Daun Pisang Untuk Membungkus Makanan

Daun Pisang Untuk Membungkus Makanan – Makanan merupakan hal yang wajar untuk dilindungi kebersihannya. Maka dari itu, terciptalah pembungkus makanan. Dahulu, masyarakat menggunakan daun pisang untuk membungkus makanan.

Daun Pisang Untuk Membungkus Makanan
Daun Pisang Untuk Membungkus Makanan

Sebenarnya penggunaan plastik sudah sangat banyak sejak tahun 1860-an. Penggunaan plastik yang cukup mudah membuat masyarakat beralih dari pembungkus daun menjadi ke plastik. Jika ini diteruskan dapat menjadi efek buruk bagi kesehatan bumi.

Penggunaan daun pisang merupakan cara yang sama mudahnya, jika sudah digunakan daun pisang dapat dijadikan pupuk organik. Jika tidak kubur daun pisang, karena daun pisang merupakan bahan organik.

Beberapa makanan yang terbungkus daun pisang lebih sehat dibanding menggunakan kemasan plastik atau kertas. Namun, karena kemudahan menggunakan plastik menjadi acuan masyarakat beralih ke wadah tersebut.

Sebenarnya daun pisang memberi aroma yang khas bagi makanan yang terbungkus. Hal tersebut dikarenakan Daun pisang mengandung polifenol dalam jumlah besar yang sama seperti pada daun teh, berbentuk EGCG, sehingga menghasilkan aroma khas ketika menjadi bahan pelengkap makanan.

Makanan tradisional biasanya akan menggunakan daun pisang sebagai pembungkusnya. Seperti tempe, tape, pepes dan beberapa makanan lainnya. Namun, beberapa produsen beralih ke plastik.

Bayak yang menggunakan plastik untuk membungkus makanan. Beberapa waktu lalu, ada masyarakat yang menggunakan daun pisang untuk membungkus daging. Hal ini disebabkan karena mirisnya penggunaan kantong plastik untuk membungkus daging.

Jika daging dibungkus menggunakan plastik, maka beberapa zat kimia yang ada dapat berpindah ke daging. Daging yang sudah dipotong umumnya memiliki pH yang tidak sampai mencapai 5,3. Untuk mengukur pH daging dapat menggunakan pH meter Daging.

Penggunaan daun pisang ini digunakan untuk menjaga kualitas daging yang tersimpan. Kandungan yang ada dalam daun pisang akan menjaga dan membuat daging memiliki aroma yang baik. Selain itu, darah pada daging tidak akan merembes keluar, hal tersebut karena terdapat lapisan lilin alami pada bagian dalam daun pisang.

Beberapa manfaat dari daun pisang ada di bawah ini :

  • Mengobati luka bakar
  • Dapat menurunkan demam
  • Sebagai antioksidan
  • Mencegah peradangan
  • Obat batuk alami

 

Incoming search terms:

  • apakah daun pisang mengandung lilin