Manfaat Petir

Manfaat Petir Bagi Kehidupan Manusia – Tuhan dalam menciptakan makhluk hidup, bumi, alam semesta dan segala isinya termasuk zat tentu mempunyai manfaat yang dibawanya bila kita mau berfikir. Oleh karena itu kita sebagai manusia harus selalu yakin ada hikmah baik yang kita ketahui secara langsung maupun tidak dari setiap penciptaan Tuhan karena memang seperti itu.

Manfaat Petir atau Halilintar Bagi Kehidupan Manusia

Seperti halnya dengan petir, meskipun memiliki dampak yang sangat membahayakan namun ternyata petir sendiri membawa manfaat bersamanya. Petir yang umumnya terjadi ketika hujan merupakan peristiwa yang terjadi akibat adanya beda potensial yang terlalu besar antara awan dengan bumi maupun antar sesama awan itu sendiri.

Baca Juga : Proses Terjadinya Petir

Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi manusia dapat menghindari bahaya dari petir. Dengan adanya penangkal petir manusia dapat memindahkan jalur lintasan petir sehingga tidak membahayakan makhluk hidup di sekitarnya.

Selain itu dengan alat canggih seperti satelit dan weather station, manusia dapat memprediksi apakah hujan yang akan turun disertai petir atau tidak. Selain itu dengan berbagai penelitian dan studi kini manusia juga mulai mengetahui manfaat dari petir itu sendiri, berikut adalah beberapa manfaat petir bagi kehidupan manusia :

1. Petir Dapat Memproduksi Ozon (O3)

Bumi diselimuti oleh lapisan ozon yang merupakan sekumpulan udara di atmosfer yang melindungi bumi dari radiasi sinar matahari yang berbahaya bagi kehidupan di bumi seperti sinar ultraviolet (UV). Dengan lapisan ozon membuat sinar UV yang sampai di bumi jumlahnya tidak membahayakan bagi manusia.

Lapisan ozon yang memiliki rumus kimia O3 ternyata dapat terbentuk dengan adanya petir. Petir berperan memicu terjadinya reaksi kimia dari O2 atau oksigen menjadi O3, secara sederhanya tiga senyawa O2 akan pecah menjadi enam senyawa O dan akhirnya terbentuk 2 senyawa O3 dengan adanya sambaran petir di lapisan atmosfer. Tentu kita harus berterimakasih dengan adanya petir berarti lapisan ozon kita juga akan bertambah untuk melindungi kita.

2. Petir Bermanfaat Untuk Menjaga Kesuburan Tanah

Manfaat selanjutnya dari petir adalah menyuburkan tanah karena petir yang menyambar tidak hanya memproduksi lapisan ozon saja namun juga menimbulkan reaksi – reaksi kimia lain antara udara dengan air hujan yang sedang turun. Sebagai contoh nitrogen yang terdapat pada lapisan atmosfer akan bereaksi dengan air hujan saat tersambar petir sehingga saat air hujan turun ke tanah maka akan membawa unsur hara ke dalamnya yang akan menyuburkan tanah. Jadi peristiwa sambaran petir saat hujan dapat diartikan pabrik urea yang akan menghasilkan unsur hara untuk tanah, sangat luar biasa bukan.

3. Petir Dapat Membunuh Kuman dan Bakteri

Tahukah Anda jumlah kuman dan bakteri yang melayang di udara jumlahnya dapat mencapai jutaan bahkan milyaran terutama pada tempat – tempat yang dekat dengan sumber penyakit seperti sampah, rumah sakit, pabrik dan lain – lain. Saat akan terjadi hujan dimana awan melingkupi permukaan bumi akan menyebabkan permukaan terasa panas. Dengan meningkatnya kadar air yang ada di udara akan membuat udara juga menjadi lebih lembab dan kondisi seperti ini sangat potensial untuk tumbuh dan berkembangnya bakteri maupun kuman yang ada di udara.

Maka saat terjadi sambaran petir maka secara otomatis berbagai kuman dan bakteri di udara yang dilewatinya akan mati. Petir yang merupakan muatan listrik yang sangat besar seketika akan dapat membunuh kuman dan bakteri yang dilaluinya. Tidak hanya itu saja daerah di sekitar sambaran petir juga akan meningkat suhunya yang juga dapat membuat kuman dan bakteri mati seketika.

Karenanya kita juga harus sangat bersyukur juga saat terjadi sambaran petir karena saat terjadi sambaran petir juga sedang berlangsung proses pembersihan udara dari kandungan kuman dan bakteri yang melayang. Plasma petir yang sangat tinggi secara seketika akan membunuh kuman dan virus tersebut sehingga menyebabkan udara setelah terjadi hujan disertai petir akan terasa nyaman dan menyehatkan.

4. Manfaat Petir Untuk Sumber Energi Listrik

Pada awalnya listrik yang dihasilkan petir tidak dapat dimanfaatkan, namun seorang ilmuwan Brasil mulai berhasil memanfaat sumber energi listrik alami tersebut. Penelitian ini dimulai oleh Fernando Galembeck dan timnya di laboratorium, ia mengatakan bahwa mereka menemukan proses dengan mensimulasikan reaksi uap air dengan partikel debu yang merupakan reaksi kimia yang terjadi di atmosfer bumi.

Sekelompok ahli kimia dari Universitas Campinas di Brazil mengeluarkan pernyataan bahwa mereka telah mengadakan penelitian dan mengklaim bahwa mereka telah mengetahui bagaimana listrik terbentuk dan dilepaskan di atmosfer. Dengan hasil sambaran petir, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat sambaran petir untuk listrik. Kita tunggu saja kelanjutan dari penelitian tersebut dan juga manfaat lain dari petir yang mungkin akan diketahui selanjutnya.

Tags: