Manfaat Jambu Air

Manfaat Jambu Air – Pernahkan anda mendengar istilah jambu air? Jambu air merupakan salah satu jenis jambu yang ada di Indonesia. Jambu yang satu ini mengandung banyak air sehingga dijuluki dengan nama jambu air.

Manfaat Jambu Air
Manfaat Jambu Air

Seperti yang telah dibahas, jambu air mengandung banyak air sehingga dapat membantu mengurangi dehidrasi ketika musim panas tiba. Jambu air biasanya terasa manis dan sedikit asam dan dengan air yang cukup banyak di dagingnya. Jambu air memiliki kesamaan dengan jambu semarang. Namun, keduanya sering dianggap sam saja karena memiliki bentuk fisik yang sama.

Jambu air memiliki ciri fisik yang unik, yaitu memiliki bentuk menyerupai lonceng dengan mahkota yang ada di bagian ujung. Jambu air memiliki kulit buah berbeda warna, dari warna putih, kekuningan, hijau, merah muda hingga merah tua. Namun, daging buah masih sama dan berwarna putih dengan tekstur daging menyerupai busa dan kandungan air yang tentu banyak.

Dalam mengukur kandungan air yang ada dalam buah, kita dapat mengukurnya dengan mudah menggunakan moisture meter, fruit moisture yang dikhususkan untuk mengukur berapa sebenarnya kadar air dalam buah tersebut.

Lalu apa saja ya manfaat yang terkandung dalam jambu air ini. Simak beberapa manfaat jambu air untuk kesehatan kulit yang ada di bawah ini :

  • Mencerahkan kulit

Kulit yang kusam akan menjadi penghalang percaya diri seseorang. Maka dari itu, berbagai produk kecantikan akan digunakan untuk mencerahkan kulit. Namun, hal tersebut tidak perlu dilakukan, karena ada cara yang lebih alami. Cara tersebut menggunakan jambu air. Kandungan vitamin C yang ada membuat kulit menjadi lbih cerah.

  • Mencegah kerutan

Oksidasi yang ada di kulit membuat ke elastisan kulit menjadi berkurang. Untuk mencegah kerutan dan mengembalikan keelastisan kulit, dapat mengkonsumsi jambu air.

  • Mencegah penuaan

Kandungan vitamin yang ada membantu mencegah penuaan dini yang disebabkan karena beberapa factor seperti sinar uv yang merusak kulit.

  • Kulit bercahaya

Jambu biji mengandung selenium yang baik untuk melancarkan peredaran darah. Dengan lancarnya peredaran darah, maka kulit akan lebih mudah merontokan sel kulit mati. Sehingga sl kulit baru yang lebih bercahaya akan timbul.