – Durian, buah yang satu ini siapa yang tidak mengenalnya. Buah yang mendapat julukan sebagai raja buah ini memang memiliki...
akubeni1
1 min read

Apa Itu Tanaman Hidroponik

Apa Itu Tanaman Hidroponik – tanaman hidroponik merupakan metode tanaman yang menggunakan media tanam air. Metode tersebut sering digunakan oleh masyarakat didaerah yang memiliki...
lindanw15
1 min read

Cara Menanam Buah Melon

Cara Menanam Buah Melon – melon merupakan buah yang memiliki bentuk seperti semangka, namun aslinya adalah suku labu. Buah yang umumnya memiliki daging berwarna...
lindanw15
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *