Logam Paling Kuat Di Dunia

Logam Paling Kuat Di Dunia – Apakah Anda pernah menonton film – film marvels? dalam salah satu serial film marvels yaitu The Avengers Age of Ultron dikatakan bahwa vibranium adalah logam terkuat yang ada di bumi. Dalam cerita film tersebut unsur logam ini diceritakan ditemukan di benua hitam yaitu Afrika Selatan.

Logam Paling Kuat Di Dunia

Dalam cerita fiksi marvels juga diceritakan bahwa logam ini juga dibuat menjadi perisai atau tameng Captain America. Seperti yang kita tahu bahwa dalam serial marvels tameng tersebut merupakan tameng yang kuat dan tidak hancur meski terkena serangan yang kuat.

Dalam serial The Avengers Age of Ultron juga diceritakan bahwa Ultron sebagai materi utama pembuatan tubuh bio-organiknya menggunakan unsur vibranium ini. Lalu yang menjadi pertanyaan selanjutnya adalah benarkah vibranium adalah logam yang terkuat ada di bumi?

Jawabannya adalah “Tidak”, logam yang diceritakan dibuat dari batu meteor yang turun di Afrika Selatan tersebut ini hanyalah karangan fiksi dalam film tersebut. Lantas dalam dunia nyata ini apakah jenis logam terkuat tersebut? Berikut akan kita bahas dalam artikel ini.

Hingga saat ini sekalipun julukan logam terkuat yang ada di bumi masih diperdebatkan oleh para ilmuwan. Untuk mendapatkan julukan sebagai logam terkuat maka logam tersebut harus ditinjau dari segi kerapatan molekul, kekuatan tarik, dan ketahanan terhadap korosi.

Hingga saat ini setidaknya ada tiga buah logam yang dinyatakan sebagai logam terkuat yang ada di bumi, apa sajakah logam tersebut? berikut penjelasannya :

1. Tungsten / Wolfram (W)
Tungsten ini merupakan logam yang mempunyai warna abu – abu dan biasanya terdapat dalam bentuk campuran yang terdapat dalam beberapa elemen kimia. Kepadatan logam jenis ini dapat dikatakan sangat tinggi yaitu sekitar 19,3 kali lebih padat dari pada air dan 71% lebih padat dari pada timah. Selain itu logam jenis ini juga masih sedikit lebih padat di atas uranium. Hal ini tentu yang menjadikan pertimbangan bahwa logam ini merupakan logam yang terkuat yang ada di bumi. Namun logam ini mempunyai sifat brittle (rapuh) yang menjadi salah satu kelemahannya, oleh karena itu logam ini sering digunakan sebagai alloy (panduan) pada logam.

2. Osmium (Os)
Jenis logam osmium adalah logam transisi yang mana dalam keadaan alami di alam ini merupakan salah logam terdapat yang ditemukan. Kepadatan osmium adalah 2 kali lebih besar dibandingkan dengan timah yang nilai densitasnya sebesar 22,59 g/cm3. Tingkat kekerasan dan nilai ini dapat diukur menggunakan alat ukur kekerasan atau hardness tester yang memang digunakan untuk mengukur kekerasan logam. Logam jenis ini memiliki sifat yaitu kepadatan tinggi, kekerasan tinggi, dan titik lebur yang tinggi pula yang kurang lebih hampir sama seperti logam tungsten.

3. Titanium (Ti)
Dibandingkan dengan logam jenis tugsten dan osmium maka titanium ini memiliki kepadatan yang sedikit lebih rendah. Namun logam jenis Titanium ini adalah jenis logam yang memiliki kekuatan tinggi, kelenturan tinggi, tahan terhadap kororsi. Selain itu logam jenis ini juga memiliki titik lebur yang tinggi hingga 1.650°C atau 1.923K dan kekuatan tarik yang dapat mencapai 63.000 psi.

Karakteristik logam titanium ini sama kuat dengan baja tapi namun memiliki berat hanya 60% dari berat baja. Selain itu titanium juga memiliki kekuatan lelah yang lebih tinggi dari pada logam paduan aluminium, tahan terhadap suhu tinggi. Dengan rasio berat – kekuatan yang lebih rendah dibandingkan dengan aluminium maka komponen – komponen yang dibuat menggunakan titanium memerlukan ruang yang lebih sedikit dibanding dengan aluminium.

Incoming search terms:

  • logam terkuat
  • avergers yang paling kuat
  • logam paling kuat
  • logam terkuat di
  • logam terkuat di bumi