Khasiat Biji wijen Bagi Kesehatan

Khasiat Biji wijen Bagi Kesehatan – Wijen merupakan bijian yang biasanya akan digunakan sebagai topping membuat onde onde atau makanan lainnya. Wijen digunakan selain untuk menambah cita rasa, namun juga memiliki khasiat yang baik untuk tubuh.

Khasiat Biji wijen Bagi Kesehatan
Khasiat Biji wijen Bagi Kesehatan

Wijen yang biasanya digunakan untuk campuran tersebut ternyata merupakan tanaman yang memiliki tinggi 60-120 cm saja. Wijen yang masak akan mengering dan mudah lepas. Untuk mengukur kadar air pada  wijen dapat menggunakan grain moisture meter.

Wijen memiliki banyak kandungan. Maka dari itu manfaat yang dapat diperoleh dengan mengkonsumsi wijen secara bijak, diantaranya adalah :

1. Mengontrol tekanan darah

Kandungan magnesium pada wijen dapat membantu mengontrol tekanan darah dan mengurangi darah tinggi. Selain itu minyak dalam wijen dapat membantu mengurangi ketegangan pada system kardiovaskular.

2. Mencegah kanker

Kandungan antioksidan pada wijen membantu menangkal radikal bebas yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Kandungan yang mempengaruhi adanya antioksidan adalah adanya kandungan lain seperti vitamin, mineral, kandungan fitat, dan efek anti-karsinogenik.

3. Menyembuhkan diabetes

Wijen dapat membantu menyembuhkan diabetes dengan mempengaruhi obat diabetes. Magnesium dalam minyak wijen dapat membantu mengatur kadar insulin dan glukosa dalam tubuh sehingga mengurangi resiko diabetes.

4. Menguatkan tulang

Kandungan mineral seperti seng, kalsium, dan fosfor dapat membantu menguaatkan tulang dan mengurangi resiko osteoporosis. Mineral tersebut membantu memperbaiki tulang yang keropos atau mungkin cedera.

5. Melancarkan pencernaan

Kandungan serat pada wijen dapat membantu melancarkan pencernaan. Dengan merangsang gerak pristaltik pada usus halus. Namun, konsumsi wijen berlebihan dapat menyebabkan radang pada usus halus.

Wijen dapat membantu mengatasi pencernaan seperti sembelit, diare dan beberapa penyakit lain. Selain itu wijen juga mengurangi kolesterol LDL yang membahayakan pembuluh darah dan jantung.

6. Kesehatan mulut

Minyak wijen dapat dijadikan untuk menjaga kesehatan mulut. Minyak wijen dapat membantu mengurangi perkembangan bakteri Streptococcus yang membahayakan kesehatan rongga mulut.

7. Kesehatan kulit

Minyak wijen dapat membantu mencegah penuaan dini. Hal ini karena kandungan seng pada wijen dapat membantu memperkuat jaringan otot, rambut dan juga kulit.

Tags: