Manfaat Acar Timun

Manfaat Acar Timun – Acar siapa yang tidak tau dengan olahan sayuran yang satu ini. Acar memiliki beragam variasi, dengan bahan baku yang pastinya berbeda pula.

Manfaat Acar Timun
Manfaat Acar Timun

Acar memiliki bahan yang beragam, seperti timun, wortel, bawang merah, atau juga nanas, dan beberapa sayuran lainnya. Rasa asam yang ada pada acar diciptakan karena adanya cuka didalamnya.

Pembuatan acar sangat mudah cukup dengan mencampurkan semua bahan yang telah dicuci dan dipotong dadu. Untuk memudahkan dalam mencuci semua bahan, dapat menggunakan pembersih ultrasonic buah dan sayur.

Setelah semuanya masuk ke wadah, masukan cuka, air dan garam secukupya. Tutup dan biarkan seharian. Acarpun jadi.

Cara yang mudah untuk membuat acar, namun tidak sebanding dengan manfaat yang terkandung dalam acar. Diantaranya adalah :

  • Mengobati diabetes

Timun memang memiliki kandungan yang dapat membantu mengontrol gula darah. Untuk itu, dapat mengkonsumsi timun secara langsung atau acar timun dengan berbagai campuran lain. Seperti bawang merah yang baik untuk mengontrol gula darah.

  • Menjaga kolesterol

Dengan mengkonsumsi acar yang mengandung bawang merah serta timun dapat membantu menetralisir kolesterol jahat serta lemak dalam tubuh. Terbukti keduanya mampu menjaga kolesterol jahat dan menjaga berat badan.

  • Mengontrol tekanan darah

Timun mampu menjaga dan mengontrol tekanan darah yang tinggi.

  • Mencegah sembelit

Kandungan serat yang ada dalam sayuran dalam acar, mampu mencegah dan mengobati sembelit. Hal tersebut dikarenakan kandungan serat yang berlimpah. Selain itu, kandungan serat dapat membantu mengatasi beberapa masalah pencernaan.

  • Antioksidan

Sayur yang ada dalam acar dapat membantu menjaga tubuh dari radikal bebas. Hal tersebut dikarenakan adanya kandungan antioksidan didalamnya. Selain itu, acar dapat menjadi anti bakteri yang artinya konsumsi acar timun dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

  • Mencegah dehidrasi

Biasanya kandungan air yang ada pada timun dan beberapa sayur lain mampu membuat tubuh memiliki pasokan air yang cukup. Sehingga mencegah tubuh mengalami dehidrasi.

  • Menjaga kesehatan kulit

Kandungan vitamin e dalam acar dapat membantu menyehatkan kulit.

  • Mengurangi peradangan

Kandungan dalam acar dapat membantu mengurangi peradangan, salah satunya adalah peradangan yang disebabkan oleh asam lambung yang naik.