5 Contoh Tumbuhan Dikotil

Inilah contoh tumbuhan dikotil yang bisa untuk dijadikan contoh tumbuhan yang mempunyai biji berkeping dua. Untuk memudahkan dalam mengingatnya cukup lihat huruf depannya saja Dikotil > D= Dua maka tumbuhan dikotil merupakan jenis tumbuhan yang bijinya berkeping dua. Ada juga tumbuhan monokotil, contoh tumbuhan monokotil.

Moisture meter merupakan alat ukur kadar air.

Ciri lainya yang dimiliki oleh tumbuhan dikotil ini adalah mempunyai 2 daun lembaga atau yang biasa disebut kotiledon. Dikotil ini banyak ditemui pada lingkungan sekitar seperti pada tanaman yang berbunga. Tanaman yang masuk kedalam kelompok dikotil ini bijinya akan terbelah menjadi 2. Inilah contoh tumbuhan dikotil yang mudah ditemui di lingkungan sekitar rumah.

Mangga

Buah yang mempunya daging manis ini kelihatannya mempunyai biji keping satu, namun sebaliknya tanaman mangga ini mempunyai biji dikotil. Untuk membuktikannya silahkan biji mangga yang berasal dari buah mangga yang kita makan ini diletakan diatas tanah (boleh disiram atau dibiarkan saja) tunggu beberapa hari – minggu maka keping biji akan terbelah dan didalamnya terdapat biji berkeping dua pada saat mulai tumbuh kuncup daun. Namun sebenarnya biji dikotil ini sudah ada sejak dalam biji utuh.

Kacang Tanah

Kacang tanah, tanaman yang bijinya sering diolah menjadi aneka cemilan ringan ini juga mempunyai biji dikotil.  Kacang tanah memiliki 2 daun lembaga dan mempunyai akar tunggang. Mempunyai 2 daun lembaga, mimiliki 2 keping biji dan mempunyai akar tunggang merupakan ciri dari tumbuhan dikotil.

Pete

Pete, tumbuhan yang sering dijadikan santapan makan ini juga memiliki biji dikotil. Biji pete dikatakan dikotil ini dikarenakan apabila biji pete ini terbelah dan mengeluarkan daun lembaga ini akan menjadi dua keping. Selain itu, pohon pete ini juga mempunyai akar jenis akar tunggang yang lebih besar bila dibandingkan dengan akar sekundernya yang juga sangat kuat.

Bunga Matahari

Biji bunga matahari, biji dari tumbuhan ini biasanya diolah menjadi makanan ringan untuk cemilan yaitu kuaci. Ternyata biji bunga matahari juga memiliki biji keping dua. Bunga matahari dikatakan tumbuhan dikotil karena biji akan tumbuh dengan terbelah menjadi dua dan yang pertama muncul adalah akar tunggang dan dua keping daun lembaga.

Tomat

Tomat yang sering disebut sebagai buah maupun sayuran ini juga termasuk kedalam tumbuhan dikotil. Saat mulai tumbuh, biji tomat ini akan terbelah menjadi dua karena itulah tumbuhan ini disebut tumbuhan dikotil.

Baca Juga : Manfaat Tomat Mentah Bagi Kesehatan.

Masih banyak contoh tanaman dikotil, namun contoh diatas merupakan tumbuhan yang mudah untuk ditemui. Apabila Anda penasaran silahkan dicoba dengan menanam sendiri biji-biji tanaman diatas.

Incoming search terms:

  • tumbuhan dikotil
  • contoh tumbuhan dikotil
  • tanaman dikotil
  • Contoh tanaman dikotil
  • https://www mallardsgroups com/contoh-tumbuhan-dikotil/
  • contoh tumbuhan dikotil dan monokotil
  • contoh buah dikotil
  • contoh dikotil
  • contoh tumbuhan monokotil dan dikotil
  • pohon dikotil