Fakta Tentang Gigi Manusia

1 min read

Fakta Tentang Gigi Manusia – Gigi manusia merupakan salah satu organ tubuh yang membantu melancarkan pencernaan kita pada tahap awal. Gigi berfungsi untuk mengunyak makanan sehingga memudahkan ketika dicerna, namun gigi kita mempunyai lebih banyak keunikan dan rahasia lainnya.

Fakta Tentang Gigi Manusia

Apa sajakah keunikan dan rahasia lainnya dari gigi kita yang mungkin belum Anda ketahui, mari kita simak beberapa fakta tersebut :

1. Gigi sudah terbentuk bahkan sebelum kita lahir

Gigi molar mulai terbentuk bahkan sebelum seorang bayi dilahirkan. Gigi ini akan tetap terbentuk setelah gigi susu keluar. Fakta lainnya adalah segala sesuatu yang dikonsumsi oleh ibu hamil juga akan berpengaruh terhadap gigi geraham bayi, oleh karena itu kiranya ibu hamil harus menjaga apa yang akan dikonsumsinya.

2. Jaringan terkeras dari tubuh manusia

Jika selama ini kita menganggap bahwa tulang adalah jaringan terkeras yang ada dalam tubuh kita maka hal tersebut ternyata salah. Bukan tulang yang menjadi jaringan terkeras dalam tubuh kita melainkan gigi yang bahkan lebih keras dibandingkan tulang.

Enamel yang terdapat dalam gigi ternyata mengandung mineral yang dapat mencapai 96%. Bahkan menurut pengukuran menggunakan alat hardness tester atau alat pengukur kekerasan dalam skala mohs antara 1 – 10, gigi manusia memiliki nilai yang cukup besar yaitu 5. Nilai ini hanya sedikit lebih rendah dari baja berkualitas baik yang dapat mencapai 6,5 skala mohs.

3. Menggigit kuku akan merusak gigi

Jika Anda memiliki kebiasaan menggigit kuku maka sebaiknya tinggalkan kebiasaan ini. Hal ini bukan karena kuku kita lebih keras dari gigi karena pada kenyataannya gigi kita jauh lebih kuat dari kuku. Menggigit kuku dapat menyebabkan gigi kita saling bergesekan yang justru akan melemahkan gigi kita sendiri.

4. Gula adalah musuh utama gigi

Makanan manis dan juga yang mengandung asam akan merusak gigi kita, sebagai contohnya adalah permen asam, soft drink yang akan membuat lapisan enamel gigi kita mengalami erosi.

5. Gigi kurang putih bukan berarti kurang sehat

Gigi yang tidak berwarna putih seperti salju bukan berarti gigi tersebut kurang sehat atau kurang terawat. Hal ini karena pada dasarnya warna gigi tidaklah putih salju seperti yang sering Anda bayangkan.

6. Gigi terbentuk melalui tiga tahap

Gigi manusia terbentuk dalam 3 tahap. Tahap pertama adalah tahap terbentuknya gusi yang kemudian barulah mahkota gigi akan terbentuk. Setelah itu akar gigi yang menempel pada rahang terbentuk.

7. Tidak semua orang memiliki gigi gerahan paling belakang

Gigi gerahan paling belakang biasanya tumbuh dengan menabrak gigi didekatnya yang menyebabkan susunannya tidak teratur. Hal ini membuat banyak orang yang mencabutnya, namun pada sebagian orang ada yang tidak memiliki gigi tersebut.

8. Gigi geraham paling cepat aus

Dalam mengunyak makanan mulai dari yang paling lembut hingga yang paling keras membuat gigi geraham ini menjadi gigi yang paling cepat aus dibanding gigi pada bagian lainnya.

Cara Mematangkan Buah Kurma

Cara Mematangkan Buah Kurma – Kurma merupakan buah yang masih satu family dengan palmaceae yang tumbuh subur di negara Arab saudi. Pohon kurma merupakan...
akubeni1
1 min read

Ciri – Ciri Semen Berkualitas

Ciri – ciri Semen Berkualitas – Semen merupakan salah material dalam bangunan yang berguna untuk mengikat semua jenis material atau agregat untuk membuat suatu...
akubeni1
1 min read

Jenis Beton dan Kegunaannya

Jenis Beton dan Kegunaannya – Salah satu bagian bangunan yang penting adalah beton yang merupakan hasil pencampuran antara agregat dan bahan pengikat. Karena kekuatannya...
akubeni1
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *