Mengukur Intensitas Hujan

1 min read

Mengukur Intensitas Hujan – Hujan merupakan sebuah cuaca yang terjadi dimana titik – titik butiran air turun dari awan akibat pemanasan yang terjadi dari sinar matahari yang memancar pada kurun waktu tertentu.

Hujan sendiri merupakan salah satu cuaca yang sering terjadi di Indonesia. Tanda – tanda hujan biasanya terjadi ditandai dengan suhu udara yang berubah yang tadinya sejuk menjadi sedikit demi sedikit menjadi panas.

Hujan sendiri di Indonesia terjadi biasanya pada akhir hingga awal bulan. Tetapi yang sering terjadi di Indonesia saat ini adalah ketika musim kemarau tetapi di beberapa wilayah di Indonesia malahan terjadi hujan dengan intensitas rendah ataupun sedang.

Hujan sendiri terjadi akibat panas yang terik pada suatu daerah akibat pemanasan pada sinar matahari, yang dimana panas dari matahari tersebut membawa uap air yang berasal dari sungai, danau ataupun laut yang ada di permukaan bumi.

Yang selanjutnya uap dari air tersebut menjadi awan yang mengelilingi suatu daerah. Biasanya awan tersebut berwarna hitam yang ditandai dengan suhu yang meningkat derastis yang membentuk partikel – partikel air yang akan turun ke bumi.

Partikel – partikel tersebut kemudian akan jatuh bersamaan dengan kandungan yang ada di dalamnya yang diantaranya adalah kandungan asam, yang apabila terkena pada bagian kendaraan akan berakibat pada bodi mobil atau yang biasa kita sebut dengan karat.

Karat tersebut akan merusak tampilan mobil sehingga pada saat dilihat akan kurang menarik, dan sebaiknya mobil yang sering terkena hujan dicuci minimal seminggu sekali jika sering terjadi musim hujan.

Hujan sekarang sangatlah tidak bisa ditentukan, mengapa hal tersebut demikian. Karena kita memasuki yang namanya era pemanasan global, yang dimana suhu pada bumi terus meningkat sepanjang tahunnya.

Akibat suhu yang sering meningkat itulah sering terjadi hujan walaupun sudah memasuki musi m kemarau yang panjang. Efek dari pemanasan global adalah rumah kaca, yang dimana panas yang datang ke bumi, tidak bisa dipantulkan kembali ke luar.

Akibatnya suhu bumi pun menjadi meningkat secara cepat. Dan untuk mengukur curah hujan yang akan terjadi kita bisa menggunakan alat yang bernama weather station. Yang dimana fungsi dari alat tersebut adalah untuk mengukur intensitas serta suhu dari hujan.

Sehingga, apabila kita bingung untuk mengukur suhu ataupun intensitas, bisa menggunakan alternatif yang sudah disebutkan di atas tadi. Dan dengan mengetahui tentang intensitas curah hujan, kita bisa memprediksikannya sendiri dan bisa belajar bagaimana kita mengukur intensitas hujan tersebut.

Kelembaban Pada Tanah

Kelembaban Pada Tanah – Tanah sendiri merupakan sebuah organisme ataupun material yang ada di permukaan bumi, lebih tepatnya yaitu pada lapisan awal bumi hingga...
tribagas34purbalingga@gmail.com
1 min read

Akibat Keretakan Bangunan

Akibat keretakan bangunan – bangunan adalah sarana berteduh, entah itu bangunan rumah, gedung ataupun sekolah dan yayasan. Bangunan yang tidak sesuai dalam pengerjaan serta...
lindanw15
1 min read

Pengertian Air Lengkap dengan Penjelasannya

Air adalah salah satu unsur penting yang ada di bumi yang sangat dibutuhkan untuk kehidupan dan semua jenis makhluk hidup. Oleh karena itu air...
akubeni1
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *