Kelebihan Jalan Beton Dibanding Jalan Aspal

1 min read

Kelebihan Jalan Beton Dibanding Jalan Aspal – Jalan yang sering ditemui merupakan jalan aspal. Namun, banyak pula dikota besar maupun daerah yang memakai jalan beton, contohkan saja jalan tol yang memakai jalan beton.

Kelebihan Jalan Beton Dibanding Jalan Aspal
Kelebihan Jalan Beton Dibanding Jalan Aspal

Memang jalan aspal lebih mudah untuk pengerjaannya. Namun, keawetan lebih memihak kepada jalan beton. Untuk itu banyak jalan besar yang memakai beton sebagai referensinya. Untuk itu simak beberapa kelebihan jalan beton dibandingkan dengan penggunaan jalan aspal.

Diantara kelebihannya adalah :

  • Menahan beratnya kendaraan pengangkut

Kendaraan pengangkut yang biasanya mencapai berat berton ton, dapat merusak jalanan. Namun tidak dengan jalan beton, umumnya jalan beton memiliki ketebalan yang maksimal. Hal tersebut diperuntukan agar jalan tidak mudah berlubang karena beban kendaraan yang berat.

Ketebalan pada beton memiliki beberapa fungsi, untuk ketahanan jalan. Untuk mengukur ketebalan beton dapat menggunakan alat ukur ketebalan beton.

  • Tahan terhadap banjir serta genangan air

Genangan ari terjadi akibat jalanan yang berlubang. Hal tersebut sangat mengganggu. Begitu pula jika sudah terjadi banjir, jalanan akan makin parah dan beberapa material bangunan seperti batu akan terbawa arus dan menyebabkan jalan menjadi makin parah.

Hal tersebut tidak akan terjadi pada jalan beton. Karena proses yang baik serta komposisi beton yang baik membantu manjaga jalan dari terjangan banjir yang merusak jalan.

  • Biaya perawatannya yang lebih murah

Material pada beton memiliki material yang lebih murah dibandingkan dengan jalan aspal yang harus menggunakan aspal. Aspal tersebut memiliki harga yang lebih mahal dibanding dengan komponen pada beton yang merupakan campuran semen, batu dan juga pasir.

Selain biaya yang murah dan bahan yang mudah ditemukan, pengerjaan jalan yang berlubang pada beton mudah dikerjakan dan tidak butuh waku lama untuk menunggu perbaikan kering.

  • Material yang mudah didapat

Seperti yang telah dibahas diatas, bahan untuk memperbaiki jalan beton mudah ditemukan. Hanya dengan menggunakan, batu, semen, pasir dan beberapa material yang dapat ditemukan di toko bangunan dengan harga yang murah dapat memperbaiki jalan dengan mudah.

Tips Membeli Alat Ukur

Tips Membeli Alat Ukur – Mengukur tak semudah bicara, itu dulu, kalau sekarang mengukur semudah bicara, karena sudah banyak alat ukur dengan sistem pembacaan...
akubeni1
1 min read

Pengertian Iman Kepada Malaikat

Pengertian iman kepada malaikat adalah salah satu pengertian yang harus diketahui dan dipahami oleh umat islam. Ada 6 rukun iman yang semuanya wajib diketahui,...
akubeni1
2 min read

Proses Pembuatan Keju

Proses Pembuatan Keju – keju merupakan makanan yang dihasilkan dari proses pemisahan zat zat padat dalam susu yang dihasilkan melalui proses pengentalan atau koagulasi....
lindanw15
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *