Manfaat Pada Kacang Tanah

Manfaat Pada Kacang Tanah – Kacang tanah merupakan jenis polong yang banyak ditemukan di Indonesia. Banyaknya petani yang membudidayakan kacang tanah membuat kacang tanah makin digemai oleh banyak masyarakat luas di berbagai wilayah. Selain banyak digemari, kacang tanah juga dapat diambil manfaat yang terkandung didalamnya.

Manfaat Pada Kacang Tanah
Manfaat Pada Kacang Tanah

Kacang tanah dibudidayakan di daerah yang dingin dan tidak terdapat banyak sinar matahari. Di daerah yang bersuhu dingin, kacang akan tumbuh dengan baik. Selain itu tanah yang gembur dan subur akan sangat membantu perkembangan biji kacang.

Biasanya seorang petani akan menggunakan beberapa bahan untuk menggemburkan tanah. Selain itu, pH yang sesuai dengan kebutuhan kacang. pH yang sesuai untuk menanam kacang tanah adalah pada kisaran 6-6,5. Pengukuran pH tanah dapat dilakukan menggunakan pH meter.

Beberapa manfaat dapat diperoleh dengan mengkonsumsi kacang tanah. Dibawah ini adalah beberapa manfaat dari kacang tanah, diantaranya :

  1. Menurunkan kadar kolesterol

Kandungan mono asam lemak tak jenuh yang ada dalam kacang tanah membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu, dengan mengkonsumsi kacang dapat membantu mencegah resiko penyakit jantung.

  1. Mencegah kulit keriput

Adanya kandungan vitamin pada kacang tanah dapat membantu merawat kulit dengan baik. Kandungan vitamin tersebut antara lain adalah vitamin E, vitamin B, dan riboflavin. Diketahui, kandungan vitamin E dapat membantu mengurangi garis halus yang menandakan terjadinya penuaan.

Sedangkan kandudngan vitamin B dan riboflavin dapat membantu mencerahkan kulit wajah yang kusam.

  1. Mengurangi gula darah

Untuk penderita gula darah, konsumsi kacang tanah dapat membantu mengurangi gula darah dalam tubuh. Hal tersebut dikarenakan mangan yang terkandung dalam kacang tanah yang mampu membantu menyerap kalsium dan lemak, sehingga dapat mengurangi kadar gula darah.

  1. Mengurangi resiko batu empedu

Konsumsi kacang tanah dapat membantu mencegah infeksi pada kandung empedu dan hati hingga 50%. Sehingga resiko terkena batu empedu dapat dikurangi.

  1. Mencegah kanker

Konsumsi kacang tanah dapat mengurangi resiko kanker perut, untuk perempuan, kacang tanah membantu mengurangi resiko kanker usus besar hingga 40%.

  1. Sumber energi

Selain dapat membantu menurunkan berat badan, kacang tanah dapat membantu membentuk energi dalam tubuh.

  1. Anti depresan

Kandungan dalam kacang tanah membantu melepas zat kimiakhusus mengurangi tanda tanda depresi. Selain itu, konsumsi kacang tanah membantu menaikan mood.