Bentuk Dan Dampak Perubahan Sosial Budaya

Bentuk Dan Dampak Perubahan Sosial Budaya – Semakin perkembangnya zaman tentu diikuti dengan perubahan-perubahan lain di berbagai bidang, salah satunya di bidang sosial budaya. Ada banyak sekali hal yang berubah di dalam perjalanan suatu negara, dalam hal ini Indonesia yang merupakan dampak dari adanya perubahan sosial budaya ini.

Bentuk Dan Dampak Perubahan Sosial Budaya

Sebagai warga negara yang baik sudah seharusnya Anda mengetahui apa saja dampak perubahan sosial budaya yang bisa mempengaruhi kondisi masyarakat. Diusahakan perubahan ini berubah ke arah yang lebih baik bukan justru jadi semakin carut marut.

Beberapa Hal Penting Terkait Bentuk dan Dampak Perubahan Sosial Budaya

Pertama-tama akan dibahas lebih dulu tentang bentuk dari perubahan sosial yang terjadi di masyarakat. Bentuk perubahan sosial ini pun masih bisa dikategorikan ke dalam beberapa kelompok yaitu:

1. Berdasarkan pengaruhnya

Dilihat dari pengaruh yang ditimbulkannya, perubahan sosial budaya bisa dipisahkan menjadi perubahan sosial yang menimbulkan pengaruh kecil dan besar. Pengaruh kecil tidak langsung dirasakan oleh masyarakat setelah terjadinya perubahan sosial budaya. Sementara itu pengaruh yang besar tentunya dapat langsung terasa di masyarakat.

2. Berdasarkan prosesnya

Jika dilihat dari proses terjadinya, bentuk perubahan sosial dan budaya ini dapat dibedakan menjadi proses revolusi dan evolusi. Revolusi merupakan sebuah perubahan yang terjadi dalam waktu yang cukup singkat. Prosesnya yang terjadi dengan cepat membuat perubahan ini perlu diatur dan dipimpin oleh kelompok tertentu. Selain revolusi ada juga proses evolusi yang terjadi secara lebih lama.

3. Berdasarkan hasilnya

Bentuk perubahan sosial budaya juga bisa dilihat dari hasil yang diperoleh. Hasil ini dibedakan menjadi progress dan regress. Bentuk perubahan progress adalah perubahan sosial budaya yang bergerak ke arah positif dan lebih baik. Sebaliknya, perubahan regress adalah perubahan yang justru membawa dampak negatif dan kemunduran.

Setelah tahu beberapa bentuk dari perubahan sosial budaya ini, sekarang beralih ke dampak yang ditimbulkan oleh perubahan sosial budaya yang bersifat positif berikut ini:

1. Peningkatan kesejahteraan masyarakat

Perubahan sosial budaya membuat wawasan masyarakat juga semakin terbuka yang membuatnya menjadi lebih produktif. Produktivitas yang bertambah juga membuat pundi-pundi rupiah meningkat sehingga tingkat kesejahteraan pun menjadi lebih baik.

2. Penurunan tingkat diskriminasi terhadap wanita

Semakin luasnya wawasan membuat emansipasi wanita pun semakin dipahami dengan baik oleh masyarakat. Hasilnya tingkat diskriminasi terhadap wanita pun menurun dan kini ada pembagian kerja yang baik antara wanita dan pria.

3. Moderninasi teknologi

Saat ini teknologi yang sudah semakin maju menghasilkan banyak peralatan canggih yang tentunya juga berpengaruh terhadap kehidupan manusia. Adanya teknologi yagn semakin canggih ini memberikan banyak kemudahan yang ikut andil dalam peningkatan produktivitas manusia.

Jika ada dampak positif yang dihasilkan, tentunya ada pula dampak negatif yang menyertainya. Adapun dampak negatif dari perubahan sosial budaya ini diantaranya:

1. Orang cenderung menjadi lebih individualis

Masyarakat Indonesia yang dulunya memegang budaya kekeluargaan serta aktif bersosialisasi dengan masyarakat sekitar makin lama makin terkikis dan berubah menjadi lebih individualis.

2. Menurunnya moral dan tata krama

Modernisasi juga berpengaruh terhadap semakin turunnya kualitas moral bangsa. Anak muda sekarang sudah jauh meninggalkan beberapa nilai-nilai moral yang dulu dipegang teguh seperti tata krama terhadap orang yang lebih tua dan banyak hal lainnya.

3. Meningkatnya pola hidup konsumtif

Perubahan sosial dan budaya juga bisa membuat masyarakat menjadi lebih konsumtif. Meningkatnya pola hidup konsumtif ini bisa disebabkan karena kesejahteraan yang meningkat serta mudahnya mengakses berbagai informasi yang menjadikan orang saling iri satu sama lain.

Itu tadi sedikit ulasan tentang bentuk dan dampak perubahan sosial yang terjadi di masyarakat belakangan ini. Ulasan ini dapat membantu membuka wawasan tentang Anda mengenai kondisi masyarakat sekarang untuk bisa lebih peka dengan lingkungan sekitar.

Tags: