Iman Kepada Allah

1 min read

Pengertian dan Contoh Fungsi Iman Kepada Allah – Iman kepada Allah SWT merupakan pondasi keyakinan kita sebagai umat Islam kepada Allah SWT. Namun, tidak sedikit orang yang masih belum memahami pengertian dari kata iman itu sendiri.

Iman Kepada Allah

Karena ketidaktahuan mengenai pengertian iman itu sendiri, tidak sedikit orang mengartikan iman dengan definisi mereka sendiri. Kata Iman yang berasal dari Bahasa Arab memiliki arti percaya. Sedangkan menurut istilah, kata iman memiliki arti percaya dalam hati, diucapkan dengan lisan dan diamalkan dengan perbuatan.

Iman kepada Allah artinya meyakini dalam hati bahwa Allah SWT itu ada yang ditunjukkan dengan ucapan dan perbuatan yang mencerminkan keyakinan kita kepada Allah SWT.

Dalam Islam, terdapat 5 rukun iman yaitu, iman kepada Allah SWT, iman kepada malaikat, iman kepada kitab-kitab, iman kepada rasul-rasul, iman kepada hari kiamat dan iman kepada qada’ dan qadar.

Penting bagi umat Islam untuk mengetahui pengertian dan contoh fungsi iman kepada Allah.Allah SWT memiliki 3 jenis sifat. Berikut adalah 3 jenis sifat Allah SWT.

  1. Sifat Wajib. Sifat ini merupakan sifat yang pasti dimiliki oleh Allah SWT.
  2. Sifat Mustahil. Sifat ini merupakan sifat yang tidak mungkin dimiliki oleh Allah SWT.
  3. Sifat Jaiz. Sifat ini merupakan sifat yang serba mungkin bagi Allah SWT yang bisa terjadi sesuai dengan kehendak-Nya.

Fungsi Iman Kepada Allah

Iman kepada Allah merupakan kebutuhan mendasar bagi seseorang. Dalam Al Qur’an Surat An Nisa ayat 136, Allah memerintahkan agar umat manusia beriman kepada-Nya. Beriman kepada Allah SWT akan memberikan ketenangan dan kebaikan dalam hidup. Berikut adalah beberapa fungsi beriman kepada Allah SWT.

1. Menentramkan Hati Manusia

Allah SWT berfirman dalam Al Qur’an surat Ar Rad ayat 28 yang menjelaskan bahwa orang-orang yang beriman dan selalu mengingat Allah akan membuat hari mereka tentram.

2. Menambah Keimanan

Dengan mempercayai adanya Allah SWT membuat manusia yakin dan percaya bahwa mereka diciptakan hanya untuk beribadah kepada Allah SWT. Dengan begitu, manusia akan lebih bersyukur karena masih diberikan kesempatan untuk hidup di dunia.

3. Menambah Ketaatan

Orang yang di dalam hatinya terdapat keimanan kepada Allah SWT akan menjadikan memiliki acuan dalam hidup dan dalam bertindak. Ia akan taat menjankan perintah Allah dan menjauhi segala perbuatan yang dilarang oleh-Nya.

4. Menambah Kebahagiaan dalam Hidup

Orang yang memiliki keimanan kepada Allah SWT, akan merasa hidupnya terasa lebih bahagia. Meskipun ia mengalami masalah, ia percaya bahwa Allah SWT akan membantunya dalam menyelesaikan masalahnya di dunia.

Contoh Perbuatan yang Mencerminkan Iman Kepada Allah

Dalam kehidupan sehari-hari, banyak sekali perbuatan yang mencerminkan keimanan kita kepada Allah SWT. Berikut adalah beberapa contoh perilaku yang menunjukkan keimanan kepada Allah SWT.

1. Mendirikan Sholat

Dengan mendirikan sholat kita percaya dan selalu mengingat Allah SWT. Sholat merupakan salah satu cara manusia berkomunikasi dan lebih dekat dengan Allah SWT.

2. Menafkahkan Sebagian Rezekinya

Orang yang beriman percaya bahawa rezeki yang mereka miliki tidak semuanya ada hak mereka. Terdapat hak orang-orang yang lebih membutuhkan di dalam harta mereka. Untuk itu mereka akan dengan senang hati menafkahkan sebagian rezeki mereka kepada orang yang lebih membutuhkan.

3. Mampu Menahan Amarah

Menahan amarah merupakan hal yang sangat sulit bagi sebagian besar orang. Orang yang memiliki keimanan yang kuat kepada Allah, akan mampu meredam amarahnya karena percaya Allah merupakan hakim yang maha adil.

Kegunaan Klorin Dalam Kehidupan Sehari-hari

Kegunaan Klorin Dalam Kehidupan Sehari-hari – Klorin merupakan salah satu unsur yang ada di bumi dimana dalam keadaan murni atau alami dapat sangat reaktif...
akubeni1
1 min read

Cara Pencegahan Korosi

Cara Pencegahan Korosi dan Contohnya – Korosi atau karat merupakan hasil dari adanya reaksi antara logam dengan zat-zat yang ada disekitarnya. Korosi atau proses...
akubeni1
1 min read

Iman Kepada Rasul Allah

Pengertian dan Fungsi Iman Kepada Rasul Allah – Iman kepada Rasul Allah merupakan rukun iman yang ke empat. Sebagai umat muslim, kita harus percaya bahwa...
akubeni1
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *