NDT Adalah

Pengertian NDT – NDT atau Non Destructive Testing merupakan serangkaian kegiatan pengujian atau inspeksi dengan alat uji NDT yang mempunyai tujuan untuk mengetahui adanya keretakan, cacat pada benda yang diuji tanpa merusak benda tersebut.

NDT Adalah

Beberapa metode yang digunakan dalam pengujian ini adalah ultrasonik, radiografi, magnetik partikel dan lain-lain. Teknik ini dapat menjadi soulsi untuk menghemat waktu serta uang dalam melakukan evaluasi produk maupun dalam penelitan untuk memecahkan masalah.

Pengaplikasian NDT ini banyak digunakan dalam teknik mesin, teknik elektro, teknik sipil dan pengujian lainya yang membutuhkan pengujian tanpa merusak benda. Dalam evaluasi kualitas produk terutama mesin ataupun material, sangatlah penting untuk mengetahui apakah hasil produksi sudah sesuai dengan standar mutu dan kualitas atau belum.

Memilih menggunakan NDT merupakan pilihan yang tepat karena pengujian ini tanpa merusak objek dan mempunyai tujuan untuk mengetahui apakah material (objek) tersebut masih dalam masa aman (sesuai dengan standar mutu) atau telah melewati batas toleransi kerusakan material (objek).

Dalam proses pengujian NDT ini biasanya dilakukan sebanyak dua kali atau lebih (sesuai kebutuhan), inilah proses yang biasanya dilakukan :

Pengujian objek dari awal pembuatan, pengujian ini dilakukan untuk mengetahui dari awal pembuatan sampai dengan finishing untuk menentukan kandungan objek beserta hasil material dan mutunya. NDT ini dijadikan sebagai bagian dari kendalu mutu dari mesin atau material itu sendiri.

Pengujian material dan mesin yang telah disahkan, proses ini dilakukan setelah tahap pengesahan standarisasi setelah material atau mesin digunakan dalam jangka waktu tertentu. Pengujian ini mempunyai tujuan untuk memperoleh kekurangan atau kegagalan sebelum batas toleransi terlampaui.

Beberapa yang perlu diperhatikan dalam sistem pengujian NDT :
Pengujian ini mempunyai tujuan utama adalah terjaganya objek yang diuji dari awal hingga akhir tanpa menyebabkan objek tersebut mengalami kerusakan atau kehancuran. Hasil pengujian ini adalah diperolehnya review kekurangan objek, tingkat cacat maupun kegagalan objek.

Vibration Analysis (Analisa Getaran) analisa getaran dapat dilakukan pada saat pengujian untuk mengetahui kondisi mesin berdasarkan getaran mesin.

Sound Analysis (Analisa Suara), pengujian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui kondisi mesin berdasarkan suara mesin.

Salah satu Brand NDT Tools yang terkenal akan kualitasnya adalah Novotest, sebuah Brand asal Ukraina yang memiliki spesialis di Alat Uji NDT. Di Indonesia, Anda hanya perlu mengunjungi web Novotest Indonesia apabila ingin membeli alat uji NDT dari Novotest.

Incoming search terms:

  • pengertian ndt
  • NDT adalah
  • materi ndt
  • Ultrasonik adalah pengujian yang dikenal dengan NDT yaitu …
  • penjelasan non destructive test
  • pengujian ndt
  • Apa itu ndt
  • Definisi non destructive testing
  • apa yang dimaksud dengan ndt
  • ultrasonik adalah pengujian yang dikenal dengan ndt yaitu?

Tags: