Jurusan SMK yang Bagus untuk Masa Depan

Jurusan SMK yang Bagus untuk Masa Depan – Saat duduk dibangku SMP, para siswa umumnya enggan melanjutkan pendidikannya ke Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan lebih memilih masuh ke Sekolah Menengah Atas (SMA). Hal ini karena ada banyak anggapan negatif tentang SMK yang menurunkan pamornya.

Jurusan SMK yang Bagus untuk Masa Depan

Ada yang mengatakan SMK adalah sekolah untuk mereka yang keluarganya memiliki ekonomi di bawah rata-rata, istilahnya kurang prestige dipandang. Ada lagi yang beranggapan, SMK adalah ‘sekolah buangan’, jadi sebagian besar mereka yang tidak masuk SMA favorit akan masuk ke SMK.

Padahal, jika orientasi hidup seseorang setelah lulus kuliah atau lulus SMA bekerja, SMK adalah pilihan yang tepat. Bukan hanya itu, Anda yang memiliki passion besar di suatu bidang juga bisa mengembangkan passion-nya saat masuk ke SMK karena akan dilatih dan bahkan bisa menghasilkan materi.

Tidak seperti SMA yang mengharuskan mereka kuliah untuk menentukan jurusan dan mempelajari mata pelajaran umum, SMK dihadapkan dengan pilihan jurusan sejak awal. Jadi, semua yang akan siswa pelajari selama selama masa studi adalah sesuai dengan jurusan yang dipilih oleh siswanya.

Untuk sekolah lanjutannya, siswa bisa memilih studi perguruan tinggi atau langsung bekerja, tentunya sudah berbekal hard skill yang mumpuni. Seru, bukan? Lantas, apa saa jurusan SMK yang bagus untuk masa depan yang cerah dan menjanjikan?

5 Jurusan SMK yang Bagus untuk Masa Depan

1. Jurusan Animasi dan Multimedia

Di era digital saat ini banyak orang membutuhkan skill informatika yang baik, berikut juga cara penyampaiannya. Animasi dan Multimedia adalah yang kini sedang sangat dibutuhkan. Di jurusan animasi, murid akan mempelajari bagaimana membuat animasi, mulai dari storyboard hingga praktik, dan sebagainya. Sedangkan, jurusan multimedia, murid akan diajarkan seputar pengembangan multimedia, permainan, website, hingga produksi sebuah film atau industri media. Setelah lulus dari kedua jurusan ini, Anda bisa menjadi animator, layouter, desain grafis, bahkan produser.

2. Jurusan Broadcasting

Kita sadar, selama 24 jam media penyiaran selalu menyiarkan program terbaiknya. Tentunya, hal ini membuauthkan broadcaster profesional dan handal dibidangnya untuk mendukung kemajuan media penyiaran. Rata-rata SMK kini telah memiliki jurusan broadcasting yang memberikan lapangan pekerjaan dan mendukung passion Anda di dunia media.

3. Jurusan Farmasi

Salah satu jurusan di bidang kesehatan selain dokter, yang menjajikan dan sangat dibutuhkan di sepanjang kehidupan adalah farmasi. Di jurusan ini, para murid akan diajarkan tentang bahan-bahan kimia hingga segala hal tentang peracikan obat. Pada praktik kerja lapangan untuk mengasah skill, para murid diterjunkan dan berkontribusi langsung di Apotek hingga Rumah Sakit sebagai tenaga farmasi.

4. Jurusan Tata Busana

Siapa bilang alumni jurusan Tata Busana berakhir dengan menjadi tukang jahit? Anda yang tertarik dengan dunia fashion dan semacamnya cocok mengambil jurusan ini. Disini murid tidak hanya diajarkan menjahit, tapi juga dibekali hal-hal lainnya yang menyokong industri fashion. Mulai dari cara membuat pola, finishing, belajar tentang bahan, dan sebagainya. Bagi Anda yang tertarik menjadi designer, Anda bisa memperdalamnya dengan mengambil kuliah jurusan fashion design. Tentu akan lebih mudah bagi Anda mengikuti mata kuliahnya karena memiiki dasar tentang dunia fashion.

5. Teknik Ototmotif dan Elektronika

Kedua jurusan ini teknik ini tentu saja sepanjang masa akan sangat dibutuhkan. Pada jurusan teknik otomatif, siswa akan diajarkan dengan mesin otomotif hingga cara merakitnya. Sedangkan, pada teknik elektronik mempelajari tenaga listrik dan elektromagnetik.

Tags: