Harga Kepiting Bakau, Hewan Laut dengan Harga Jual Tinggi

Harga Kepiting Bakau – Siapa suka makan seafood? Para penyuka seafood umumnya menyukai berbagai olahan dari hewan kepiting. Kepiting merupakan hewan air yang memiliki cangkang keras dan capit di kedua sisi tubuhnya.

Harga Kepiting Bakau

Ada banyak jenis kepiting yang bisa ditemukan di perairan Indonesia, salah satunya kepiting bakau. Kepiting bakau merupakan salah komoditas potensial dengan harga kepiting bakau yang cukup tinggi. Meskipun bukan barang murah, banyak orang mencari kepiting jenis ini.

Sekilas Tentang Jenis dan Harga Kepiting Bakau

Kepiting bakau adalah hewan air yang biasa tumbuh dan hidup di daerah hutan bakau. Hewan yang satu ini punya habitat berupa pantai dengan air payau. Kepiting ini senang hidup di hutan bakau karena umumnya di hutan bakau kondisi lumpur yang tebal. Tak hanya di hutan bakau, kepiting ini juga bisa ditemukan di tempat lain seperti muara sungai. Berikut ini beberapa hal penting dan menarik tentang kepiting bakau:

1. Ciri-ciri tubuh

Kepiting bakau punya tubuh yang pendek dengan ukuran karapas yang lebih besar dari tubuhnya. Kepiting jenis ini punya 2 jenis kaki, yaitu kaki renang dan kaki jalan. Kaki renang digunakan ketika kepiting berada di laut dan kaki jalan digunakan ketika kepiting ada di daratan. Kepiting bakau jantan dan betina juga punya bentuk tubuh berbeda. Kepiting jantan bagian abdomennya menyerupai segitinya yang runcing, sementara itu bagian abdomen dari kepiting bakau betina lebih melebar.

2. Daur hidup

Kepiting bakau adalah kepiting yang cukup tangguh dan bisa hidup di kondisi perairan yang beragam. Daur hidup dari kepiting ini dimulai dengan matangnya kepiting betina ketika ukuran karapasnya sudah mencapai sekitar 80 sampai 120 mm dan kepiting jantan ketika ukuran karapasnya mencapai 90-110 mm. Kedua kepiting yang matang bisa melakukan perkawinan, kemudian kepiting betina akan memijahkan telurnya. Telur kemudian menetas dan berkembang menjadi larva kemudian pascalarva dan megalopa kemudian berkembang lagi menjadi kepiting dewasa.

3. Habitat hidup

Sudah sedikit disinggung sebelumnya bahwa kepiting ini gemar hidup di daerah hutan bakau. Memang benar, kepiting bakau suka hidup di lokasi yang berlumpur. Tiap fase kehidupan kepiting menyukai habitat yang berbeda. Kepiting muda lebih menyukai lokasi dengan salinitas yang tidak terlalu tinggi, akibatnya kepiting bakau muda bisa dengan mudah ditemukan di daerah pesisir pantai dan muara sungai yang punya air dengan kondisi salinitas yang biasanya rendah. Tak hanya itu, kepiting suka hidup di daerah dengan air yang bersih tanpa polutan karena kepiting menyukai kondisi air yang jernih dan tidak keruh.

4. Makan

Kepiting muda dan dewasa punya jenis makanan dan kebiasaan makan yang berbeda. Kepiting bakau muda suka menyantap plankton. Kemudain pada fase juvenil kepiting lebih menyukai pakan berupa detritur. Kepiting bakau dewasa bisa memakan apa saja termasuk bangkai karena masuk dalam kelompok (omnivorous scavenger). Beberapa jenis makanan yagn disukai oleh kepiting dewasa diantaranya adalah udang, ikan dan aneka jenis kerang-kerang.

Kepiting bakau ini bisa diolah jadi berbagai makanan lezat seperti kepiting saus padang, kepiting saus tiram dan masih banyak lagi olahan menarik lainnya. Anda bisa membeli olahan kepiting jadi atau membuat makanan olahan sendiri di rumah.

Biasanya kepiting jenis ini bisa didapat dengan mudah dengan harga kepiting bakaudidasarkan pada ukurannya. Agar tidak bingung dengan terbaru sebaiknya simak dulu daftar harga lengkap kepiting bakau berikut ini:

Daftar Harga Kepiting Bakau Terbaru

Jenis Kepiting BakauBeratHarga
Kepiting bakau jantan500 gramRp. 63.000
Kepiting bakau fresh kiloan1kgRp. 125.000
Kepiting bakau di singapura700gramRp. 200.000
Kepiting bakau papua500 gramRp. 75.000

Daftar harga kepiting di atas diambil dari berbagai sumber. Seandainya ada perbedaan harga maka hal itu adalah wajar.

Tags: