Ciri Mesin Mobil Yang Aus

Ciri Mesin Mobil Yang Aus – Kerusakan mesin merupakan hal yang ditakuti setiap pemilik kendaraan karena mesin berfungsi untuk menyediakan sumber tenaga agar mobil bisa bergerak. Jadi bila terdapat masalah pada mesin maka mobil akan sangat mungkin bisa mogok saat digunakan.

Ciri Mesin Mobil Yang Aus

Mesin kendaraan merupakan suatu kesatuan sistem yang terdiri dari berbagai komponen yang terdapat proses pembakaran 4 langkah untuk menghasilkan energi putar. Apabila salah satu bagian mengalami kerusakan maka akan berpengaruh terhadap komponen lain yang dapat menyebabkan mesin tidak bekerja secara efisien dan mogok.

Baca Juga : Proses Pembuatan Membuat Mesin Mobil

Namun sayangnya masalah ini sering tidak disadari oleh pemilik mobil, seringkali masalah kecil pada mesin dibiarkan dan akan mengakibatkan masalah yang lebih besar. Seringkali mobil juga menggunakan sistem peredam yang dipasang di dalam kabin, hal ini justru membuat pemilik kendaraan tidak dapat mendengar gejala kerusakan mesin mobil sejak dini.

Gejala Mesin Mobil yang Mulai Bermasalah

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah ciri – ciri mesin mobil Anda mulai mengalami masalah dan membutuhkan perawatan lebih lanjut :

1. Power Yang Menurun

Gejala awal yang paling mudah diketahui adalah menurunnya power mesin mobil Anda, bagi Anda yang sudah lama menggunakan mobil tentu hal ini akan dapat dengan segera Anda ketahui. Jangan Anggap remeh masalah ini karena dengan menurunnya power mesin mobil Anda berarti ada bagian inti mesin mobil Anda yang mengalami kerusakan.

Hal ini dapat berasal dari silinder dan ring piston yang aus. Apabila kedua bagian tersebut bermasalah maka akan berakibat kepada tenaga keluaran yang bermasalah. Biasanya para mekanik untuk mengetahui silinder atau piston yang sudah aus adalah dengan menggunakan alat ukur kekasaran atau roughness tester.

Alat ini akan menguji seberapa halus permukaan bagian tersebut karena silinder dan piston yang masih baik akan memiliki permukaan yang halus dan bila sudah tidak halus lagi maka akan berakibat pada rusaknya bagian tersebut. Selain hal tersebut masalah ini juga dapat berasal dari bagian injektor yang ditandai dengan lampu check engine yang menyala.

2. Suara Yang Lebih Kasar

Untuk saat ini suara mesin bensin dan diesel common rail pada mobil mobil penumpang sudah tidak bisa dibedakan lagi karena halusnya suara mesin. Hal ini disebabkan karena suara pembakaran sudah dikonversi secara keseluruhan pada mufler yang didesain khusus agar suara tetap tenang, namun bila terdapat suara selain dari suara pembakaran mesin maka dapat menjadi indikator dari adanya masalah pada mesin mobil Anda.

Sebagai contoh bila suara rantai timming terdengar dengan cukup jelas. Memang dalam keadaan normal rantai timming berbunyi namun bunyi tidaklah begitu terdengar. Bila bagian ini mengeluarkan bunyi yang cukup jelas maka bisa jadi rantai ini sudah mulai kendur dan rantai yang kendur dapat berpotensi putus, jika sudah putus maka mesin tidak dapat menyala.

3. Muncul Asap Hitam atau Putih di knalpot

Masih berkaitan dengan penyebab yang pertama tadi, ring dan silinder yang aus akan mengakibatkan tenaga mesin menjadi drop. Namun tidak hanya itu saja, ausnya ring dan silinder juga akan membuat oli mesin naik ke ruang pembakaran karena celah pada bagian tersebut semakin besar.

Baca Juga : Ciri-Ciri Oli Mesin Yang Baik

Bila hal ini terjadi maka mesin kendaraan kita akan seperti motor dua tak, oli itu akan terbakar yang mengakibatkan asap berwarna putih. Masalah ini akan mengakibatkan kerak yang berlebih di ruang bakar selain masalah turunnya power mesin. Dalam waktu dekat hal ini akan mengakibatkan beberapa masalah baru seperti brebet dan knalpot yang menembak.

Incoming search terms:

  • ciri ciri ring piston mobil aus
  • mengapa mesin kendaraan aus
  • mesin aus

Tags: