Manfaat Kulit Manggis

Manfaat Kulit Manggis – Kulit manggis memang telah diketahui memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Banyak pula yang memanfaatkan manggis untuk menjaga kesehatan tubuh dan kecantikan.

Manfaat Kulit Manggis
Manfaat Kulit Manggis

Sebagian orang yang tidak mengetahui manfaat dari kulit manggis akan membuangnya karena dirasa tidak diperlukan lagi. Namun, selain memiliki daging yang manis, manggis memiliki kulit yang berguna bagi kesehatan dan menjadi bahan obat untuk kesehatan tubuh dan menjaga system kekebalan tubuh.

Apa saja manfaat yang terdapat dalam kulit manggis ? Dibawah ini adalah beberapa manfaat yang terdapat dalam kulit manggis. Diantaranya adalah :

  1. Mencegah kanker

Kulit manggis memiliki kandungan zat antioksidan yang dapat membantu menangkal radikal bebas dalam tubuh sehingga dapat membantu mencegah resiko kanker. Namun, jika sudah mengidap kanker, kulit manggis juga dapat membantu menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

  1. Mencegah penuaan dini

Sama seperti mencegah kanker, kandungan antioksidan yang terdapat dalam kulit manggis membantu mencegah penuaan dini. Hal tersebut dikarenakan antioksidan yang ada dalam kulit manggis membantu merontokan kulit mati dan menggantinya dengan sel kulit baru yang lebih sehat.

Dengan hal tersebut, maka regenerasi kulit menjadi berjalan lancar dan kulit terhindar dari kerutan dan noda hitam akibat penuaan dini. Selain itu, kulit yang lembab akan dihasilkan. Untuk mengukur kelembaban kulit, dapat menggunakan moisture meter.

  1. Mengatur kolesterol

Konsumsi kulit menggis dapat membantu mencegah bertumpuknya kolesterol dalam darah. Serat yang terdapat dalam kulit manggis akan terikat dan langsung diproses menjadi asam empedu dan selanjutnya akan dikeluarkan dari tubuh.

  1. Melindungi jantung

Kulit manggis mengandung zat aktif yang berperan sebagai kardioprotektor yang dapat meindungi jantung dari berbagai penyakit jantung, seperti reumatik jantung, dan kematian sel sel jaringan jantung.

  1. Detox

Kulit manggis dapat membantu mengeluarkan racun dalam tubuh. Biasanya racun zat kimia seperti rokok, polusi maupun zat lain akan di ikat dan dikelurakan melalui urin.

  1. Meningkatkan system imun

Vitamin C yang terdapat dalam kulit manggis membantu menjaga kekebalan system imun. Selain itu, kandungan antioksidan yang banyak dapat membantu menangkal radikal bebas yang mengancam kesehatan dan system imun tubuh.

Tags: