Penggunaan Gelombang Ultrasonik

Penggunaan Gelombang Ultrasonik – Gelombang ultrasonik merupakan gelombang bunyi yang mempunyai frekuensi di atas 20 khz yang sudah tidak dapat kita dengar namun dapat didengar oleh hewan seperti lumba – lumba dan kelelawar.

Penggunaan Gelombang Ultrasonik

Kelelawar sendiri menggunakan gelombang ultrasonik untuk melihat di dalam kegelapan dan juga untuk menemukan mangsanya. Gelombang ultrasonik yang dikeluarkan kelelawar akan dipantulkan kembali oleh benda – benda di sekitarnya dan ditangkap kembali oleh kelelawar. Dengan begitu kelelawar mampu mengetahui lokasi benda di sekitarnya.

Selain digunakan oleh kelelawar, berikut adalah beberapa penggunaan gelombang ultrasonik dalam kehidupan kita :

1. Diagnosa dan pengobatan

Gelombang ultrasonik juga dapat bermanfaat untuk diagnosa dan pengobatan, dalam bidang kedokteran biasanya gelombang ultrasonik akan membantu untuk mendiagnosa berbagai penyakit yang dialami oleh pasien. Selain itu gelombang ultrasonik juga akan membantu untuk proses pengobatan seseorang yang sedang terkena penyakit.

2. Menghancurkan tumor

Selain mendiagnosa, ternyata gelombang ultrasonik juga dapat digunakan untuk menghancurkan tumor, hal ini karena gelombang ultrasonik ini dapat digunakan untuk merusak jaringan tubuh yang seharusnya tidak ada seperti halnya tumor.

3. Menghancurkan batu ginjal

Selain tumor, ternyata gelombang ultrasonik juga dapat digunakan untuk menghancurkan batu ginjal, oleh karena itu selain digunakan dalam pengobatan tumor, gelombang ultrasonik juga digunakan dalam pengobatan batu ginjal. Gelombang ultrasonik yang sudah dimanfaatkan dengan baik dapat diarahkan untuk menghancurkan batu ginjal yang ada di dalam tubuh.

4. Mempelajari bagian – bagian tubuh

Sama halnya untuk keperluan diagnosis, gelombang ultrasonik juga dapat digunakan untuk mempelajari bagian tubuh yang tidak boleh terkena sinar X. Sebagai contohnya, seorang ibu hamil yang akan memeriksakan janinnya maka ia tidak boleh terkena sinar X karena tidak baik untuk kesehatan janin yang ada di dalam kandungan.

5. Industri Logam

Gelombang ultrasonik juga dapat digunakan dalam industri logam. Gelombang ultrasonik dapat digunakan untuk campuran logam agar logam tersebut menjadi rata sehingga dapat menghasilkan hasil yang lebih bagus. Selain itu gelombang ultrasonik juga dapat digunakan untuk mendeteksi ketebalan logam seperti yang diterapkan pada Thickness Meter/ pengukur ketebalan.

6. Mengusir hama dan serangga

Frekuensi gelombang ultrasonik juga ternyata tidak disukai oleh hama dan serangga yang sering menyerang tanaman. Oleh karena gelombang dapat dimanfaat dalam alat pengusir hama dan serangga yang banyak dimanfaatkan dalam bidang pertanian. Selain itu alat tersebut juga dapat digunakan untuk mengusir nyamuk.

Tags: