Pakan Alami Lovebird

2 min read

Pakan Alami Lovebird – Lovebird merupakan salah satu jenis burung peliharaan yang kini banyak digemari. Mungkin bisa jadi Anda adalah salah satu penggemar burung yang satu ini.

Pakan Alami Lovebird

Memilihara burung ini tidak jauh berbeda dengan memilihara burung hias lainnya. Anda harus rajin memandikan, membersihkan sangkarnya, menjemur dan tentunya adalah pemilihan pakan yang tepat.

Selain memberikan pakan buatan, penggunaan pakan alami yang tepat tentu akan memberikan manfaat yang baik bagi burung lovebird. Pakan alami yang baik akan menunjang burung agar dapat berkicau dengan merdu selain latihan yang rutin.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah pakan alami lovebird yang baik :

Jagung Manis

Kandungan vitamin b dan c, beta karoten, folat dan crypthoxanthin yang terkandung dalam jagung manis merupakan pakan alami yang baik untuk lovebird. Dengan kandungannya tersebut akan membantu menjaga kekebalan tubuh lovebird, memperkuat otot dan juga penglihatan lovebird menjadi baik. Sedikit saran, lebih baik Anda memberikan jagung manis yang masih mudah untuk memudahkan lovebird dalam mengkonsumsinya.

Biji Kenari

Biji kenari merupakan pakan alami burung yang sudah terkenal dan juga banyak dikonsumsi burung peliharaan seperti blackthroat, finch, parkit dan termasuk lovebird. Beberapa jenis nutrisi mempunyai khasiat menambah stamina selain manfaatnya membuat tubuh lovebird bugar.

Baca Juga : Bijian Yang Bagus Untuk Kenari

Selain itu biji kenari ini juga bermanfaat untuk membenahi suara yang awalnya serak dan juga merangsang gacoran burung yang tadinya enggan untuk membuka paruh.

Berilah pakan biji kenari yang sudah tua dan dalam porsi yang terlalu banyak. Porsi yang terlalu banyak justru akan membuat burung obesitas, selain itu Anda juga dapat menggunakannya sebagai campuran milet sesekali.

Kecambah atau tauge

Ternyata kecambah atau tauge juga sangat bermanfaat bagi lovebird untuk meningkatkan stamina burung dan akan membuat lovebird lebih aktif berkicau dengan suara yang lebih lantang. Kandungan protein, karbohidrat, lemak, energi, kalsium, zat besi, serat, fosfor, vitamin a, b dan c yang ada dalam kecambah yang berperan akan hal tersebut.

Kangkung

Pakan alami lain yang dapat Anda berikan adalah kangkung. Kangkung sangat baik diberikan untuk lovebird yang masih muda atau belum birahi. Pada umumnya lovebird akan lebih rajin gacor saat sedang birahi. Dengan pakan kangkung akan membuat lovebird lebih cepat birahi.

Bagian kangkung yang sebaiknya digunakan adalah bagian daunnya saja karena bagian batangnya mempunyai kadar air yang tinggi sehingga mudah membusuk. Anda dapat memberikan pakan daun kangkung ini setiap hari dengan porsi yang sesuai.

Apel Merah

Apel merah ini juga bermanfaat untuk meningkatkan stamina sama seperti halnya tauge. Oleh karena itu Anda dapat memberikannya sebagai selingan. Apel merah ini dipilih karena kandungan nutrisinya yang lebih dibandingkan jenis lainnya. Pastikan Anda untuk memilih apel merah yang baik dan mencucinya terlebih dahulu sebelum diberikan. Hal ini karena untuk menghindari zat pestisida yang mungkin ada pada apel.

Biji oat atau haver (avena sativa)

Biji oat ini mengandung protein, kalori dan karbohidrat yang baik sekali untuk lovebird terutama untuk lovebird yang sedang sakit dan dalam masa pemulihan. Biji oat juga bermanfaat untuk memberikan efek tenang kepada burung dan memperbaiki struktur jaringan bulu agar tampak lebih indah.

Selain itu biji oat juga akan meningkatkan ketenangan sehingga burung tidak mudah drop dan stres, membenahi sistem kerja organ tubuh burung khususnya pencernaan, memperbaiki struktur jaringan kulit supaya tidak rentan iritasi, melancarkan peredaran darah sehingga jantung jadi lebih lancar. Bagi induk burung yang meloloh anakannya juga dapat diberikan biji oat untuk mempercepat pertumbuhan anaknya.

Khusus untuk pakan jenis biji – bijian pastikan Anda memilih bijian yang utuh dan dalam keadaan baik. Bijian yang digunakan sebagai pakan juga harus memiliki kadar air yang rendah, Anda dapat mengukurnya menggunakan Moisture Meter atau alat ukur kadar air.

Demikianlah beberapa jenis pakan alami lovebird yang baik dan kami sarankan untuk Anda yang memelihara lovebird. Bagi Anda yang merasa susah untuk mencari pakan alami lovebird satu persatu, Anda bisa membeli saja pakan racikan yang sudah berisikan bermacam-macam bijian alami kesukaan si lovebird ini. Cek saja di toko pakan burung disekitar tempat tinggal Anda, ataupun di pasar burung terdekat di daerah Anda.

Incoming search terms:

  • pakan alami lovebird
  • pakan lovebird alami
  • manfaat biji mentimun untuk lovebird
  • Pakan alami lov
  • pakan bijian alami lovebird penstabil birahi
  • Pakan lobet yang alami

Cara Mematangkan Buah Kurma

Cara Mematangkan Buah Kurma – Kurma merupakan buah yang masih satu family dengan palmaceae yang tumbuh subur di negara Arab saudi. Pohon kurma merupakan...
akubeni1
1 min read

Ciri – Ciri Semen Berkualitas

Ciri – ciri Semen Berkualitas – Semen merupakan salah material dalam bangunan yang berguna untuk mengikat semua jenis material atau agregat untuk membuat suatu...
akubeni1
1 min read

Jenis Beton dan Kegunaannya

Jenis Beton dan Kegunaannya – Salah satu bagian bangunan yang penting adalah beton yang merupakan hasil pencampuran antara agregat dan bahan pengikat. Karena kekuatannya...
akubeni1
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *