Makanan Penyebab Tulang Keropos

1 min read

Makanan Penyebab Tulang Keropos – Anda pasti sudah tahu bahwa kalsium dan vitamin D dibutuhkan untuk membangun tulang yang kuat. Namun sering kali kita tidak menyadari ada beberapa jenis makanan yang berpotensi untuk mengeroposkan tulang.

Jenis Makanan Penyebab Tulang Keropos

Meskipun pada dasarnya beberapa jenis makanan tersebut mempunyai khasiat yang baik, namun bila dikonsumsi secara berlebihan maka dapat membuat tulang Anda keropos lama – kelamaan. Beberapa jenis makanan penyebab tulang keropos tersebut adalah sebagai berikut :

1. Terlalu banyak protein hewani

Untuk membuat tulang Anda padat memerlukan asupan protein yang cukup, namun bila Anda mengonsumsi terlalu banyak protein maka tubuh akan memproduksi senyawa bernama sulfat. Senyawa ini dapat menyebabkan kalsium keluar dari tulang dimana efek ini lebih banyak terjadi bila kita terlalu banyak mengkonsumsi protein hewani.

Menurut penelitian yang dilakukan Nurses Health Study II yang dipimpin Harvard Medical School, menyimpulkan bahwa mereka yang mengkonsumsi daging merah minimal 5 kali perminggu mempunyai resiko patah tulang lebih tinggi dibandingkan dengan yang mengkonsumsinya sekali seminggu. Hasil ini didapatkan dengan melakukan observasi pada 116.686 wanita dalam waktu 10 tahun.

2. Peran kafein

Menurut sebuah penelitian terbaru yang dilakukan Swedish Department of Toxicology’s National Food Administration, menemukan bahwa wanita yang meminum paling tidak 330 miligram kafein atau setara 4 cangkir kopi dapat meningkatkan resiko patah tulang. Sekitar 31.527 orang wanita berusia sekitar 40 – 76 tahun yang menjadi respondennya. Resiko akan semakin meningkat bila orang tersebut kurang mengkonsumsi kalsium. Hal ini tidak ditemukan pada konsumsi teh karena kafein dalam teh tidak sebanyak yang ada di dalam kopi.

3. Makanan yang mengandung fosfor

Framingham Osteoporosis Study baru – bari ini melakukan penelitian dengan mengukur kepadatan mineral tulang pada punggung dan pinggul. Penelitian ini dilakukan pada sekitar 1.413 perempuan dan 1.125 laki – laki dengan perbandingan frekuensi mereka mengkonsumsi minuman ringan. Hasilnya menunjukkan bahwa konsumsi soda maupun diet soda akan berpotensi membuat tulang keporos terlabih pada wanita.

Hal ini menunjukkan bahwa bukan hanya kafein yang terdapat dalam minuman ringan yang dapat membuat tulang keropos namun juga kandungan fosfor di dalamnya. Oleh karena itu kita harus benar – benar membatasi konsumsi minuman ringan agar tidak berakibat fatal.

4. Awasi retinol vitamin

Penelitian yang dilakukan oleh Nurses Health Study II menemukan bahwa wanita yang mengkonsumsi sekitar 3.000 mcg atau lebih vitamin A akan meningkatkan resiko patah tulang panggul dua kali lipat dibanding wanita yang mengonsumsi 1.500 mcg atau kurang vitamin A. Meskipun dalam pertumbuhan tulang memang membutuhkan vitamin namun terlalu banyak mengkonsumsinya dapat meningkatkan resiko tulang keropos. Hal ini karena retinol vitamin A akan mengganggu penyerapan vitamin D, yang pada gilirannya menyebabkan keropos tulang.

5. Hindari alkohol dan soda yang berlebihan

Mengkonsumsi alkohol maupun minuman bersoda akan menghalangi penyerapan kalsium dan vitamin D yang diperlukan untuk tulang. Selain itu pada dasarnya minuman tersebut bersifat asam atau memiliki pH di bawah 7 pH yang dapat Anda ukur menggunakan alat ukur pH. Oleh karena itu sebaiknya Anda membatasi konsumsi alkohol atau bahkan dihjindari saja.

Gejala TBC

Gejala TBC – Ada beberapa nama penyakit yang mungkin tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Dibelakangi oleh faktor-faktor khusus seperti kondisi cuaca di Indonesia, atau pun...
akubeni1
3 min read

Manfaat Daun Sirsak

Manfaat Daun Sirsak- Bersantai di siang hari yang terik sambil menikmati segarnya buah sirsak tentu merupakan sebuah kenikmatan. Apalagi jika buah sirsak diambil dari kebun sendiri....
akubeni1
3 min read

Ciri-Ciri Orang Hamil

Ciri-Ciri Orang Hamil – Hamil dan melahirkan merupakan impian hampir semua wanita untuk menyempurnakan kodratnya. Pasangan-pasangan suami istri yang belum lama menikah biasanya sudah sangat menantikan datangnya...
akubeni1
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *