Kaca Paling Kuat Saat Ini

1 min read

Kaca Paling Kuat Saat Ini – Kaca merupakan bahan atau material bening yang sering kita temui sehari – hari. Mungkin selama ini kita beranggapan bahwa bahan kaca adalah benda atau bahan yang mudah pecah karena sangat rapuh, namun sebentar lagi anggapan seperti ini akan segera hilang.

Kaca Paling Kuat Saat Ini

Hal ini karena seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, kini sudah ditemukan sebuah material bening yang dapat dibuat menjadi kaca yang super kuat. Kaca ini merupakan kaca yang jauh lebih kuat dari kaca yang ada saat ini bahkan digadang – gadang sekeras baja.

Kini tengah dikembangkan jenis kaca baru yang memiliki kekuatan sangat keras, bahkan sekeras baja yang sedang diteliti oleh para ilmuwan dan peneliti di Jepang. Jenis kaca ini merupakan inovasi terbaru yang akan membuat kaca yang kuat dan anti pecah seperti halnya kaca saat ini yang sering dibuat menjadi piring atau gelas.

Menurut asisten profesor di Universitas of Tokyo Institute of Industrial Science, Atsunobu Masuno, “Kami akan membentuk cara untuk memproduksi massal bahan baru secepatnya”. Selain itu dia juga menambahkan kalau dalam waktu lima tahun tim mereka akan mengusahakan cara untuk mengkomersilkan teknik ini.

Kaca oksida sebagai bahan utama yang terdiri dari silikon dioksida. Ditambah dengan kekuatan yang sudah ditingkatkan karena campuran dari alumina, oksida dari aluminium. Kekuatan kaca jenis ini dapat diuji menggunakan alat ukur kekerasan atau hardness tester. Dengan mengukurnya menggunakan alat ini kita akan mengetahui bahwa kekerasan kaca ini jauh dari kaca biasa.

Namun kendalanya saat ini adalah sulitnya bagi para ilmuwan untuk membentuk kaca yang mengandung alumina dalam skala besar. Hal ini disebabkan karena oksida menyebabkan pengkristalan jika kaca dimasukan dan melakukan kontak langsung dengan wadahnya.

Namun dengan teknik pengolahan containerless kini mereka dapat mengatasi masalah tersebut. Teknik ini memiliki cara kerja dimana mereka menggunakan gas untuk mendorong komponen kimia ke udara dimana mereka mensintesiskan untuk membentuk kaca, demikian seperti yang dilansir dari The Asahi Shimbun.

Dari proses tersebut terciptalah kaca yang tidak berwarna alias transparan dan sangat keras karena sekitar 50 persen bahan pembentuknya merupakan alumina. Menurut para ilmuwan, jenis kaca yang memiliki kekuatan seperti halnya besi dan baja yang tentunya akan jauh lebih kuat dibanding kaca konvensional yang ada saat ini.

Incoming search terms:

  • jenis kaca paling kuat
  • kaca paling kuat

Konstruksi Gedung Pencakar Langit

Konstruksi Gedung Pencakar Langit – Tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan bangunan gedung-gedung menjulang tinggi diperkotaan. Tentunya kita juga sudah tahu apa penyusun...
tribagas34purbalingga@gmail.com
1 min read

Pilih Jasa SEO atau Jasa Backlink?

Mungkin Anda sempat berfikir saat membaca tulisan di dunia maya (internet) ada yang membuka jasa SEO VS jasa backlink, terus apa bedanya? Jasa SEO...
akubeni1
1 min read

Laptop Tipis Murah

Laptop tipis kini sudah bukan barang langka lagi. Pabrikan laptop populer seperti Lenovo, Asus, Dell, Acer hingga HP berlomba-lomba mengeluarkan varian laptop tipis versinya...
akubeni1
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *