Pengertian Air Lengkap dengan Penjelasannya

Air adalah salah satu unsur penting yang ada di bumi yang sangat dibutuhkan untuk kehidupan dan semua jenis makhluk hidup. Oleh karena itu air ini sendiri sering disebut sebagai sumber kehidupan yang dimana ada air maka disitu pula terdapat kehidupan.

Pengertian Air Lengkap dengan Penjelasannya

Sedangkan menurut para ahli sendiri pengertian air ini adalah :

Sitanala Arsyad
Air adalah senyawa gabungan antara dua atom hidrogen dan satu atom oksigen menjadi H2O.

Hefni Effendi
Air adalah salah satu sumber energi gerak.

Robert J. Kodoatie
Air merupakan material yang membuat kehidupan terjadi di bumi.

Roestam Sjarief
Air merupakan zat yang paling esensial dibutuhkan oleh makhluk hidup.

Ilmu Kimia
Air ialah H2O dan jawaban itu dibenarkan secara empiris berdasarkan observasi.

Sayyid Quthb
Air adalah dasar dari suatu kehidupan dan merupakan satu unsur yang dibutuhkan dalam kehidupan hingga manusia pun sangat menantikan kedatangannya.

Eko Budi Kuncoro
Air merupakan suatu senyawa kimia sederhana yang terdiri atas 2 atom hidrogen (H) dan 1 atom Oksigen (O). Air mempunyai ikatan Hidrogen yang cenderung bersatu padu untuk menentang kekuatan dari luar yang akan memecahkan ikatan-ikatan ini.

Bambang Agus Murtidjo
Air merupakan substansi yang mempunyai keistimewaan sebagai penghantar panas yang sangat baik, sehingga air di dalam tubuh lebih penting dari makanan.

Air ini sendiri merupakan kebutuhan yang sangat vital bagi semua makhluk hidup, bahkan kita sendiri sebagai manusia sebagian besar tubuh kita terdiri dari cairan. Sehingga dapat kita ketahui sendiri apabila kita mengalami kekurangan air apa yang akan terjadi.

Apabila tubuh kita kehilangan air sebanyak 15% saja maka dapat mengakibatkan kematian karena dehidrasi. Oleh karena itu untuk orang dewasa setidaknya harus meminum air sekitar 1,5 hingga 2 liter perhari untuk menjaga keseimbangan tubuh dan metabolismenya.

Air ini juga memiliki peran penting dalam tubuh kita seperti untuk transportasi zat – zat makanan yang sudah dicerna dan terlarut dalam darah serta untuk melarutkan berbagai jenis zat yang ada di dalam tubuh.

Menurut rumus kimianya, air ini merupakan senyawa yang terdiri dari senyawa hidrogen (H2O) dan senyawa oksigen (O) sehingga air murni memiliki rumus kimia H2O.

Air ini sendiri dapat berasal dari berbagai sumber yang akan dijelaskan sebagai berikut :

1. Air Laut
Air laut ini merupakan air yang berasal dari laut yang bersifat asin karena mengandung garam (NaCl). Air jenis ini tidak boleh dikonsumsi langsung tanpa melewati proses pengolahan.

2. Air Atmosfir , Air Meteriologik
Air jenis ini merupakan air yang berasal dari langit atau yang sering kita sebut sebagai hujan. Dari sumber asalnya air ini merupakan air yang sangat murni dan tidak mengandung pencemaran. Namun apabila telah turun sebagai hujan air ini dapat saja terkena berbagai kotoran yang dilewatinya.

Air hujan yang baru turun ini pula mempunyai sifat agresif yang dapat menyebabkan korosi pada besi. Oleh karena itu air hujan tidak boleh dijadikan air minum secara langsung. Agar air hujan ini dapat dimanfaatkan dengan maksimal maka kita perlu membuat sumur resapan.

3. Air Permukaan
Air permukaan merupakan salah satu sumber penting bahan baku air bersih, hal ini menurut Chandra (2006) dalam buku Pengantar Kesehatan Lingkungan. Untuk dapat dijadikan air minum, air permukaan ini harus diperhatikan dari segi kualitas air nya dan dari segi :
a. Mutu atau kualitas bakunya
b. Jumlah atau kuantitasnya
c. Kontinuitasnya

Air permukaan ini merupakan air yang sangat rentan terkena pencemaran baik dari ulah manusia maupun flora dan fauna yang ada di sekitarnya, maka dari itu perhatikanlah kualitas air bersih. Jenis-jenis air permukaan ini adalah :

a. Air Sungai
Air sungai ini merupakan air yang mengalir dari tempat yang tinggi (hulu) ke tempat yang rendah (hilir) dan akan bermuara di laut. Air ini juga sering dijadikan sebagai air minum atau konsumsi, namun kita juga harus memperhatikan air sungai bila akan mengkonsumsinya. Kita harus melihat apakah air ini sudah tercemar atau belum. Gunakanlah alat uji kualitas air untuk mengetahui secara pasti kualitas airnya.

b. Air Rawa
Air rawa ini merupakan air yang terdapat pada suatu cekungan di bumi. Air rawa ini biasanya berwarna kuning kecoklatan. Hal ini adalah akibat dari adanya zat-zat organis yang sudah membusuk seperti asam humus yang terlarut di air. Air jenis ini juga bukan merupakan air konsumsi, apabila akan dikonsumsi maka harus melewati proses pengolahan terlebih dahulu hingga layak konsumsi.

4. Air Tanah
Pengertian air tanah sendiri menurut Chandra (2006) dalam buku Pengantar Kesehatan lingkungan adalah sebagian air hujan yang mencapai permukaan bumi dan menyerap ke dalam lapisan tanah dan menjadi air tanah.

Air hujan ini akan melewati berbagai macam lapisan tanah sebelum mencapai lapisan tempat air tanah. Karena proses ini akan menyebabkan terjadinya kesadahan dalam air.

Karena hal tersebut air akan mengandung zat-zat mineral dalam konsentrasi seperti kalsium, magnesium, dan logam berat seperti besi dan mangan.

Incoming search terms:

  • pengertian air merupakan senyawa
  • materi air bersih berdasarkan sumber buku
  • pengertian air menurut para ahli