Saat yang Cocok Untuk Bertanam Semangka

1 min read

Saat yang Cocok Untuk Bertanam Semangka – semangka adalah salah satu buah yang dapat tumbuh dengan subur di Indonesia. Semangka memiki daging yang mengandung banyak air, dan sangat cocok jika dikonsumsi saat panas.

Saat yang Cocok Untuk Bertanam Semangka
Saat yang Cocok Untuk Bertanam Semangka

Daging buah semangka biasanya akan berwarna merah atau kuning. Hal yang dapat dilihat ketika mengonsumsi buah semangka adalah daging buah yang berwarna sedikit putih dan tidak merah ataupun kuning pekat atau merata, hal itu dapat diprediksi karena jika fisik daging seperti itu rasa buah semangka tidak semanis buah dengan warna merah atau kuning pekat.

Baca Juga : Manfaat Buah Semangka Kuning

Hal ini dapat disebabkan karena penanaman yang gagal. Biasanya semangka akan ditanam saat musim kemarau tiba, hal itu yang menyebabkan terbentuknya daging yang manis. Namun, musim pancaroba dapat menjadi alasan mengapa buah semangka memiliki rasa dan daging yang berbeda.

Misalnya, saat penanaman yaitu musim kemarau, tapi karena musim ancaroba terjadi hujan seraca tiba tiba selama beberapa hari. Hal tersebut menyebabkan lahan untuk menanam semangka menjadi tergenang banyak air.

Untuk penanaman, biasanya bibit akan dipindahkan ke lahan jika dirasa cukup. Tanah yang di gunakan adalah tanah yang memiliki pH lebih dari 6 hal itu menyebabkan tanah harus ditambah dengan kapur. Namun, jika pH telah sesuai maka hal itu tidak perlu dilakukan, untuk mengukur berapa pH tanah yang ada dalam lahan dapat digunakan alat ukur pH meter.

Buah semangka banyak dan cocok untuk ditanam di dataran rendah yang memiliki ketinggian 600 mdpl. Hal tersebut dikarenakan daerah yang rendah umumnya memiliki tanah yang tidak lembab dan memiliki curah hujan yang lumayan singkat dan tidak sebanyak hujan di dataran tinggi.

Untuk memilih semangka yang berkualitas, memiliki daging yang manis ikuti tips berikut :

  1. Bentuk buah

Memilih dengan melihat bentuk buah dapat dilakukan dengan mudah. Jangan terkecoh pada buah yang memiliki bentuk lonjong, tapi pilihlah buah dengan bentuk yang bulat.

  1. Warna

Kulit buah biasanya juga memiliki semburat warna, pilihlah buah dengan semburat warna kuning.

  1. Ciri fisik

Hal ini yang paling sering mengecoh, buah yang memiliki fisik baik dan seperti baru dipetik memiliki daging yang kurang manis. Sebaliknya jika menemui buah yang memiliki cacat fisik seperti keriput atau apapun cangan memandang sebelah mata, karena ciri inilah yang menandakan bahwa semangka telah matang dengan sempurna.

Incoming search terms:

  • semangka cocok ditanam di musim apa
  • semangka kuning cocok di musim apa?

Syarat Tumbuh Tanaman Durian

Syarat Tumbuh Tanaman Durian – Durian, buah yang satu ini siapa yang tidak mengenalnya. Buah yang mendapat julukan sebagai raja buah ini memang memiliki...
akubeni1
1 min read

Penanaman Buah Ceri

Penanaman Buah Ceri – Buah ceri adalah buah yang sangat digemari oleh masyarakat jepang. Bunga buah ceri disebut juga dengan bunga sakura. Bunga sakura...
lindanw15
1 min read

Apa Itu Tanaman Hidroponik

Apa Itu Tanaman Hidroponik – tanaman hidroponik merupakan metode tanaman yang menggunakan media tanam air. Metode tersebut sering digunakan oleh masyarakat didaerah yang memiliki...
lindanw15
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *